Karakternya Jinak dan Ramah, 10 Ras Kucing Ini Sering Jadi Peliharaan Manusia


 Jenis kucing yang ada di dunia memiliki ciri secara spesifik dan khusus antar kelompok kucing. Pengelompokan sifat hingga karakter hewan yang sangat jinak, ramah hingga bertingkah laku sulit diam menjadi pertimbangan tersendiri untuk cat lovers merawat mereka.

Dilansir situs dunia hewan dan kita, ada beberapa ras kucing yang sering dipelihara manusia. Dari 10 jenis kucing ini, kira-kira peliharaan kamu termasuk didalamnya atau tidak ya?

Karakternya Jinak dan Ramah, 10 Ras Kucing Ini Sering Jadi Peliharaan Manusia


Ringkasan 10 ras kucing populer dipelihara dan menjadi hewan kesayangan manusia
1. Kucing Maine Coon
2. Kucing Ragdoll
3. Kucing Persia
4. Kucing Anggora
5. Kucing Munchkin
6. Kucing Rusian Blue
7. Kucing Bengal
8. Kucing Siam
9. Kucing Himalaya
10.Kucing domestik, lokal hingga mixdome

Kucing Maine Coon



Ras kucing Maine Coon adalah hewan yang berasal dari AS dengan ciri khusus pada bulu indah dan panjang. Warna bulu kucing yang cenderung putih, hitam, biru, merah, cream, coklat dan warna campuran lain, mempunyai ciri khusus warna solid berpola bicolor, tricolor dan smoke.

Perawakan tubuh kucing maine coon punya kelebihan lebih berotot dan postur tubuhnya besar dan kokoh. Mereka sejak awal dikenal manusia adalah jenis kucing di luar rumah yang mengalami modifikasi sifat menjadi trah peliharaan mengusir tikus.

Ukuran tubuh kucing maine coon rata-rata sedang hingga besar, watak hewan peliharaan tersebut tetap lucu dan anggun dengan bulu panjang yang didukung kepala cukup besar dan telinga yang meninggi.

Sejarah kucing Maine Coon yang berasal dari ras asli bulu panjang, diperkirakan ikut serta pada pelayaran ke New England. Mereka bersosialisasi dengan hewan asli setempat hingga muncul ras baru hasil perkawinan silang.

Kehidupan ras kucing Maine Coon sehari-hari sebagian besar tidak bergantung penuh dan senang melakukan kegiatan berpindah. Mereka gemar bermain dan pemilik hewan peliharaan ini mungkin menemukan Maine Coon bermain dan berenang di atas air.

Karakter kucing Maine Coon ramah dan menyenangkan. Sisi lain ras kucing ini adalah tingkat kecerdasannya dan rasa ingin tahu pada sesuatu yang baru.

Kucing Maine Coon diyakini hewan penangkap tikus terbaik yang ada dari beberapa jenis kucing lain. Oleh karena itu, pemilik kucing yang merawat mereka di dalam rumah perlu memberi sarana mengisi waktu, misalnya mainan yang dapat dikejar di sekitar mereka.

Sifat alami kucing maine coon yang berteman dan bisa beradaptasi dengan lingkungan baru. Tak mengherankan hewan ini tidak agresif terhadap kucing lain dan anggota keluarga anak-anak.

Perbedaan Maine Coon Jantan dengan Betina

Beberapa perbedaan dari jantan dan betina kucing Maine Coon adalah kepribadiannya. Sosok kucing jantan lebih mudah beradaptasi dengan lingkungan dan bersosialisasi dengan orang lain.

Betina cenderung tertutup dengan sikap sosialisasi yang mudah berteman dengan kelebihan pada kecerdasannya. Kucing maine coon betina terlihat menghindari orang yang tidak dikenal, namun secara keseluruhan mereka mudah dilatih dan cepat belajar dari lingkungan sekitar.

Perawatan Kucing Maine Coon


Memelihara ras Maine Coon di rumah akan memberi pengalaman menyenangkan karena mereka hewan peliharaan yang luar biasa cerdas dan ramah. Meski tubuhnya cenderung sedang hingga besar dengan otot yang kokoh. Secara keseluruhan ras Coons perlu dihindari mengejar tikus dengan persiapan makanan yang cukup dan mainan yang disarankan untuk mereka. Kucing Maine Coon sebagian besar senang berpindah dan jarang bersifat pemalu.

