Anjing Peliharaan Tidur dengan Mata Terbuka, Apakah Normal?

Dok  unsplash.com

Perilaku dan kebiasaan hewan peliharaan menarik dan mengundang banyak pertanyaan pemilik saat ada sesuatu yang tidak bisa berlangsung. Jika Anda menemani dan ditemani hewan peliharaan seperti anjing saat akan tidur. Mungkin Anda pernah menemukan anjing peliharaan tersebut telah tidur dengan nyaman namun bagian kelopak mata mereka tetap terbuka.

Terbukanya kelopak mata anjing saat tidur mengundang perilaku yang bisa diamati majikan, seperti beberapa dari mereka mungkin menggerakan mata seperti bermimpi atau kelainan saraf.

Sama halnya kebiasaan saya merawat dan memelihara hewan peliharaan. Perilaku menyenangkan mengamati kucing dan anjing ketika sedang makan, bermain, olahraga hingga sedang tidur menimbulkan kepuasan dan kebanggaan tersendiri.

Ada suatu perasaan menenangkan hadir dalam hati melihat anjing sedang tidur berbaring seolah menjaga majikan setiap waktu.

Perilaku anjing tidur dengan mata terbuka mungkin mengundang banyak pertanyaan, apakah hal tersebut normal?

Sebelum kita mengambil kesimpulan terlalu cepat, ada baiknya mengetahui beberapa alasan dan penyebab anjing tidur bisa dengan mata terbuka.

Fungsi mata pada makhluk hidup


Salah satu fungsi mata pada makhluk hidup adalah memberi manfaat yang besar untuk indera penglihatan mengenali situasi dan lingkungan. Mata pada anjing sama pentingnya dengan indera lain seperti hidung dan organ lain untuk mengenali perbedaan hewan berbahaya untuk dirinya ataupun mangsa bagi dirinya, saat mereka masih hidup di alam liar.

Domestikasi anjing yang turun temurun sehingga mengalami beberapa perubahan besar dalam perilaku dan genetik mereka, mata untuk hewan peliharaan lebih dominan di jaga dan tetap penting terlindung dari debu dan kotoran. Perilaku mereka melindungi mata dari benda asing dengan berkedip dan mengeluarkan air mata menjaga mata terbebas dari rasa kering.

Kelopak mata pada anjing terdiri 3 bagian yang saling mendukung. 3 bagian komponen tersebut diantaranya membran penglihatan (nictitating membrane) selaput berwarna kemerahan muda sebagai penutup mata saat mereka tidur.

Fungsi selaput ini menjaga bola mata mereka tetap lembab dengan fungsi ganda membersihkan kotoran yang menempel di area mata. 

Membran selaput yang terdapat pada mata anjing tidak bisa dikontrol seperti yang dilakukan manusia sehingga disebut pasif. 

Anjing yang tidur dengan kelopak mata terbuka bisa disebut normal saat mereka terbangun dari tidur maka selaput membran bisa kembali ke sudut semula. Jika anjing tidak mampu melakukan hal ini, ada baiknya memeriksakan mereka ke dokter hewan terdekat untuk dilihat kemungkinan cedera yang berlangsung atau saraf yang tidak normal.

Anjing Peliharaan Tidur dengan Mata Terbuka, Apakah Normal?


Faktor penyebab kelopak mata anjing terbuka


Faktor penyebab kelopak mata anjing terbuka saat tidur memiliki banyak kaitan yang bisa terjadi pada masing-masing hewan peliharaan.

Anjing yang sedang tidur bisa terlihat dengan mata terbuka seolah belum tidur karena hal berikut ini:

Mimpi

Anjing bisa mengalami mimpi saat mereka sedang tidur sehingga Anda melihat kelopak mata terbuka. Beberapa ciri yang menjadi tanda anjing bermimpi diantaranya kaki mereka sering melakukan kedutan organ tubuh kaki dan lainnya. 

