Cara Mendapat Uang Dari Live Stream Instagram

Cara Mendapat Uang Dari Live Stream Instagram - Untuk kamu yang aktif menggunakan Instagram dan sering melakukan live streaming di Instagram. Maka ketahuilah bahwa kini kamu bisa mendapatkan uang saat melakukan live streaming di Instagram menggunakan Fan Badges.


Apa itu Fan Badges Instagram?

Instagram kini mulai fokus melakukan uji coba terhadap fitur Fan Badges-nya, yaitu fitur yang bisa digunakan oleh penggunanya untuk meraup pundi-pundi uang saat live streaming. Menurut banyak orang, fitur Fan Badges milik Instagram ini sangat terinspirasi oleh Twitch.

Fitur Fan Badges Instagram Live ini diperkenalkan pada bulan Mei 2020 lalu sebagai suatu fitur bagi pengguna untuk menyumbangkan uang langsung ke content creator favorit mereka.

Sebagai gantinya, pengguna yang membeli fitur Fan Badges nantinya akan menerima lencana yang ditampilkan di sebelah nama mereka saat mereka berkomentar di live streaming si content creator.

User bisa berkontribusi dengan membeli Fan Badges seharga: $0,99 atau $1,99 atau $ 4,99.

Setiap harga mewakili level Badges yang berbeda. Setiap tingkat memiliki lencananya sendiri, sehingga pengguna dapat menunjukkan dengan tepat seberapa banyak mereka telah berkontribusi pada selebgram favorit mereka.

Sejak pertama kali diluncurkan, fitur ini baru bisa diakses oleh sebagian kecil pengguna dan mayoritas berasal dari Eropa dan Amerika. Hingga saat ini, fitur Fan Badges ini baru bisa diakses oleh 50.000 content creator Instagram.

Meskipun masih terbatas dibandingkan jumlah pengguna Instagram secara keseluruhan, ini menjadi kabar positif dan pada akhirnya mungkin akan diperluas ke lebih banyak content creator.

Pada bulan November 2020 ini, Instagram akan melakukan update dimana nantinya Instagram akan menampilkan penghasilan content creator dari pembelian Fan Badges selama live streaming.

Untuk membuat content creator lebih tertarik dengan fitur Fan Badges ini, Instagram menyatakan bahwa mereka tidak akan mengambil sepeserpun dari pembelian Fan Badges untuk saat ini. Tentunya kebijakan itu dapat berubah kapan saja, tetapi untuk saat ini content creator akan mendapatkan semua uang yang mereka terima dari pembelian Fan badges.

Pihak Instagram menyadari bahwa sekarang ini banyak content creator yang bergantung pada penghasilan dari konten yang mereka buat. Oleh karena itulah, pihak Instagram berencana untuk membantu para content creator mendapatkan penghasilan atas konten mereka. Dan tentu fitur Fan Badges ini adalah salah satu bukti keseriusan Instagram atas ucapannya.

Kabar yang menarik sekali bagi para content creator. Tapi, apa yang didapat pengguna dengan membeli Fan Badges?

Inilah beberapa keuntungan menjadi penggemar berbayar.


Manfaat Fan Badges Instagram

Fan Badges adalah sesuatu yang diterima seorang pengguna sebagai ucapan terima kasih karena telah mendukung sang content creator dengan cara memberi uang kepada content creator atas karya mereka.

Fitur Fan Badges ini tidak diwajibkan untuk penonton Instagram Live. Jadi, merekalah yang memutuskan untuk berkontribusi dan mendapatkan lencana penggemar atau hanya sekedar menonton.

Dengan Fan Badges, pengguna akan mendapat sejumlah keuntungan. Keuntungan utama memiliki Fan Badge adalah peningkatan visibilitas. Orang yang memiliki Fan Badge tentu akan mendapatkan perhatian sang content creator selama live streaming. Dan itu adalah salah satu keuntungan mutlak yang mana akan sulit untuk di-notice oleh content creator, apalagi jika kolom chat live stream-nya penuh sesak.

Fan Badge adalah cara bagi pengguna untuk menonjol di antara kerumunan dan meningkatkan peluang komentar mereka diperhatikan dan dibaca oleh sang content creator.

Instagram juga memberi tahu bahwa pembelian Fan Badge juga membuka fitur lain, seperti penempatan khusus daftar pemegang Fan Badge terbaik di live stream si content creator.

Daftar Fan Badge dan pemegang Fan Badge memungkinkan content creator mengetahui dengan cepat siapa penggemar terbesar mereka pada saat live streaming.

Meski bagaimanapun, banyak yang berpikiran bahwa hal ini bukanlah suatu inovasi karena faktanya, model monetisasi seperti ini sangat mirip dengan Twitch yang sudah lebih dulu menerapkan sistem seperti ini. Bedanya, Twitch secara terang-terangan menyatakan bahwa pembagian hasil atas pembelian Fan Badge mereka adalah 50-50.

Sistem seperti itu tampaknya berjalan dengan baik untuk Twitch. Sebuah laporan dari awal tahun ini menunjukkan pendapatan Twitch dari kontribusi penggemar melebihi pendapatan dari iklan.

Waktulah yang akan menjawab apakah Instagram akan sesukses Twitch dengan menerapkan fitur Fan Badges ini atau tidak.

Yang jelas, ini bisa menjadi jawaban atas kurangnya opsi monetisasi Instagram untuk para content creator.


Lalu, bagaimana cara saya memonetisasi Live Streaming saya?

Karena fitur Fan Badge ini baru ada di beberapa negara dan belum ada untuk Indonesia. Kita bisa memanfaatkan momentum kekosongan ini untuk membangun akun Instagram kita terlebih dahulu. Yang perlu kamu lakukan adalah mencari sebanyak mungkin audience dan membangun interaksi yang positif dengan audience kamu.

Jika nanti sudah saatnya fitur Fan Badge Instagram ini hadir di Indonesia, kamu tidak terlambat dan sudah siap memanfaatkan fitur tersebut.

Maka dari itu, silahkan kamu manfaatkan fitur ini untuk meraup pundi-pundi uang atas semua konten dan karya yang kamu punya.

Itulah yang bisa saya sampaikan untuk saat ini tentang fitur terbaru yang hampir bisa dikatakan dengan monetisasi konten Instagram. Semoga informasi ini bermanfaat. Dan tentunya, besar harapan kita agar fitur ini segera hadir di Indonesia.

Jika ada yang membingungkan, silahkan tanyakan melalui kolom komentar di bawah. Dan jika berkenan silahkan baca juga artikel lain dari Ninura. Sampai jumpa di artikel selanjutnya.

LihatTutupKomentar