Cara Membangun Kepercayaan Anjing yang Penakut

Dok pixabay/Brett_Hondow 

 Perilaku hewan peliharaan bisa timbul tanpa terduga jika tidak mendapat latihan yang seharusnya mereka peroleh sejak usia anakan sehingga muncul karakter yang penakut. 

Jika Anda pemilik hewan peliharaan anjing yang memiliki perasaan takut pada segala hal, mungkin begitu sulit dipahami majikan. 

Watak anjing yang secara alamiah mewariskan insting naluri bertahan hidup terhadap alam liar, bisa kita katakan suatu kemunduran dari cara hidup mereka di masa sebelumnya.

Pengetahuan yang terus berkembang pesat dalam dunia hewan cara melatih anjing menjadikan sifat anjing masih takut terhadap segala sesuatu hal tidak lumrah. Sifat anjing yang penakut tidak sekedar menganggu kesehatan mental mereka sendiri namun berpengaruh juga untuk pemilik yang mungkin merasa bingung dan stres.

Cara Membangun Kepercayaan Anjing yang Penakut


Ciri dan tanda anjing penakut


Untuk memahami perilaku anjing yang dipelihara berubah menjadi anjing penakut terhadap segala hal adalah mengenali moment yang membuat situasi mereka merasa ketakutan sehingga bisa mendorong rasa percaya diri.

Beberapa ciri dan tanda anjing penakut yang sebagian bisa di persepsikan bentuk agresi pada suatu obyek, diantaranya:
  • mulut memperlihatkan gigi dengan pola bibir melipat
  • gemetar
  • bentuk badan melengkung dengan posisi kepala menunduk
  • telinga merunduk ke belakang
  • ekor terselip di kedua kaki belakang
  • mengeluarkan suara geraman
  • bulu leher naik

Bahasa tubuh anjing yang terlihat ketakutan, diantaranya:
  • gerakan menjadi lambat dan penuh pertimbangan
  • tampak ragu-ragu
  • memilih bentuk tubuh terdiam pada satu pola
  • bibit akan dijilati mereka berulang
  • sikap menguap dalam waktu lama
  • menjauh dari penyebab yang membuat mereka takur
  • menjulurkan lidah berlebihan

Cara membangun kepercayaan anjing yang penakut


Perilaku anjing yang penakut pada anjing lain


Insting dan naluri hewan anjing sebagian besar makhluk sosial yang suka bergaul dan bergabung dalam kelompok anjing lainnya. 

Ketika ada anjing yang begitu ketakutan dengan anjing lain. Faktor yang cukup berpengaruh sebagai indikasi tersebut karena mereka kurang memperoleh sosialisasi saat masih usia anak atau masih tahap pengenalan awal. 

Perilaku anjing yang penakut terhadap segala sesuatu bisa terjadi pada anjing dewasa yang Anda adopsi sebagai anjing baru. Biasanya sifat seperti ini muncul dari anjing yang diselamatkan dari tempat penampungan hewan terlantar.

Untuk membangun kepercayaan anjing penakut tersebut, caranya dengan memberi pelatihan sosial bertahap. Waktu yang dibutuhkan untuk mereka bersosialisasi bisa memerlukan waktu yang lama sehingga tidak harus terburu-buru.

Cara membangun kepercayaan diri anjing yang penakut ini dengan mencarikan mereka teman sejenis yang bersifat tenang. 

Lakukan interaksi mengajak mereka berjalan-jalan bersama secara singkat setiap hari hingga muncul keinginan mereka bermain dan bersosialisasi dengan anjing lain.

Perilaku anjing yang penakut pada manusia


Perilaku penakut dari anjing bisa muncul terhadap manusia yang umum terjadi pada hewan terlantar yang diselamatkan tempat penampungan hewan terlantar dan mendapat keluarga baru menyayangi mereka.

