Pengertian Marketing Collateral Beserta Tujuan dan Jenis-Jenisnya

Sekarang ini, setiap bisnis mencoba menggunakan strategi pemasaran yang berbeda untuk mempromosikan brand mereka dan meningkatkan konversi. Marketing Collateral sekarang menjadi tren dalam digital marketing dan berbagai perusahaan mencoba menggunakannya dalam bisnis mereka.

Pada artikel ini, kita akan membahas marketing collateral dan menjelaskan beberapa jenis marketing collateral yang bisa Anda gunakanSaya akan mencoba untuk memberikan beberapa contoh langsung sehingga membuat konsepnya jelas dan juga mudah dimengerti.

Pengertian Marketing Collateral

Jika Anda menjalankan sebuah bisnis, Anda boleh mempertimbangkan untuk menggunakan teknik yang berbeda dalam mempromosikan bisnis Anda untuk meningkatkan penjualan. Nah, Marketing Collateral adalah serangkaian jenis media pemasaran yang berbeda dengan tujuan untuk meningkatkan penjualan dalam suatu bisnis.

Sebelum munculnya digital marketing, brosur dan poster adalah media yang digunakan perusahaan untuk mempromosikan suatu bisnis. Tapi sekarang, konsep itu telah terbagi menjadi dua bagian. Setiap perusahaan berusaha untuk menginformasikan kepada pelanggan terkait layanan atau produk mereka, baik secara offline maupun online.

Masih banyak media offline untuk beriklan. Yang saya maksud dengan pemasaran melalui media offline yaitu dengan menggunakan brosur, koran, majalah, spanduk, poster, kaos sablon dan mug berlogo perusahaan, dan apa saja yang dapat membantu nama perusahaan dikenal oleh masyarakat.

Sementara, pemasaran online adalah semua kegiatan yang dilakukan perusahaan untuk mempengaruhi pengguna internet agar bersedia menjadi pelangganPemasaran online mencakup iklan situs web, afiliasi, blog, postingan media sosial seperti Instagram, Facebook, dll. Menggunakan semua media ini akan membantu perusahaan Anda untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan sehingga membuat produk atau layanan Anda semakin populer.

Tujuan Marketing Collateral

Di pasar yang sangat kompetitif, Anda tidak dapat menjual apa pun tanpa membangun kepercayaan. Maka itu, kampanye iklan yang efektif akan menambah kesadaran dan membangun kepercayaan audiens.

Pada marketing collateral, pertanyaan utama calon pelanggan Anda akan terjawab. Tentu saja dengan memperkenalkan produk atau layanan yang disediakan perusahaan Anda.

Orang-orang akan mengetahui semua manfaat yang mungkin dapat mereka peroleh dengan menggunakan produk atau layanan Anda. Penting juga untuk membandingkan bisnis Anda dengan para pesaing untuk memperkuat fitur dan manfaat yang Anda berikan kepada para pelanggan.

Jenis-Jenis Marketing Collateral

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, marketing collateral terdiri dari pemasaran online dan offline. Di bagian ini, saya akan menjelaskan masing-masing jenis marketing collateral untuk memperjelas semua konsep.

1. Marketing Collateral Online

Ada berbagai jenis marketing collateral untuk mempromosikan bisnis Anda secara online.

Pertama, yakni melakukan studi kasus dan menganalisis kampanye iklan untuk mengidentifikasi semua kelemahan dan kekuatan bisnis Anda. Penting juga menganalisis faktor-faktor yang menyebabkan kegagalan atau keberhasilan setiap kampanye iklan untuk mengetahui strategi pemasaran yang terbaik.

Strategi selanjutnya yang dapat Anda gunakan adalah membuat postingan blog yang unik dan menarik untuk situs web Anda. Aktif di lingkungan online memiliki efek langsung pada popularitas dan konversi bisnis Anda. Tidak harus selalu membuat konten yang sepenuhnya terkait dengan produk atau layanan Anda. Lebih baik buat konten yang unik dan sebutkan saja bisnis Anda kemudian mengaitkannya dengan produk atau layanan Anda.

Carilah perhatian audiens Anda dengan membuat konten yang menarik dan tepat sasaran sehingga mendorong mereka untuk terus membaca postingan blog Anda. Jika Anda hanya membicarakan bisnis Anda dan hanya memuji perusahaan Anda, orang-orang tentunya akan bosan dan kemudan meninggalkan situs web Anda. Sebaliknya, jika Anda membuat konten yang informatif, orang mungkin tertarik dan betah berlama-lama di situs web Anda.

