10 Ras Kucing Domestikasi Sebagai Hewan Pelihara


 Kekuatan dan kelincahan harimau mengundang decak kagum dalam hati manusia dan mungkin saja membuat Anda mengagumi mereka. Sebagai hewan yang kuat ditambah nilai eksotis dan kemandirian, mereka sebagai makhluk yang bisa memberi inspirasi.

Sebagian pecinta kucing mungkin mendapat inspirasi untuk merawat kucing lebih aman dibanding memelihara kucing besar. Yang akhirnya ada banyak ras kucing menghuni rumah mereka.

Sekitar 10 ras kucing domestikasi sebagai hewan pelihara yang populer dan mungkin salah satunya adalah spesies idaman Anda.

10 Ras Kucing Domestikasi Sebagai Hewan Pelihara 


1. Maine Coon

Kucing Maine Coon salah satu ras kucing yang bertubuh besar dengan ukuran proposional. Ciri khas bulu mereka yang lebat dan panjang semakin menambah kesan kuat dan kokoh.

Domestikasi kucing Maine Coon mempunyai ciri fisik umum, seperti bentuk cakar yang besar dan bulat, bulu yang panjang halus, ukuran ekor yang panjang dengan pola warna umum cokelat, hitam, merah dan campuran warna lain.

2. Ragdoll

Kucing Ragdoll salah satu spesies hewan domestikasi yang sangat jinak dan ramah pada manusia. Sifat yang paling menggemaskan adalah watak mereka ingin digendong dan dimomong Anda. 

Ciri yang umum dari kucing Ragdoll adalah bagian kepala yang besar dengan pola moncong bulat. Jika Anda mengelus bulu mereka akan terasa halus. 

3. Kucing hutan Norwegia

Kucing hutan Norwegia salah satu ras kucing ukuran tubuh yang cukup besar karena habitat alamiah berasal dari alam liar. 

Domestikasi peternak kucing melakukan persilangan dengan kucing domestik, perlahan mulai berkembang biak dengan insting mirip seperti induk awal. Ciri umum yang terdapat pada kucing hutan Norwegia yang berasal dari domestikasi adalah tubuh yang kokoh dan berotot. 

4. Kucing Persia

Sulit melewatkan kucing Persia sebagai spesies hewan domestikasi karena mereka demikian populer di mata cat lovers. Mereka sudah terkenal dengan wajah yang bulat dan ciri khas hidung pesek.

5. Chausie

Chausie terkenal sebagai kucing yang ada sejak jaman Mesir Kuno dengan panggilan felis chaus. Mereka termasuk hewan yang berukuran besar dan sangat aktif juga terkenal dengan kecerdasan diatas rata-rata dengan kucing lain.

6. Siberia

Domestikasi ras kucing Siberia menurunkan generasi anak kucing berukuran tubuh besar, kokoh dan cerdas. Kehidupan nenek moyang kucing Siberia yang berkembang biak dan bertahan hidup di iklim yang cukup ekstrim, terkenal dengan suhu panas dan dingin yang cukup keras.

7. Savannah

Domestikasi kucing Savannah yang semula dari alam liar, kini banyak peternak dunia melakukan persilangan kucing domestik dengan serval. Serval adalah kucing liar berasal dari Afrika yang memiliki ukuran sedang dengan ciri telinga yang besar.

Kemiripan kucing Savannah dengan macan tutul membuat mereka tampil eksotis dan kuat. Sebagian besar domestikasi Savannah harus disertai dokumen dan syarat yang harus dipenuhi calon adopter karena generasi F1 hingga F2 masih meneruskan gen dominan serval Afrika.

8. Bobtail Amerika

Sekilas wajah Bobtail Amerika punya kemiripan dengan kucing ras tertentu. Bobtail Amerika punya ekor yang pendek namun badan yang gemuk.

9. Ragamuffin

Kucing Ragamuffin memiliki kemiripan dengan kucing Ragdol karena mereka berdua memang sepupu dekat. Perbedaannya adalah Ragamuffin memiliki ukuran lebih besar dengan bulu tebal dan jinak.

10. Benggala

Domestikasi kucing terakhir sebagai hewan pelihara adalah Benggala. Sekilas jika melihat pola kucing Benggala sebagai hewan peliharaan mungkin cukup mengagetkan.

Domestikasi adalah penjinakan yang dilakukan manusia yang biasanya memiliki keahlian khusus tentang hewan liar. Penjinakan seperti domestikasi hewan bisa juga terjadi pada tumbuhan yang semula berasal dari alam liar dan terbiasa dalam lingkungan manusia.

Ada banyak tujuan domestikasi yang sering muncul pada tumbuhan dan hewan liar tersebut, diantaranya untuk meningkatkan populasi yang semakin sedikit, memperbaiki keturunan (pemuliaan) hingga tentang perilaku yang terdapat pada mereka dalam sifat tertentu.

Related Posts

Subscribe Our Newsletter