Merawat kucing Maine Coon adalah pemenuhan kebutuhan dasar mereka terhadap nutrisi yang sesuai agar tidak membuat badan menjadi kegemukan. Kucing yang terlalu gemuk secara tidak langsung dapat mengurangi kegiatan dan mobilitasnya.

Selain asupan makanan dengan nutrisi, kucing ras ini senang bermain dan memanjat ketinggian seperti pohon. Tidak ada salahnya jika Anda menyediakan mainan sejenis di ruangan yang tepat.

Ciri dan Tanda Kucing Maine Coon

Ciri khas kucing Maine Coon adalah tubuhnya yang lebih besar dari kucing pada umumnya. Mereka dapat mencapai berat badan hingga belasan kg dengan panjang hingga 1,5 meter. Ciri-ciri lainnya yang bisa Anda kenali dari kucing Maine Coons seperti:

  • kemampuan beradaptasi dengan lingkungan
  • tampilan bulu tebal, panjang dan berkilau
  • otot dan tulang kokoh dan proporsional
  • wajah yang mirip dengan singa
  • telinga besar, lancip dengan lapisan bulu tipis
  • ekor memanjang dan mirip kemoceng
  • ramah dan bisa bersosialisasi dengan kucing lain dan anggota keluarga.


Cara merawat kucing Maine Coon agar sehat dan memiliki bulu yang indah, makanan dengan nutrisi tinggi adalah dasar utamanya. Selain itu, membiasakan ras ini mengenal kebersihan dengan cara memandikan, menyisir bulunya dan menjaga kebersihan kandang adalah hal penting lainnya.


Kucing Ragdoll



Ras Ragdoll salah satu jenis kucing dengan ukuran tubuh yang besar dengan kemiripan seperti kucing Maine Coon dan Ras Norwegian Forest. Ia pernah tercatat sebagai kucing terbesar dalam The Guinness World Records hewan terbesar untuk ras kucing di dunia.

Mengutip laman Cat Fanciers' Association, kucing Ragdoll memiliki rata-rata berat badan antara 7-9 kg. Mereka dari persilangan peternak kucing Persia dengan kucing Birman, asal Amerika Serikat.


Tahun 1971, kucing Ragdoll memiliki asosiasi secara khusus untuk pecinta dan peternak ras yang memiliki minat sama menjaga standar hewan peliharaan tersebut. Selain menjadi tempat berbagi informasi cara merawat kucing ragdoll, juga tempat pelatihan peternak yang ingin mendalami kehidupan ragdoll dari ahli hewan secara langsung.

Harga Kucing Ragdoll

Harga kucing ragdoll masuk kelompok menengah secara rata-rata jika Anda berminat membeli mereka di petshop atau di peternak terpercaya yang memelihara mereka.

Jenis kucing ragdoll tanpa sertifikat kelahiran dan silsilah keturunan induknya, usia yang tidak spesifik, tanpa memperhatikan breed quality atau top quality, cenderung lebih murah dengan beberapa kemungkinan hewan jenis campuran hasil persilangan dengan kucing domestik atau lokal.

Mengutip dari beberapa sumber yang mencantumkan harga kucing ragdoll sebagai biaya yang perlu dikeluarkan , berikut daftar harganya.


  • jantan dibawah 1 tahun Rp. 3.500.000-5.500.000
  • jantan diatas 1 tahun Rp. 2.000.000-3.500.000
  • Betina mixdome Rp. 1.000.000-2.000.000
  • Anakan Rp. 2.000.000-3.500.000
  • Harga ragdoll ped,Rp 5.000.000-7.000.000
  • Harga ragdoll breed quality, Rp. 10.000.000-15.000.000


Ciri-ciri Kucing Ragdoll


Mantel bulu kucing Ragdoll memiliki beberapa pola variasi berbeda di tengah masyarakat. Asosiasi hewan kucing hanya mengakui ras hewan peliharaan ini pada 4 pola mantel bulu, seperti bi-color, van, mitted dan point.

