Mengapa Warna Mata Kucing Merah Dalam Gelap?


 Pernah Anda bertanya tentang warna mata kucing terlihat merah saat mereka dalam gelap?

Pengalaman merawat dan memelihara hewan seperti kucing, tidak hanya menjadi teman dan penghibur memperhatikan kelucuan mereka. Mungkin Anda akan bertemu moment tertentu saat keadaan gelap, yang mana terlihat sepasang mata warna merah muncul dari kegelapan malam.

Masyarakat awam yang tidak mengenal situasi saat itu, mungkin menjadi takut oleh sebab faktor tertentu.

Perubahan warna mata kucing bisa menjadi merah saat dalam gelap. Kelebihan mereka sebagai hewan yang aktif di malam hari butuh sesuatu yang lebih untuk mencari mangsa.

Kemampuan mata kucing dalam gelap jelas berbeda dibanding dengan manusia.

Kelebihan yang terdapat pada kucing seperti mata mereka saat malam dengan cahaya lampu terang. Ketika Anda memperhatikan dengan serius akan terlihat bagian pupil tampak mengecil menyerupai elips.

Perbedaan pupil mata kucing saat dalam cahaya terang menjadi elips, sedangkan mata manusia akan tampak membulat berbentuk lingkaran.

Bentuk pupil mata kucing lebih kecil di bawah sinar cahaya yang terang berfungsi menjaga dan melindungi retina mereka. Bagian retina mata mereka sangat sensitif dari kerusakan sehingga harus dijaga dengan baik.

Jika Anda menekan saklar lampu ke posisi off, lampu yang padam akan membuat bagian mata kucing bekerja otomatis. Pupil mata kucing akan membesar untuk mengambil cahaya yang minim.

Penyebab kucing dapat terlihat dengan mata warna merah adalah faktor yang mempengaruhi dari luar lingkungan mereka. 

Cahaya yang didapat dari pantulan ke dalam lapisan jaringan akan melapisi bola mata belakang retina. 

Jika ada warna cahaya yang tidak terserap oleh mereka maka akan langsung melewati retina dan kembali ke sel sensor cahaya. Hasil dari kilau merah (tapetum lucidum) ini akan terlihat saat dalam gelap.

Kelebihan mata kucing saat gelap memang unik. Selain bisa muncul warna merah, beberapa dari ras kucing ras tertentu bisa terlihat warna keemasan hingga hijau.

Ras kucing yang memiliki warna mata keemasan atau hijau, biasanya ada dalam jenis kucing Siam.
LihatTutupKomentar