Faktor penting lainnya dalam marketing collateral online yaitu menggunakan Tombol Call To Action di situs web. Setelah menjelaskan produk atau layanan Anda dan memberi tahu audiens tentang semua manfaat yang dapat mereka peroleh dengan menjadi pelanggan Anda, sebaiknya berilah mereka satu langkah spesifik berikutnya untuk membimbing mereka.

Anda juga dapat menyisipkan panduan dan dokumen yang dapat didownload gratis di situs web Anda. Orang-orang selalu mencari hal-hal yang mendidik dan menghibur secara gratis. ketika Anda memiliki cukup informasi tentang kebutuhan audiens Anda, ada baiknya menggunakan eBook di situs web Anda untuk mendorong audiens Anda berlangganan email atau mungkin mendaftar di situs web Anda. eBook juga berfungsi sebagai marketing collateral dan Anda dapat memanfaatkannya untuk menarik perhatian audiens.

Selain itu, Anda juga bisa menyisipkan identitas bisnis Anda di footer email. Misalnya seperti nama perusahaan, info kontak yang bisa dihubungi, dan link media sosial untuk memudahkan audiens berlangganan dan menghubungi Anda. Hal tersebut juga termasuk ke dalam marketing collateral

Testimoni dan ulasan adalah marketing collateral lainnya yang dapat Anda gunakan dalam bisnis Anda. Ketika orang membaca ulasan pelanggan lain tentang brand Anda dan pengalaman mereka ketika menggunakan produk atau layanan Anda, audiens dapat memperoleh lebih banyak informasi tentang bisnis Anda. Saat Anda meletakkan testimonial di situs web Anda, orang-orang akan menemukan kepercayaan dari rekomendasi pelanggan Anda.

2. Marketing Collateral Offline

Sama seperti marketing collateral online, pemasaran secara offline mempunyai berbagai jenis marketing collateral untuk mempromosikan bisnis Anda.

Seperti yang sudah Anda ketahui, Brosur adalah salah satu alat paling populer yang digunakan bisnis untuk mempromosikan produk dan layanan mereka. Brosur ini biasanya berisi informasi yang cukup tentang bisnis, layanan, dan produk Anda.

Menggunakan item visual juga akan menarik penonton. Dalam metode ini, promotor Anda memiliki interaksi tatap muka dengan audiens dan mereka dapat mempresentasikan bisnis Anda kepada audiens. Flyer juga mirip dengan brosur dan pastikan desainnya dapat menarik perhatian orang.

Kartu nama juga merupakan alat penting untuk bisnis. Informasi kontak perusahaan Anda dapat dimasukkan dalam kartu ini dan orang-orang dapat dengan mudah menghubungi Anda. Dalam konferensi atau rapat, ada baiknya memberikan kartu nama ini kepada para peserta.

Cara lain untuk mempromosikan brand Anda adalah dengan mengirim email ke pelanggan Anda. Di pasar digital saat ini, kebanyakan orang menggunakan email ketimbang surat yang sebenarnya. Mengirim email ke alamat audiens melalui pos akan mengejutkan mereka serta mendorong mereka untuk mempelajari lebih lanjut tentang bisnis Anda.

Kalender juga menjadi marketing collateral yang hebat. Dengan memberikan kalender gratis dengan logo merek bisnis Anda, mereka mungkin ingin tahu tentang perusahaan Anda dan juga menelusuri situs web Anda untuk mengetahui lebih banyak tentang bisnis Anda. Anda juga dapat mencetak logo merek Anda di T-shirt, mug, dan apa pun yang dapat Anda berikan kepada audiens secara gratis.

Menggunakan spanduk dan baliho juga masih bisa dijadikan marketing collateral. Mungkin ada saatnya Anda ingin menggunakan papan reklame sebagai sarana periklanan. Tetapi metode ini mahal dan jika Anda baru memulai bisnis, lebih baik fokus pada metode lain yang lebih mudah.

Untuk mendapatkan informasi seputar marketing online lebih mendalam, Anda dapat mengunjungi Webzilo - #1 Internet Insight Portal.

Related Posts

Subscribe Our Newsletter