Ia memiliki tanda khusus yang mudah untuk dikenali, selain dari badannya yang besar dengan berat badan minimal 7 hingga 9 kg atau bisa lebih berat lagi.

Kelebihan lain yang terdapat pada mereka adalah warna mata kebiruan yang cenderung oval.

Proses induk kucing mengandung bayi kucing ragdoll dan melahirkan, mulanya bulu anakan masih polos warna putih. Menjelang masa dewasa, bagian mantel bulu mulai menunjukan perubahan ke warna lain yang cenderung makin gelap.

Cara Merawat Kucing Ragdoll


Cara merawat kucing ragdoll sebagai ras kucing ukuran besar membutuhkan kejelian karena mantel bulu mereka tidak terlalu panjang atau pendek. Umumnya peliharaan ini masuk dalam jenis kucing semi longhair yang mampu mandiri menjaga kebersihan badannya.

Ciri-ciri mereka yang mempunyai bentuk dada lebar dengan pangul cukup besar dan berat yang lebih dari rata-rata kucing yang lain, cara perawatan bulu mereka menjadi prioritas pertama selain memperhatikan pakan seimbang untuk kesehatan.

Kepribadian mereka yang sudah dikenal jenis kucing yang senang bermain, perilaku tenang dan jarang mengeong keras sehingga tidak merepotkan jika tinggal dalam lingkungan padat.

Perawatan mereka untuk harian dengan nutrisi berkualitas tinggi untuk mencegah mantel bulu tidak kusam dan rontok, yakni dengan mengatur pola makan diet sehat agar resiko Kegemukan hingga obesitas dapat dicegah.

Karakter umum kucing Ragdoll sebagai salah satu peliharaan cukup aktif, mereka memiliki sifat ramah dan mudah akrab terlibat permainan yang menyenangkan.

Memanfaatkan kelebihan yang dimiliki mereka, Anda bisa mengontrol berat badan dengan meluangkan waktu bermain dan mengajar trik lewat pelatihan tertentu.

Perawatan Anak Kucing

Mempersiapkan Rumah yang nyaman dan aman bagi hewan peliharaan sangat perlu dilakukan lebih awal sebelum membawa anak kucing ragdoll ke dalam rumah. Misalnya memeriksa peralatan yang bisa membahayakan karena sifatnya penasaran dan nakal, seperti jenis kabel listrik dan menyimpan benda yang mengandung zat cairan berbahaya dan barang mudah mudah di tempat yang lebih aman terkunci.

Anak kucing yang dibeli di pet shop atau peternak ketika pindah ke rumah baru, harus memperkenalkan anak kucing Anda ke semua hewan dan penghuni di rumah sebagai awal sosialisasi. Standarnya anak kucing tersebut akan berada di ruang terpisah dengan tidak mencampurkan langsung dengan hewan lain sekitar 2 minggu. Isolasi awal pada kandang tersebut berlaku setiap membawa anggota baru jenis kecil maupun sudah dewasa.

Umumnya hewan yang akan menjadi calon anggota baru mampu mendeteksi aroma yang berbeda dengan rumah pertama kalinya. Sehingga interaksi pertama pengenalan aroma di ruangan, selain memperkenalkan aroma anak kucing yang baru agar terbiasa dengan pendatang baru, sekaligus memberi pengalaman bagi anak kucing itu sendiri.


Karena anak kucing Anda akan berada di ruangan yang berbeda setidaknya selama dua minggu. Pastikan menyediakan sarana pendukung yang mudah di akses mereka selama dalam pengenalan, misalnya kotak untuk buang kotoran, ketersediaan makanan dan minuman secara konsisten dan jenis pendukung lain yang diperlukan.

Untuk memilih kotak kotoran dan kotak pasir, gunakan tips yang Anda dapat dari petshop atau peternak yang memberi rekomendasi jenis kotak pasir lebih besar, mengingat kucing Ragdolls memiliki ukuran lebih besar dari hewan rata-rata.

