5 Jenis Kucing Pintar Mirip Dengan Anjing

Dok. Pixabay

Kepintaran anjing sebagai hewan peliharaan cenderung memiliki kemampuan yang lebih baik dibandingkan dengan kucing yang biasa di rawat. Kucing sebagai teman yang cukup populer lebih dikenal sifat mereka yang lucu.

Perkembangbiakan kucing di dunia memiliki faktor pengaruh tidak sama antara ras kucing satu dengan jenis kucing lain. 

Ternyata ras kucing ada juga yang pintar seperti anjing sehingga bisa di latih trik sederhana.

5 Jenis Kucing Pintar Mirip Dengan Anjing


1. Abisinia

Hewan domestik asal Ethiopia. Abisinia jenis kucing pintar mirip dengan anjing
 punya perbedaan dengan kucing pada umumnya dan cat lovers mengenal mereka dengan sebutan Abyssinian dan disingkat "Aby".

Ciri umum yang terdapat pada kucing pintar ini adalah tubuh mereka berukuran sedang hingga panjang. Sehingga makin menambah nuansa anggun ketika berjalan dan berlari karena otot kokoh dibalut bulu pendek.

Perbedaan watak kucing Abisinia adalah sifat alami mereka yang lebih aktif dari ras kucing kebanyakan.

Jika pemilik hewan peliharaan termasuk majikan jarang memperhatikan mereka menyalurkan sifat yang aktif mudah membuat mereka menjadi bosan.

Kelebihan kucing Abisinia mempunya kemampuan beradaptasi yang cukup baik sehingga selalu nyaman tinggal di ruangan seperti apartemen.

2. Angora Turki

Ras kucing pintar ini terkenal sebagai Anggora memiliki hubungan dengan Persia berasal dari Turki. Perbedaan habitat kucing Angora dengan Persia di Indonesia adalah jumlah pemilik merawat Persia diperkirakan lebih banyak karena bentuk wajah dan sifat yang lebih lucu. 

Ras Kucing Anggora Turki punya karakter dan kepribadian berlawanan dengan ras asli kucing Persia. Kepribadian hewan peliharaan Anggora lebih aktif bergerak dan bermain sehingga tubuh mereka lebih ramping.

3. Ragdoll

Urutan ke-3 dari 5 jenis kucing pintar yang mirip dengan anjing adalah kucing Ragdoll.

Perkembangbiakan hewan peliharaan kucing Ragdoll pertama kali dipelihara tahun 1960 oleh Ann Baker di Riverside, California. Kucing Ragdoll berasal dari perkawinan silang spesies kucing domestik bulu panjang.

Kucing Ragdoll salah satu ras kucing terbesar dengan kecerdasan di atas rata-rata dari ras kucing lainnya. Beberapa kucing yang memiliki ukuran tubuh besar seperti ras Maine Coon dan kucing Norwegian Forest.

Ragdoll sering dijuluki puppy cats atau "dog like cats" yang artinya ras kucing yang terlihat seperti anjing. Mereka senang berdekatan dengan pemilik dan punya kebiasaan menunggu menyambut pemiliknya di depan pintu.

Sebagai kucing pintar, kucing Ragdoll hewan peliharaan yang senang mendapatkan perhatian dan gemar bermain. 

Jika Anda memiliki ras Ragdoll. Cara melatih mereka menggunakan mainan interaktif sambil menyalurkan watak mereka yang jarang diam.

4. Siam

Ras kucing pintar ke 4 adalah Siam. Ciri khas mereka dengan kucing lainnya bentuk wajah oriental dan terbagi 4 jenis kelompok (applehead, old style, classic, dan modern wedge siam). 

Arti siam dalam bahasa Thailand adalah bulan berlian dan panggilan populer lain dikenal dengan siamese.

Kucing Siam memiliki sifat umum sebagai kucing pintar karena aktif dan manja dengan manusia. Kecerdasan mereka terlihat saat latihan dengan kemampuan waktu belajar lebih cepat.

5. Maine Coon

Jenis kucing pintar mirip dengan anjing yang terakhir adalah Maine Coon. Maine Coon sekilas memiliki kemiripan dengan Singa. Mereka hewan pintar dan cerdas serta memiliki perilaku unik senang bermain dengan air. Mereka ras kucing tertua yang pernah ada dan memiliki bulu panjang di telinga, kaki dan ekor. Maine Coon kucing istimewa karena struktur bulu mereka lembut dan suka bermain di air.

Demikian tulisan tentang 5 jenis kucing pintar mirip dengan anjing. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Terima kasih kk sudah membaca tulisan sederhana ini. Jika artikel dunia hewan bermanfaat, jangan lupa juga dibagikan ke teman yang membutuhkan informasi ini. Indahnya berbagi....

Sumber gambar Pixabay.com
LihatTutupKomentar