Cara yang sederhana mengetahui anjing Anda sedang bermimpi atau mendapat masalah penyakit saat kelopak mata terbuka. Anjing yang sedang bermimpi saat nama mereka dipanggil majikan agak segera membuka mata penuh atau sedikit malas.

Sementara anjing sedang sakit yang menunjukkan perilaku mata terbuka saat sedang tidur, kemungkinan saat dipanggil nama mereka akan memberi sinyal mengerang, melolong atau menunjukkan suara sedang sakit.

Naluri alamiah

Domestikasi anjing yang berasal dari lingkungan bebas pada jaman sebelumnya sebagai hewan peliharaan masih menyisakan naluri alamiah mereka turun temurun.

Anjing liar yang hidup di alam bebas sering tidur dengan kelopak mata terbuka karena menyadari lingkungan sekitar mereka rentan diserang hewan lain. 

Beberapa ras anjing sebagian mengalami evolusi perilaku dengan kebiasaan baru, tidur dengan kelopak mata tertutup dan beberapa dari ras tertentu mungkin tidak bisa melakukan hal yang sama.

Sementara faktor pengaruh lain anjing cenderung tidur dengan mata terbuka bisa dari ukuran tubuh, usia atau bentuk tubuh.

Anjing yang memiliki riwayat brachycephalic saat dikembangbiakkan peternak secara spesifik agar berwajah datar yang berlebihan memiliki kecenderungan besar sulit menutup kelopak mata.

Penyebab anjing berwajah datar yang tidak normal lebih sulit menutup selaput membran mata karena bentuk tengkorak menjadi lebih menonjol sehingga jauh dari rongga dan kelopak.

Beberapa penyebab anjing tidur dengan mata terbuka memiliki resiko:
memiliki riwayat narkolpesi dan epilepsi. Narkolepsi terjadi akibat kelainan saraf pada ras anjing tertentu menjadi tertidur disaat yang tidak tepat seperti sedang berlari, bermain, dan olahraga.

Secara umum narkolepsi hewan peliharaan karena kelainan bawaan genetik di saraf otak mereka khususnya yang memiliki kemampuan mengontrol tidur. Beberapa ras yang sering terlihat melakukan perilaku seperti ini, diantaranya Doberman Pinscher, Poodle, Dachshunds, dan Labradors. Untuk mengetahui kesehatan ras anjing tertentu ada baiknya memeriksakan mereka ke dokter hewan.

Epilepsi memiliki kemiripan pada manusia. Anjing bisa menjadi kejang dengan gerakan otot yang tidak terkontrol.

Perilaku lain anjing memiliki kecenderungan epilepsi ketika mereka terlihat gemetar, air liur keluar berlebihan, tidur di lantai dengan fokus mata kosong, tidak memberi respons normal dengan suara dan sentuhan.

Perlukah khawatir pada anjing tidur dengan mata terbuka?


Ada banyak alasan membuat hewan peliharaan anjing bisa tidur dengan mata terbuka. Secara umum anjing yang tidak memiliki riwayat kesehatan dan perubahan perilaku tidak perlu di khawatirkan majikan.

Jika anjing tidur dengan mata terbuka sebaiknya diperiksa ke dokter hewan jika mereka sering teratur tidur dengan kebiasaan mata terbuka dengan ciri mata seperti kering, gatal, mengeluarkan air mata berlebihan, melolong atau sakit.

Catatan kecil membangunkan anjing tidur

Untuk memastikan anjing yang tidur dengan mata terbuka merupakan wujud mereka bermimpi atau naluri alamiah yang wajar adalah memanggil nama mereka dengan lembut. Sebaiknya memilih jarak beberapa meter dengan memanggil mereka, bukan dengan sentuhan langsung jika belum mengenal perilaku mereka seutuhnya.

Anjing yang terbangun dari tidur bisa mengalami disorientasi selama beberapa detik saat terbangun sehingga bisa salah menilai dengan sentuhan secara tiba-tiba ketika tidur bentuk agresi predator.

Related Posts

Subscribe Our Newsletter