Peralatan dasar untuk kucing ragdoll


Tempat Makanan dan Mangkuk Air

Jika Anda ingin melanjutkan cara merawat kucing ragdoll seperti yang telah diterima mereka dari petshop atau peternak, maka ketepatan waktu dan jenis makanan yang digunakan harus sama seperti yang direkomendasikan atau menurut saran dokter hewan Anda. Jika Anda mengganti makanan mereka, harus melakukannya perlahan-lahan, seperti contoh, perubahan pakan makanan dilakukan bertahap sebagai pengenalan dan sosialisasi pada rasa, bentuk dan lain-lainnya agar tidak menyebabkan masalah pencernaan jika mereka tidak cocok.

Pilihan seperti mangkuk air juga penting. Anda tentunya menginginkan tempat makanan dan minuman mereka selalu baik dan tidak terbalik sehingga menyulitkan mereka saat mencari makanan dan minuman disaat Anda tidak di rumah. Gunakan dan pilih tempat yang stabil sehingga tidak mudah tumpah dan terbalik.

Mainan
Kandang

Kandang kucing diperlukan untuk istirahat atau berpergian. Ada 2 jenis kandang kucing yang bisa Anda pertimbangkan untuk dimiliki, yakni jenis permanen untuk dalam ruangan rumah dan jenis mobile yang menawarkan kemudahan, kepraktisan membawa kucing ragdoll pergi ke suatu tempat.

Tempat Tidur
Anda sudah membelikan tempat tidur yang nyaman untuk kucing ragdoll namun cara merawat kucing adalah menyertakan tambahan sejenis handuk kecil di bagian bawahnya atau membeli tempat tidur kucing bundar karena umumnya kucing suka tidur di tempat tidur bundar.

Vaksinasi

Cari tahu jadwal vaksinasi yang terdapat di kota Anda dengan berkunjung ke Puskeswan dan rumah sakit. Anak kucing dalam usia yang cukup akan memerlukan vaksinasi. Mintalah penjelasan jenis vaksinasi yang harus dilakukan kucing ragdoll Anda agar terhindar dari infeksi bakteri, kuman dan jamur.

Kucing Persia



Ras meong Persia termasuk hewan peliharaan yang cukup banyak dicari calon pemilik di dunia. Saking kepengen demikian besar dengan ras Persia, tak sedikit Cat lovers membeli mereka di luar negeri, bahkan kunjungan langsung di tempat peternak yang dipercaya agar ras kucing ini sama dengan ciri kucing Persia asli. 

Jika Anda salah satu pecinta kucing dan masih bingung ciri kucing Persia asli atau murni, tulisan berikut diharapkan menambah wawasan Anda tentang ras Persia.

Ciri umum Kucing Persia
Karakter fisik meong Persia memiliki tubuh ukuran sedang hingga besar dari beberapa ras kucing umum. Penyebab bentuk tubuh mereka nampak gembul, pengaruh mantel bulunya yang panjang dan lebat.

Bagian kepala hewan Persia terlihat besar membulat dengan ciri telinga mengecil disertai bentuk ekor relatif pendek. Keunikan sosok Persia dapat dikenali dari matanya bulat besar. Ia datang dengan bentuk hidung pendek dan pangkal leher yang pendek. 

Bagian kaki yang menjadi ciri umum dari Persia adalah kokoh berotot yang tak panjang seperti kucing umum. Bentuk kaki pendek dan kuat, maka telapak dan cakar mereka lebih besar membulat.

Ciri kucing Persia asli agak sulit dibedakan dari warna mantel bulu mereka. Ras ini bisa lahir dengan pola 7 warna yang dominan, seperti putih, biru, hitam, merah, krem, cokelat dan lilac. Warna lainnya dari 7 warna umum dari ras Persia, bisa muncul berbentuk kombinasi chinchila, perak, keemasan dan kebiruan.

Perbedaan yang terlihat pada warna mata mereka adalah kontras dengan warna mantel bulunya. Misalnya ciri kucing Persia asli warna mata biru tua hingga warna tembaga, rata-rata dimiliki Persia bulu putih.

Dari beberapa ciri yang disebutkan diatas, ciri kucing Persia pada mantel bulu berkisar 5-15 cm untuk kelompok longhair. Kelompok mantel bulu pendek lebih sering disebut exotic short.

Untuk memperoleh ciri lain dari ras meong Persia murni, disarankan berkonsultasi dengan peternak profesional yang sudah terdaftar dalam asosiasi hewan di Indonesia atau Internasional.

