Saat Anjing Tidak Mau Makan, Apa yang Perlu Diketahui Majikan?


Hobi tiap manusia selalu berbeda dan sebagian besar menikmati waktu berharga saat menjalani setiap saat. Sama halnya dog lovers merawat hewan peliharaan, tidak sekedar memberi makan dan interaksi dengan mereka. Ada rasa tanggung jawab yang lain saat anjing tidak mau makan.

Dalam dunia hewan, waktu makan untuk anjing adalah aktivitas yang menyenang dan terbaik selain bersama dengan majikan dan anggota yang mencintai mereka.

Saat perilaku anjing menunjukkan gejala tidak mau makan, dog lovers perlu mengetahui beberapa hal yang mungkin menjadi penyebab utama selera makan mereka hilang.

Perubahan selera makan anjing menurun dan membuat mereka tidak ingin mengonsumsi makanan yang tersedia, tidak selalu mengkhawatirkan seperti yang kita pikirkan.

Beberapa masalah yang cukup umum dan mudah diperbaiki, khusus saat anjing tidak mau makan dengan tanda fisik dan mental tampak baik-baik saja.

Beberapa penyebab anjing tidak makan yang tidak membawa pengaruh besar selama dog lovers cepat mengantisipasi melakukan perbaikan. Secara umum anjing tidak mau makan bisa karena stres, perasaan cemas, terlalu banyak makan, mutu makanan buruk, atau mereka sakit.

Anjing tidak makan karena stres


Perubahan perilaku anjing yang semula lahap makan makanan yang diberikan secara tiba-tiba selera makan mereka hilang. Ada baiknya dog lover melihat kemungkinan mereka mengalami stres.

Perubahan selera makan makhluk hidup seperti halnya dengan manusia mengalami stres bisa terjadi pada mereka. 

Beberapa penyebab yang bisa menimbulkan stres pada hewan, khususnya anjing diantaranya merasa kesepian dan terlalu lama di tinggal, kurang waktu berinteraksi dengan orang yang disayangi, jarang di ajak bermain dan berkomunikasi, atau tidak pernah di ajak keluar rumah.

Pengaruh lingkungan habitat anjing yang tidak nyaman bisa mengundang mereka mudah stres. Jika Anda bisa membayangkan tinggal di lingkungan tidak nyaman seperti kandang yang selalu kotor, suara bising, kualitas udara yang kotor dan faktor eksternal berasal dari lingkungan.

Cara mengatasi anjing yang stres adalah mencari kemungkinan sumber utama yang menjadi penyebab dan melakukan perbaikan jika memungkinkan.

Anjing bisa juga stres saat ada hewan lain yang berkeliaran di sekitaran rumah dan mengundang mereka menjadi gelisah.

Anjing tidak mau makan karena cemas


Tingginya tingkat kecemasan dan perasaan takut berpisah bisa membuat anjing tidak mau makan. Anjing peliharaan yang biasa hidup dalam perawatan manusia sering memilih menunggu anggota keluarga yang belum hadir saat mereka makan.

Anjing dikenal hewan yang setia dalam situasi apapun sehingga pilihan mereka menunggu orang yang disayangi belum kembali menimbulkan rasa cemas dan takut berpisah.

Cara mengatasi anjing yang tidak mau makan akibat perasaan cemas dan takut berpisah, bisa membuat mereka merasa tidak sendiri dengan memutar musik yang tenang.

Cara lain mencegah anjing cemas dan takut kehilangan bisa juga dengan pelatihan dengan pelatih profesional dalam dunia anjing.

Anjing tidak mau makan karena sudah kenyang

Sangat sulit untuk mengawasi aktivitas hewan peliharaan di rumah selama 24 jam. Jika situasi mereka mendadak tidak mau makan, ada kemungkinan sempat mendapat makanan dari anggota keluarga sehingga sudah kenyang saat waktu makan utama.

Camilan dan makanan yang didapat dari orang lain saat mereka mengonsumsi bisa saja telah mengenyangkan perut mereka.

Cara mengatasi anjing tidak mau makan karena sudah makan camilan atau makanan di waktu sebelum adalah mengkomunikasikan dengan anggota keluarga. Kapan waktu yang tepat memberi camilan sebelum makan utama mereka.

Anjing tidak mau makan karena mutu makanan buruk


Sebagian makanan untuk anjing berasal dari sajian dikelola sendiri secara mandiri. Sementara beberapa dari dog lovers mungkin menyediakan makanan khusus yang diformulasikan untuk ras anjing tertentu.

Makanan yang dibeli untuk ras anjing ataupun berasal dari bahan buatan sendiri perlu mendapat perhatian kualitas dan mutu yang baik.

Makanan anjing yang dibeli di Pet Shops atau toko hewan yang menyediakan kebutuhan makanan hewan peliharaan bisa menjadi kedaluwarsa dan rusak selama cara penyimpanan dilakukan tidak tepat.

Perhatikan waktu kedaluwarsa bahan makanan untuk anjing sesuai waktu habis yang diperkirakan secara tepat.

Jenis makanan yang dibuat sendiri di rumah bisa juga berasal dari bahan yang memiliki kualitas dan mutu yang buruk sehingga mereka tidak mau makan.

Jenis makanan yang rusak dan sudah kedaluwarsa cenderung memiliki aroma bau yang tidak sedap. Selain bau tengik yang timbul dari makanan tertentu, resiko lain adalah kesehatan mereka yang bisa menurun.

Beberapa tanda yang menjadi gejala umum anjing tidak mau makan akibat mutu makanan buruk, mereka bisa diare hingga muntah setelah mengonsumsi makanan tersebut.

Jika ciri-ciri tersebut muncul pada anjing, bawa mereka ke dokter hewan untuk pemeriksaan medis dari kemungkinan keracunan makanan yang rusak.

Anjing tidak mau makan karena sakit


Banyak faktor yang bisa membuat mereka mendadak tidak mau makan. Selain 4 kemungkinan tadi, anjing bisa tidak mau makan karena sakit.

Ciri dan tanda gejala anjing sakit dengan melihat perubahan perilaku dan aktivitas mereka. Beberapa gejala seperti sering diare, muntah, lesu, kurang bersemangat bisa mengindikasikan mereka bermasalah pada kesehatan.

Bawa dan periksa mereka jika dog lovers menduga akibat sakit ke dokter hewan terdekat untuk pemeriksaan kemungkinan penyakit dan infeksi bakteri atau kutu.

LihatTutupKomentar