Anjing bisa menjadi penakut jika belum pernah bertemu dengan banyak manusia sebelumnya atau karena pengalaman buruk mereka sebelumnya bertemu orang jahat dengan mereka.

Sifat anjing yang penakut pada manusia bisa juga timbul dari karakteristik tertentu yang membuat anjing tidak suka. Misalnya pengalaman sebelumnya mereka traumatis pada sosok pemakai topi warna tertentu.

Cara membangkitkan rasa percaya diri anjing penakut terhadap manusia bisa dengan mengajak orang yang Anda kenal dengan ciri hampir sama membuat mereka takut.

Caranya, sosok karakteristik tertentu berdiri dalam jarak yang cukup jauh. Dalam hitungan menit secara berkala, sosok tersebut diminta bergerak datang ke posisi Anda secara bertahap.
Lakukan pelatihan pengenalan sosialisasi untuk anjing dengan memperhatikan perilaku mereka.

Tanda anjing yang mulai menunjukkan sikap gelisah menandakan mereka merasa terancam. Lakukan desensitisasi dan pengkondisian terbalik dengan memberikan mereka camilan favorit sebagai hadiah menenangkan.

Beri pelatihan yang mirip dengan metode yang sama, sampai mencapai jarak semakin dekat hingga mereka terbangun rasa percaya diri.

Cara meningkatkan rasa percaya diri anjing dengan majikan


Dalam suatu kondisi tertentu, mungkin saja majikan menemui sifat anjing yang demikian takut, bahkan kepada majikan sendiri. Membangun rasa kepercayaan diri anjing kepada majikan sangat penting dan perlu sesegera mungkin karena mereka tinggal bersama dengan Anda.

Perilaku anjing peliharaan yang merasa takut pada pemilik yang merawat mereka bisa menimbulkan resiko seperti terluka karena mereka menggigit. Untuk perilaku anjing yang dinilai sangat agresif, ada baiknya Anda mencari bantuan pelatih profesional yang ahli melatih perilaku hewan.

Cara membangun rasa aman anjing penakut dengan majikan

Sifat anjing penakut terhadap majikan jarang terjadi namun bukan berarti tidak ada sama sekali. 

Cara membangun rasa aman dari dalam diri anjing tersebut terhadap majikan adalah memberi kesempatan mereka bisa antisipasi gerakan yang akan muncul supaya tidak kaget.

Caranya bergerak dengan gerakan perlahan untuk menunjukkan tanda Anda ingin bangun atau bergerak. Bisa dengan sinyal tangan atau berbicara terlebih dahulu dengan mereka sebelum Anda bergerak atau bangun.

Catatan kecil cara membangun hubungan yang baik dengan anjing penakut adalah menghindari kontak mata secara langsung jika mereka belum akrab dengan Anda.

Kontak mata yang dilakukan sosok lain untuk mereka dianggap sebagai bentuk ancaman mereka. Tips pelatihan membangun komunikasi dengan anjing penakut bisa dengan menggunakan posisi berlutut saat mendekati mereka.

Saat anjing memperlihatkan tanda berdamai dan mulai membangun komunikasi dengan Anda, beri mereka camilan atau hadiah untuk penguatan yang positif. 

Usahakan setiap bicara dengan anjing penakut tidak menggunakan teriakan atau nada tinggi karena hanya membuat mereka menjadi cemas kembali.

Menggunakan permainan kecil

Untuk membangun rasa percaya diri anjing penakut yang Ada pelihara, gunakan pelatihan bersifat bermain. Misalnya meletakan sebuah piring di depan Anda dengan anjing. Taruk camilan di atas piring, lalu Anda mundur untuk memberi mereka kesempatan mengambil makanan.

Lakukan metode pelatihan membangun rasa percaya diri mereka tanpa menyentuh mereka hingga timbul kepercayaan yang cukup, mereka akan menghampiri Anda secara langsung.

Related Posts

Subscribe Our Newsletter