Berikut tanya jawab dengan Andrie, pemilik Manggala Cattery yang tergabung dengan ICA/FIFe dan CFA dan memiliki sertifikat ICA/FIFe dan CFA.
Hasil rangkuman tanya jawab akan menjelaskan beberapa informasi yang mungkin Anda perlukan.

Soal biaya adopsi tergantung kualitas dan jenis kelamin kucing yang diinginkan calon majikan. Rata-rata range harga jika membandingkan dengan cattery lain, tidak bisa disamakan karena banyak faktor pertimbangan.

Misalnya seperti apa kualitas induk, brand cattery dan hal lainnya. Untuk perkiraan secara rata-rata, jika kucing kategori non ped antara 4-7 juta. Jenis Ped kualitas masuk jajaran ke-2 pada kisaran 7-15 juta, dan terakhir kucing ras kelompok show yang mencapai harga minimal 15 juta ke atas.

Kucing asli kelas show bisa bertambah nilainya jika masuk golongan top show, minimal 40 jutaan.

Anda ingin tahu lebih banyak ciri kucing Persia asli lebih lengkap, bisa bertanya dengan staf dan petugas Manggalacat atau melihat langsung . Ada banyak prestasi yang diraih Manggala Cattery yang beralamat di Kayumanis Barat.

Jika ingin berkunjung langsung, disarankan membuat janji terlebih dahulu minimal 1 hari atau lebih agar kedatangan Anda tidak bentrok dengan kegiatan yang diikuti. Misalnya berada di luar lokasi mengikuti kontes kucing atau kegiatan lain.

Kucing Anggora



Cara merawat kucing Anggora cukup mudah Anda lakukan jika terbiasa memelihara mereka. Ras kucing cukup populer namanya ini, sudah banyak dipelihara masyarakat karena wajahnya lucu dengan mantel bulu halus. Beberapa daya tarik lainnya untuk pecinta hewan adalah warna matanya indah, trah ini selalu diminati seperti ras Persia.

Perilaku Kucing Anggora 

Kucing Anggora dikenal dengan karakter hewan penyayang dan manja kepada pemilik. Sifat yang menurut dan pintarnya mereka diakui pemilik yang merawatnya. Ia punya kecenderungan mencari pemilik dan orang yang merawatnya walau banyak anggota keluarga berkumpul.

Ikatan emosional antara kucing Anggora dengan pemilik berawal perlakuan yang baik dan di rawat dengan benar, mereka bisa merasakan sesuatu yang dirasakan pemilik. Anggora dapat merasakan kebahagiaan dan kesedihan Anda.

Untuk mengadopsi kucing Anggora asli ini, memerlukan biaya yang cukup mahal bagi sebagian masyarakat. Ras kucing murni yang lebih banyak dipelihara peternak, umumnya masyarakat biasa yang menyukai mereka sebagai hobi merawat hewan mencari alternatif lain seperti ras mixdome.

Ras mixdome kucing Persia cukup banyak dan diminati cat lovers. Jenis ini biasanya hasil persilangan Persia atau Anggora dengan kucing lokal yang sehat. Tulisan ini bisa membantu Anda mengetahui ras kucing mixdome.

Jika sudah adopsi kucing tersebut, ada 9 cara merawat kucing Anggora supaya tetap sehat yang perlu Anda ketahui. Kesehatan ras hewan ini secara tidak langsung akan membuat mantel bulu mereka indah, tidak kusut dan tidak mudah rontok.


Tip Cara Merawat Kucing Anggora 

Tip cara merawat kucing Anggora adalah waktu yang diluangkan untuk mereka dan biaya tambahan untuk beberapa perawatan lain. Kucing yang punya mantel bulu panjang dan lebat seperti mereka, perawatannya harus konsisten dan cara merawat kucing anggora kecil berbeda dengan usia dewasa.

1. Menyediakan kandang


Kandang merupakan rumah untuk mereka seperti manusia tinggal dalam rumah. Untuk menjaga suasana kandang nyaman bagi mereka, pilih ukuran kandang sesuai dengan panjang tubuhnya sehingga mudah bergerak tanpa terhalang.

Banyak variasi dan jenis kandang untuk kucing yang mudah dilihat di pet shop atau toko khusus kebutuhan hewan.

