Cara Merawat Anjing Bichon Havanais

Dok Dok. Pixabay/jellypet

 Ras Bichon Havanais berasal dari Mediterania yang kemudian berkembang biak dan makin terkenal di Kuba setelah masuk melalui kapal dagang di jaman yang lampau. Jenis anjing kecil yang mendapat julukan Bichon Habanero atau Bichon Havanese punya bulu yang halus dan unik dari hewan lain.

Selain mantel bulu mereka terkenal halus yang tampak bergelombang. Bulu mereka terdiri 2 lapisan ganda. Warna bulu yang paling dominan terlihat pada mereka yakni putih, krem, cokelat dan keabu-abuan.

Di Kuba ras anjing Havanese demikian mereka dipanggil disana telah menjadi icon anjing nasional Kuba dan telah menjadi teman baik masyarakat setempat.

Sifatnya yang lucu dan memiliki kecerdasan belajar pengalaman baru membuat mereka terkenal sebagai hewan senang bermain.

Anjing Bichon Havanais memiliki ukuran bulu yang panjang meski bobot mereka kecil sehingga butuh perhatian ekstra bagi calon adopter jika ingin merawatnya.

Bulu anjing Bichon Havanais yang tidak terawat dengan baik dan di jaga dari masalah kotoran, bisa menyebabkan bulu mudah kusut dan akhirnya menganggu indera penglihatan mereka jika demikian panjang.

Cara merawat anjing Bichon Havanais


Cara perawatan harian ras anjing Havanese dimulai dengan pemilihan makanan berkualitas sesuai ukuran anjing kecil. Untuk mendapatkan jenis makanan yang tepat bagi hewan peliharaan Anda jika tidak tersedia di Pet Shop terdekat, konsultasikan terlebih dahulu dengan peternak spesialis ras Havanese atau ke dokter hewan terdekat.

Pemberian makanan untuk hewan peliharaan mempertimbangkan beberapa faktor seperti usia mereka masih anak, sudah dewasa atau senior sehingga bisa memenuhi kebutuhan nutrisi mereka.

Cara memberi makan anjing Bichon Havanais


Pengaruh usia hewan peliharaan menentukan seberapa banyak asupan yang bisa diterima mereka dalam konsumsi harian. Ras anjing ukuran kecil tersebut pada umumnya lebih membutuhkan jadwal makan yang lebih sering ketika berumur kecil dan menjadi agak berkurang setelah masuk usia dewasa.

Untuk mendapat jadwal dan takaran makanan yang sesuai, Anda bisa bertanya ke peternak profesional atau dokter hewan terdekat.

Beberapa persiapan memberi makan menurut usia mereka dan jumlah konsumsi dalam sehari, misalnya sebagai berikut:
  • Anak anjing usia 8-12 minggu minimal mendapat makanan 4 kali dalam 1 hari
  • Usia 3-6 bulan, jadwal pemberian makanan berkurang menjadi 3 kali dalam 1 hari
  • Setelah 6 bulan - 1 tahun biasanya mereka mendapat makan 2 kali setiap hari
  • Untuk anjing lebih dari 1 tahun rata-rata 1 kali dalam sehari.

Pedoman terpenting untuk hewan peliharaan pada ras Bichon Havanais adalah kecukupan nutrisi yang diperoleh mereka melalui makanan yang didapatkan.

Beberapa sarana pendukung lain untuk membantu proses mengonsumsi makanan lebih mudah, siapkan akses air minum yang mudah dijangkau mereka dan memilih wadah tempat makanan yang sesuai, seperti dari bahan baja atau keramik agar tidak mudah tumpah.

Cara merawat bulu anjing Bichon Havanais


Bulu anjing Bichon Havanais cukup panjang dan perlu perawatan yang lebih khusus dibandingkan anjing bulu pendek. Keunggulan dari mereka sebagai ras anjing bulu panjang yang jarang rontok namun resiko kotor dan kusut akan semakin sering terjadi.

Cara merawat bulu anjing Bichon Havanais dengan menyisir dan menyikat secara konsisten. Jika mereka perlu dimandikan karena menjaga aroma wangi tubuh mereka, siapkan peralatan pendukung seperti sampo khusus anjing sesuai kebutuhan.

Cara bermain dan komunikasi dengan anjing Bichon Havanais


Anjing Havanese termasuk hewan peliharaan yang tidak terlalu banyak energi yang dimiliki sehingga waktu olahraga, bermain dan aktivitas sejenisnya tidak terlalu tinggi.

Related Posts

Subscribe Our Newsletter