Manfaat dan Efek Samping Air Kelapa untuk Anjing Peliharaan

Sumber Pixabay

Pernah ga Anda memikirkan sesuatu hal yang berbeda dan ingin memberikan pada anjing peliharaan di rumah? Misalnya air kelapa.

Manfaat air kelapa untuk manusia sudah dikenal sejak dulu baik untuk menjaga kesehatan. Hal yang paling disukai sebagian masyarakat saat berhadapan langsung dengan air kelapa, yakni minuman segar dan enak sekaligus bergizi. Rasanya sangat sulit menolak segelas air kelapa yang bercampur smoothie dengan lelehan es krim di atasnya.

Sayangnya perasaan senang dan suka air kelapa yang sedang Anda konsumsi tersebut menimbulkan dilema dan keraguan membagikan untuk anjing kesayangan Anda.

Amankah air kelapa jika diminum anjing?


Manfaat dan Efek Samping Air Kelapa untuk Anjing Peliharaan


Memberikan air kelapa untuk anjing peliharaan boleh-boleh saja sepanjang mereka menyukai dan meminumnya. Air kelapa murni tanpa campuran bahan tambahan yang aman untuk kesehatan mereka, boleh menjadi makanan atau minuman mereka.

Bahasa tubuh anjing suka air kelapa


Air kelapa yang kita minum mungkin memiliki rasa yang hampir mirip dan serupa. Air kelapa yang siap diminum akan memberi sensasi segar, lembut dan mungkin rasa manis tidak berlebihan.

Pada umumnya, anjing sangat menikmati air kelapa yang diberikan untuk mereka. Jadi jangan terlalu khawatir dengan sikap mereka akan menolak mentah-mentah minuman tersebut.

Hal mendasar yang perlu majikan ketahui tidak setiap ras anjing memiliki sifat yang sama persis terhadap makanan atau minuman tertentu. Jadi kemungkinan mereka menolak adalah suatu yang wajar dan tidak haris dipaksakan menjadi campuran dalam minuman atau makanan sehari-hari mereka saat kondisi sehat.

Bahasa tubuh anjing ingin mencoba air kelapa
  • memberi sinyal menggonggong, merengek, dan menangis saat mengendus aroma air kelapa
  • sinyal tatapan mata mereka ingin mencoba
  • menggoyangkan ekor saat mengendus air kelapa
  • postur telinga naik ke atas dan ke depan dan pola badan menunjukan sikap menunggu atau waspada pemberian majikan

Manfaat air kelapa untuk anjing

Selain air kelapa, manusia mengenal kelapa sebagai bahan makanan dan produk olahan yang populer dan diminati sebagian besar masyarakat. Dari buah kelapa ada sejumlah manfaat kesehatan seperti kandungan gizi sampai untuk zat mineral.

Manfaat air kelapa untuk anjing adalah sumber tambahan cairan yang mengandung elektrolit alami. Anjing yang memiliki aktivitas padat dan melelahkan dapat memaksimalkan air kelapa menjaga kondisi tubuh mereka tetap terhidrasi.

Keunggulan lainnya air kelapa untuk anjing dalam musim panas dan suhu demikian terik kena sinar matahari bisa mencegah tubuh kekurangan cairan. 

Anjing yang suka minum air kelapa tidak sekedar mendapat manfaat elektrolit alami sebagai pencegah dehidrasi. Dalam air kelapa mengandung berbagai zat penting lain seperti kalium, kalsium, magnesium, seng, selenium, yodium, belerang, Vitamin B dan Vitamin C.

Tahukah Anda air kelapa jika rutin sebagai minuman anjing bisa membantu mereka mengatasi masalah ISK dan batu ginjal.

Efek samping air kelapa untuk anjing

Hewan peliharaan yang belum pernah mencoba air kelapa tidak boleh dipaksakan untuk mengonsumsi. Mereka butuh waktu dan pengenalan awal menikmati air kelapa sebagai kebutuhan normal.

Secara umum air kelapa tidak memberi dampak yang mengkhawatirkan kesehatan hewan peliharaan. Namun beberapa genetik ras anjing segera dihentikan minum air kelapa jika terjadi gangguan Gastrointestinal.

Ciri dan gejala Gastrointestinal

Penyebab umum terjadinya Gastrointestinal sebagian besar karena lambung atau usus mengalami keluhan seperti kembung, diare atau kesulitan BAB. Penyebabnya bisa karena makanan yang dikonsumsi terlalu pedas, asam, bersantan, soda dan berkafein tinggi.

Demikian tulisan tentang Manfaat dan Efek Samping Air Kelapa untuk Anjing Peliharaan. Semoga memberikan manfaat untuk Anda.

Terima kasih kk sudah membaca tulisan sederhana ini. Jika artikel dunia hewan bermanfaat, jangan lupa juga dibagikan ke teman yang membutuhkan informasi ini. Indahnya berbagi....
LihatTutupKomentar