Beberapa pertimbangan lain sebelum membeli kandang untuk kucing, selain mencari tempat yang luas agar nyaman di tinggali, gunakan kandang lain jika Anda merawat kucing Anggora lebih dari 1 ekor.

Kandang kucing Anggora yang nyaman biasanya dilengkapi sarana pendukung lain. Misalnya tempat untuk meletakkan tempat makan dan minuman, tempat penampung pup dan urin dan faktor lainnya adalah mudah di bersihkan setiap hari.

4 Cara Memilih Kandang Kucing yang Baik

  1. Memperhatikan ruangan kandang
  2. Menggunakan bahan yang kuat, kokoh dan ramah bagi hewan
  3. Proses membersihkan kandang sangat mudah
  4. Desain kandang sesuai dengan estetika


Sarana lain diperlukan Anda agar mereka nyaman dan tidak menganggu anggota keluarga yang lain. Misalnya perlengkapan pasir khusus kucing yang dipakai dalam tempat penampung pup. Pasir khusus kucing memiliki fungsi mencegah aroma bau dan membuat kotoran pup menggumpal saat digunakan.

Produsen pasir kucing cukup beragam menawarkan manfaat tambahan untuk pemiliknya. Beberapa jenis pasir tersebut yang dirancang ramah untuk hewan, waktu pemakaian juga bervariasi sesuai dengan merek tertentu.

2. Menyediakan mainan

Kucing Anggora ras hewan yang senang bermain, mereka terkadang bermain dengan Anda, kucing lain atau bermain sendiri dengan mainan yang tepat.

Untuk mendapatkan jenis mainan yang menyenangkan, Anda bisa mencari model yang cocok untuk kucing Anggora.

3. Menyediakan makanan berkualitas

Kebutuhan dasar seperti makanan adalah pakan yang penting untuk ras Anggora. Dari makanan yang mereka terima tersebut, kesehatan tubuhnya dapat terjaga dengan baik sehingga mantel bulu selalu indah.

Umumnya ras Anggora agak pemilih terhadap makanan karena termasuk ras bulu medium. Pemilik yang memberi makanan sembarangan untuk mereka tanpa memperhatikan nutrisi, dapat membuat mereka sakit dan mengalami diare hingga sakit perut.

4. Gunakan tempat khusus menyimpan makanan

Urusan menyimpan pakan makanan kucing masih sering sembarangan dilakukan pemilik hewan. Informasi yang kurang benar dalam menyimpan makanan yang masih ada disebabkan ketidaktahuan sehingga meletakkan di tempat yang benar.

Kondisi ini membuat kualitas makanan kucing menurun dan tidak menutup kemungkinan mengundang hewan lain seperti lalat menghinggapinya.

Umumnya makanan kucing jenis kering di simpan di tempat seperti toples untuk menjaga kerenyahan dan tekstur bahan makanan. Alternatif lain menggunakan tempat sejenis yang kedap udara.

Makanan kucing jenis basah mempunyai proses penyimpanan berbeda. Biasanya ditempatkan pada tempat khusus kedap udara kemudian di simpan di dalam kulkas.

Kedua jenis makanan kucing tersebut disarankan tidak terkena sinar matahari secara langsung.

5. Memandikan kucing Anggora

Kucing Anggora identik dengan bulu panjang dan lebat. Aktivitas harian mereka saat bermain di dalam ruangan atau di luar ruangan dapat memicu keringat dan bulu kusut.

Kondisi tertentu kucing Anggora perlu dimandikan jika sangat kotor.

Bulu kucing Anggora yang tidak terawat selain mengumpal dan membuat kusut, tidak jarang bisa membuat bulu lebih mudah rontok.

Jadwal memandikan kucing perlu pertimbangan usia, aktivitas, riwayat kesehatan mereka. Jika Anda belum tahu kapan waktu tepat memandikan kucing tersebut, bisa meminta bantuan penyayang hewan lain untuk menilai kapan waktu yang baik.

Cara memandikan kucing yang baik adalah mempersiapkan perlengkapan pendukung yang akan digunakan, misalnya shampo untuk kucing tidak boleh memakai sampo manusia. Sumber

Kucing yang bersih tidak perlu dimandikan setiap hari karena dapat menghilangan minyak alami mereka. Untuk membersihkan kucing Anggora yang tidak terlalu kotor dan bau, alternatifnya memakai tisu khusus untuk hewan yang biasanya dipakai dengan cara mengusap di bagian badan atau tempat tertentu.

