5 Resep Menjadi Penulis yang Wajib Anda Miliki

Setelah cukup lama berkarir di dunia kepenulisan dan cukup lama juga mengelola blog niche kepenulisan, saya ingin menyampaikan bahwa sebenarnya menjadi penulis itu mudah. Tinggal menulis saja setiap hari. Menulis apapun itu. Sebab, ini masalahnya bukan terletak pada apakah bisa menulis atau tidak. Tapi, mau atau tidak?

Akan tetapi, kemauan untuk menjadi penulis pun harus dibarengi dengan konsisten menulis. Sebab, ketika kita konsisten menulis maka skill menulis kita akan menjadi bagus. Berbeda lagi dengan orang yang hobi menulis, tapi tidak konsisten menulis, maka proses menjadi penulis yang profesional bakalan terbilang lambat.

Nah buat Anda yang ingin memiliki label seorang penulis, saya akan menyampaikan 5 resep menjadi penulis. Resep yang saya bagikan di sini wajib Anda miliki, dan ini mudah banget untuk Anda aplikasikan.

1. Rajin membaca

Perlu digarisbawahi bahwa membaca di sini bukan asal membaca. Anda perlu menetapkan prioritas bacaan sesuai dengan kebutuhan Anda. Artinya, jika Anda ingin menjadi penulis, bacaan Anda tiap hari harus membaca artikel-artikel terkait tips menulis.

Kalau Anda ingin menulis novel, maka baca lah novel. Minimal, dalam satu bulan, tiga buah novel Anda baca. Dengan prioritas ini, otak Anda sudah dijejali dengan informasi yang Anda butuhkan. Jadi, rajin membaca di sini bukan semua informasi Anda baca. Ini yang kadang-kadang keliru bagi sebagian penulis.

2. Bikin blog pribadi

Bagi seorang penulis, memiliki blog pribadi ibarat sedang menabung karya. Oleh sebab itu, bikin lah blog pribadi. Dan isi blog Anda dengan artikel-artikel yang bermanfaat. Boleh jadi ketika Anda mengelola sebuah blog, tiba-tiba tulisan-tulisan Anda disulap menjadi sebuah buku. Selain itu juga, punya blog hitung-hitung buat latihan menulis.

3. Mendatangi acara kepenulisan

Membaca buku saja tidak cukup untuk menjadi seorang penulis, Anda perlu mendengarkan pengalaman-pengalaman penulis lain yang sudah malang melintang berkarir di dunia kepenulisan. Maka dari itu, tiap ada acara kepenulisan, datangi saja selagi Anda punya waktu luang. Di sana, bertanya lah kepada narasumber terkait dunia menulis.

Biasanya di acara kepenulisan, ada ilmu tentang menulis kreatif. Kemudian sering membicarakan juga soal dunia buku dan penerbit. Nah dengan mendengarkan ilmu dari mereka, akan ada rasa tertarik untuk menjadi penulis hebat seperti mereka.

4. Bergabung dengan komunitas menulis

Resep menjadi penulis yang berikutnya adalah Anda harus bergabung dengan komunitas menulis. Punya teman yang sefrekuensi dengan kita di bidang kepenulisan, bukankah akan terdengar mengasyikan? Kita nantinya bisa ngobrol segala macam tentang dunia menulis. Dan biasanya ketika sudah bergabung dengan komunitas menulis, semangat menulis akan terpacu terus.

5. Punya mentor menulis 

Jika Anda ingin betul-betul menjadi penulis, solusinya adalah Anda harus memiliki mentor menulis. Sebab, berkarir sendirian saja kadang proses terbentuk untuk menjadi penulis andal agak terbilang lama. Tapi, kalau punya mentor menulis, kita akan paham kemampuan menulis kita sudah sejauh mana. Dan boleh jadi, gaya tulisan kita bakal mengikuti mentor tersebut.

Baik, itu saja 5 resep menjadi penulis yang dapat saya bagikan. Nah agar Anda bisa menjadi penulis yang hebat, silakan baca tulisan-tulisan saya di blog kepenulisan yang saya kelola: blog penulis Garut.

Related Posts

Subscribe Our Newsletter