Tugas dan Tanggung Jawab Admin Accounting

Tugas dan Tanggung Jawab Admin Accounting - Admin Accounting adalah seseorang yang memiliki tugas untuk mengurus segala hal yang berkaitan dengan administrasi utang dan piutang. Posisi ini merupakan salah satu posisi penting dalam perusahaan. 

Admin Accounting


Tugas dan Tanggung Jawab Admin Accounting

Berikut ini adalah beberapa tugas dari seorang Admin Accounting:

1. Mengatur Obligasi perusahaan terhadap Customer, Vendor, dan Supplier

Seorang Admin Accounting akan ditugaskan untuk bekerja sama dengan pihak customer, vendor dan supplier. Mereka berkewajiban untuk mengurus segala hal yang terkait dengan Obligasi perusahaan dengan customer, vendor dan supplier. Admin Accounting akan memastikan dokumen kelengkapan Obligasi dan memastikan kalau hak dan kewajiban perusahaan terhadap rekan bisnisnya telah terlaksana dengan baik sesuai dengan apa yang telah direncanakan. Obligasi biasanya berkaitan dengan jadwal bayar, denda keterlambatan, jadwal kedatangan dan beberapa hal penting lainnya.

2. Mengatur Aset Perusahaan di Bank

Selain ditugaskan untuk mengurus Obligasi dengan customer dan vendor. Admin Accounting juga ditugaskan untuk mengurus semua aset perusahaan yang ada di Bank. Baik itu aset dalam bentuk deposit, pembayaran, payroll, utang piutang dan banyak hal lainnya yang berkaitan dengan bank. Seorang Admin Accounting tidak bekerja sendiri dalam menyelesaikan tugasnya, mereka akan melakukan koordinasi dengan bagian payroll dan bagian yang terkait dengan pekerjaan tersebut supaya proses yang dilakukan dapat berjalan lebih efektif dan efisien.

3. Melakukan Validasi data Financial Statement Dari Perusahaan

Seorang Admin Accounting bertugas untuk melakukan rekonsiliasi atau penyesuaian data-data yang ada dengan pernyataan yang dikeluarkan oleh perusahaan. Penyesuaian data dilakukan dengan cara melakukan wawancara dengan pihak-pihak yang terkait atau dengan cara melakukan survei langsung dan melihat data-data yang ada seperti invoice, kwitansi, struk, faktur dan beberapa data lainnya.

4. Mengatur Akun Payable dan Receivable

Admin Accounting juga akan diminta untuk melakukan koordinasi dengan staff receivable dan account payable, mereka akan turun langsung untuk menangani segala hal yang berkaitan dengan utang dan piutang perusahaan terhadap pihak lain.

5. Mengirim dan Mendokumentasikan Invoice

Seorang Admin Accounting juga bertugas untuk mempersiapkan,  mendokumentasikan dan mengirimkan invoice terhadap client atau customer perusahaan. 

6. Menghubungi customer perusahaan dan memastikan pembayaran

Seorang Admin Accounting akan ditugaskan untuk menghubungi customer atau client perusahaan untuk mendapatkan informasi tentang hutang piutang dari dan ke perusahaan. Akan dilakukan penagihan kepada customer dengan cara menagih langsung atau dalam bentuk lainnya.

7. Melakukan validasi alamat jika ditemukan ada perbedaan

Jika ditemukan ada perbedaan atau kesalahan dalam dokumentasi, baik dari data alamat, atau data lainnya. Seorang Admin Accounting bertugas untuk melakukan pengecekan secara berkala dengan menghubungi pihak customer yang terkait.

8. Input Pajak

Admin Accounting juga memiliki tugas untuk menginput perpajakan dari setiap order yang berlangsung sukses antara perusahaan dengan customer.

9. Melaporkan status account payable dan receivable

Setelah semua tugas dirasa telah selesai dikerjakan, maka seorang Admin Accounting akan diminta untuk melaporkan status dari utang dan piutang yang dimiliki oleh perusahaan. Setelah itu, mereka akan melakukan update database akunting beserta dengan spreadsheets perusahaan sebagai bentuk dokumentasi dan bahan referensi. 

Berikut ini adalah beberapa tanggung jawab dari seorang Admin Accounting:

  • Memastikan proses Obligasi perusahaan dengan customer, supplier dan vendor dapat berjalan dengan baik tanpa ada kendala
  • Memastikan aset perusahaan yang ada di Bank telah terjaga dan terdistribusi dengan baik
  • Memastikan financial statement yang dikeluarkan oleh perusahaan telah diupdate dan sudah direkonsiliasikan
  • Memastikan status akun receivable dan akun payable dan membuat laporan terkait hal tersebut
  • Memastikan invoice yang dikirimkan ke customer telah terselesaikan tepat waktu
  • Melakukan koordinasi dengan customer, supplier atau vendor terkait dengan proses pembayaran atau pelunasan
  • Memastikan update alamat dari customer atau vendor telah berjalan dengan lancar dan tersedia
  • Mengurus tax (pajak) yang berkaitan dengan segala proses yang dihandle dan sudah dilaporkan dengan benar dan tepat waktu

Syarat yang harus Anda penuhi untuk bisa menjadi seorang Admin Accounting

Berikut ini adalah beberapa persyaratan yang harus Anda penuhi:

  • Memiliki riwayat pendidikan S1 Akuntansi atau Diploma Akuntansi yang memiliki pengalaman kerja diposisi Admin Accounting
  • Memiliki pengetahuan yang mendalam terkait dengan pembukuan
  • Memiliki pemahaman tentang proses regulasi penagihan terhadap customer
  • Memiliki pengetahuan tentang software akuntansi
  • Mampu menggunakan software Microsoft Excel terutama dalam formulasi financial dan pembuatan spreadsheet
  • Memiliki tingkat ketelitian yang baik
  • Memiliki kemampuan data entry yang bagus
  • Memiliki kemampuan organisasi yang baik dan memiliki manajemen waktu yang bagus

Semoga informasi tentang Admin Accounting ini dapat bermanfaat. Terima kasih atas kunjungannya.

LihatTutupKomentar