6. Jadwalkan vaksinasi

Vaksinasi untuk kucing Anggora hal yang perlu Anda siapkan jika belum pernah di vaksinasi. Kucing yang mendapat vaksinasi lengkap memberi manfaat kesehatan secara langsung untuk hewan dan anggota keluarga Anda dari penyakit menular yang timbul dari hewan.

Untuk pemberian vaksinasi lengkap terhadap kucing, konsultasikan dengan dokter hewan.

Beberapa jenis vaksinasi lengkap untuk kucing, seperti:
  1. rabies
  2. Feline Viral Rhinotracheitis, Calicivirus, dan Panleukopenia (FVRCP)
  3. Feline Immunodeficiency Virus dan beberapa vaksinasi yang disarankan dokter hewan.

7. Bermain dengan kucing Anggora
hewan peliharaan memerlukan interaksi dengan pemilik dengan bermain
(Sumber: puyihealth.com)

Bermain dengan kucing Anggora menjadi acara menyenangkan pemiliknya.  Anda dan anggota keluarga dapat bergantian bermain dengan mereka, jika salah satu sedang sibuk.

Sementara itu kegiatan bermain bagi kucing dinilai bermanfaat untuk berolahraga secara tidak langsung.

Kucing Anggora salah satu ras hewan yang jarang bergerak jika tidak ditemani sehingga cenderung pasif untuk tidur sepanjang hari.

8. Mendidik kucing dengan latihan

Melatih hewan peliharaan sejak dini sangat baik untuk pemiliknya. Kucing yang Anda adopsi usia kecil ketika mendapat latihan dasar seperti membuang pup, urin dan latihan lain tidak merepotkan Anda saat mereka dewasa.

9. Memberikan obat cacing

Penyakit menular dapat terjadi ke kucing Anda melalui berbagai cara yang sering tak terduga. Kontak langsung dengan hewan penderita penyakit saat berkelahi atau bermain di luar lingkungan, beberapa sarana lain seperti air dan tanah yang terkontaminasi bibit penyakit.

Misalnya kucing cacingan ketika mereka bermain di luar dengan tanah yang kurang bersih untuknya. Kucing yang cacingan akan sulit bertumbuh normal dan cenderung lebih kurus dibandingkan kucing rata-rata.

Cara merawat kucing Anggora tetap sehat dan tampilan mantel bulu selalu indah pada awalnya terlihat sulit dilakukan. Seiring berjalannya waktu dengan membiasakan diri melakukan perawatan untuk hewan peliharaan justru memberikan pengalaman menyenangkan untuk pemiliknya.

Kucing Munchkin



Ras Munchkin hewan kucing dengan ciri khusus di bagian kaki lebih pendek dibanding kucing umumnya, salah satu dari khas kucing terbentuk karena genetika alamiah.


Sejarah munculnya kucing Munchkin yang dibudidayakan pada tahun 1980 an, Amerika Serikat. Mereka mendapat julukan kucing dengan kaki terpendek di dunia. Menurut beberapa dugaan tentang genetik kucing kaki pendek ini masih ada ada kaitan dengan ras bambino dan hewan berkaki pendek lainnya.

Perilaku Kucing Munchkin

Dikenal hewan yang senang bermain, Munchkin jenis kucing yang mudah beradaptasi pada lingkungannya, selain ramah dengan sesama kucing ras lain, ia juga ramah dengan manusia.

Perilaku hewan ini punya ciri khas saat duduk,  sama seperti kelinci duduk. Tidak sedikit juga sebagian pecinta kucing setelah melihat mereka, menilai bentuk punggung mereka seolah membungkuk.

Bentuk tubuh kucing Munchkin seolah bungkuk, ada benarnya karena perbedaan panjang kaki belakang dengan kaki depan.

Jenis kucing Munchkin

kucing Munchkin terbagi dua jenis yang mudah Dikenali, jenis bulu panjang dan pendek selain ciri di bagian kakinya pendek, ia muncul dari persilangan laperm, Ras minskin dengan ras lain seperti trah napoleon dan genetta.

Dalam catatan sejarah tentang kucing Munchkin, mereka sudah tercatat pada tahun 1944 sebagai ras kucing kaki pendek yang hidup di alam liar, Inggris.

Meski bentuk kaki mereka pendek dari ras kucing lain, pergerakan kucing Munchkin sudah lincah seperti mustang pada saat itu. Masuk perang dunia II, nama hewan ini mulai menghilang dari pengamatan penyayang kucing.

Umumnya, kucing ras kaki pendek akibat terjadinya gangguan kesehatan pada tulang punggung, namun anggapan tersebut tidak sama pada kucing Munchkin.

Menurut ahli genetik dari TICA, Dr. Solvelg Pflueger yang menilai keunikan kaki kucing Munchkin tersebut, mereka mengalami mutasi gen autosom dominant, setelah 7 tahun diteliti tanpa ditemukan gangguan di tulang belakang mereka.

Cara Merawat Kucing Munchkin 

Cara perawatan pada kucing Munchkin sedikitnya ada 5 tip yang perlu Anda ketahui supaya mereka tetap sehat dan lucu. Selain mengadopsi mereka masih cukup mahal, harga adopsi kucing betina usia 3 bulan saja, sekitar 6 hingga 7 jutaan per ekornya, sehingga harus dirawat secara konsisten setiap Harinya.

1. Melengkapi kebutuhan dasar
2. Mencukupkan kalori dan nutrisi
3. Menggunakan makanan khusus kucing
4. Menjaga kebersihan mereka dengan memandikan teratur
5. Jadwalkan pemeriksaan kesehatan dan vaksinasi lengkap

Melengkapi kebutuhan dasar

Kebutuhan dasar memelihara kukucing Munchkin cukup banyak dibanding dengan kucing domestik. Ras kucing rumahan ini memerlukan sarana pendukung seperti tempat makan, tempat minum, litter box, wadah penampung kotoran, pasir khusus kucing sampai ke vitamin.

Mencukupkan kalori dan nutrisi 

Setelah sarana pendukung tersedia, cara merawat kucing Munchkin yang lain adalah kemampuan pemiliknya menyediakan kalori, gizi dan vitamin untuk mereka.

Cara merawat kucing murni tidak boleh sembarangan agar mereka tetap sehat dan lucu. Untuk mendapat jumlah kebutuhan yang tepat untuk Munchkin, disarankan berkonsultasi dengan dokter hewan agar kalori dan nutrisi mereka tepat.

Menggunakan makanan khusus kucing


Pakan hewan memiliki pengaruh besar terhadap kesehatan dan keindahan bulu kucing. Misalnya usia anak kucing Munchkin akan mendapat makanan yang tidak sama dengan dewasa.

Selain itu makanan kucing Munchkin disarankan pakan khusus kucing, makanan jenis ini sudah diformulasi tepat untuk kebutuhan hewan tersebut.

Menjaga kebersihan mereka dengan memandikan teratur 

Memandikan kucing Munchkin salah satu bagian menjaga kesehatan kulit dan bulu tetap sehat. Meski mereka hewan yang dapat menjaga kebersihan badan, pada waktu tertentu perlu juga di andaikan.

Jadwalkan pemeriksaan kesehatan dan vaksinasi lengkap

Merawat kucing dan hewan peliharaan Lain, maka vaksinasi menjadi hal wajib diberikan kepada mereka. Dengan vaksinasi lengkap dan pemeriksaan kesehatan yerjadwal, membuat Anda dan Anggota keluarga juga lebih nyaman bersosialisasi dengan mereka.

Dari kelima Karakter kucing yang sudah disebutkan tadi selain Jinak dan Ramah, masih ada 5 ras kucing populer yang sering jadi peliharaan manusia. Diantaranya Kucing Rusian Blue, Kucing Bengal, Kucing Siam, Kucing Himalaya, dan Kucing domestik, lokal hingga mixdome.

Penasaran dengan profil dan cara merawat kucing yang benar agar mereka selalu sehat dan bebas masalah bulu kusam serta rontok. Simak tulisan penulis dunia hewan berikut ini.

LihatTutupKomentar