10 Aturan Dasar Merawat Hewan Peliharaan Anjing

Sumber Pixabay

Ingin merawat hewan menjadi peliharaan di rumah? 

Keinginan merawat hewan peliharaan yang baru muncul dalam pikiran sebagian orang banyak dipengaruhi faktor eksternal yang membutuhkan pertimbangan matang. Ketika Anda melihat tingkah laku hewan yang lucu atau alasan lain melihat peliharaan orang lain terlihat imut mengemaskan. 

Ada baiknya memahami tanggung jawab sebagai pemilik. Aturan merawat hewan peliharaan yang perlu komitmen dan perhatian untuk kebutuhan mereka diantaranya sekitar 10 aturan dasar ini bisa memberi rasa aman dan faktor lainnya. 

10 Aturan Merawat Hewan Peliharaan Anjing 


Hewan yang paling banyak di rawat manusia sebagai teman dan sahabat mereka adalah kucing dan anjing. Pada tips aturan merawat hewan peliharaan kali ini, beberapa hal penting yang perlu Anda ketahui untuk memiliki anjing. 

  1. Menyediakan lingkungan yang terlindungi dan bersih 
  2. Menyediakan akses air bersih 
  3. Menyediakan asupan makanan yang seimbang dan bebas kegemukan 
  4. Membawa hewan peliharaan ke dokter hewan setiap periode tertentu 
  5. Meluangkan waktu untuk mereka mendapat olahraga 
  6. Membagi waktu berkomunikasi saat bersama mereka 
  7. Mengajarkan latihan dan tips dasar 
  8. Memberikan spying atau neutering jika tidak berniat menambah anggota baru 
  9. Melakukan perawat kesehatan 
  10. Menyediakan waktu perawatan dasar 

 Selain ke-10 aturan merawat hewan peliharaan disebutkan tadi. Mungkin ada kebutuhan lain yang akan muncul secara spesifik dan bersifat khusus untuk mereka. Ras anjing bisa memiliki alergi pada zat makanan secara khusus sehingga tidak bisa sembarangan mengonsumsi pakan yang dijual bebas. 

1. Menyediakan lingkungan yang terlindungi dan bersih 

Aturan merawat hewan peliharaan bisa berbeda bagi sebagian individu. Jika Anda salah satu calon adopter yang belum pernah merawat hewan di rumah, sebaiknya melakukan konsultasi dengan individu yang telah lama merawat anjing untuk mendapat banyak informasi dasar yang dibutuhkan Anda. Tempat dan lingkungan yang bersih dan terlindung merupakan dasar yang paling penting sebagai pertimbangan calon adopter. 

2. Menyediakan akses air bersih 

Perbedaan bahasa manusia berkomunikasi pada hewan peliharaan bukan kendala yang besar jika pemilik bisa memposisikan sama seperti dengan hewan peliharaan. Misalnya manusia butuh akses air bersih untuk menjaga cairan tubuh tetap seimbang, maka hewan peliharaan juga memerlukan hal yang sama. Pemberian akses air bersih untuk hewan bertujuan menjaga mereka dari hidrasi sehingga kondisi kesehatan mereka tetap baik. 

3. Menyediakan asupan makanan yang seimbang dan bebas kegemukan 

Hal ke-3 aturan merawat hewan peliharaan adalah makanan yang diberikan untuk mereka. Jika Anda ingin mengadopsi hewan peliharaan, pahami cara merawat kesehatan mereka secara benar lewat pemberian makanan yang tepat. Anjing yang di rawat sebagai hewan peliharaan membutuhkan nutrisi yang tidak sama pada masing-masing hewan. Beberapa tips dasar aturan merawat hewan peliharaan dalam makanan, kita perlu tahu takaran yang tepat berdasarkan usia, kebutuhan gizi hingga vitamin, ras mereka hingga aktivitas harian.  

4. Membawa hewan peliharaan ke dokter hewan setiap periode tertentu 

Pentingnya membawa hewan peliharaan ke dokter hewan secara berkala untuk mencegah gejala dan ciri awal dari penyakit pada mereka. Kondisi hewan peliharaan yang terlihat sehat dan aktif, tetap butuh pemeriksaan berkala ke dokter hewan terdekat. Salah satu kebutuhan kesehatan untuk mereka menjaga serangan penyakit adalah vaksinasi hingga pemberian obat cacing. Oleh karenanya, hewan yang sehat tetap butuh perawatan berkala sesuai saran dokter hewan terdekat. 

5. Meluangkan waktu untuk mereka mendapat olahraga 

Salah satu kebutuhan dasar dalam aturan merawat hewan peliharaan seperti anjing adalah pemilik bisa meluangkan waktu bagi mereka berolahraga. Dengan mengajak hewan bisa olahraga sesuai kondisi mereka, maka tubuh dan mental hewan menjadi semakin lebih sehat dan bebas stres. 

6. Membagi waktu berkomunikasi saat bersama mereka 

Sebagian besar perilaku hewan peliharaan memiliki karakter sebagai hewan sosial yang butuh komunikasi dengan makhluk lain. Aturan yang ke-6 merawat hewan peliharaan adalah waktu yang tersedia untuk berkomunikasi mengembangkan hubungan lebih dekat. Melalui pengembangan hubungan komunikasi yang Anda buat bersama hewan peliharaan, bisa mengajarkan banyak hal untuk mereka. Mulai dari pelatihan dasar dan triks sederhana yang dapat meningkatkan kemampuan pengenalan mereka. 

7. Mengajarkan latihan dan tips dasar

Bakat dan kepandaian yang terdapat dalam anjing tidak muncul tanpa latihan yang diberikan secara continu. Jika ingin merawat hewan peliharaan dalam rumah, anjing butuh belajar pengenalan perintah dasar secara tepat. Pemilik hewan yang sulit melatih dan mengajar mereka, bisa mencari pelatih anjing profesional. Anda bisa menceritakan kebutuhan dan keinginan pada mereka sebelum melatih anjing.

8. Memberikan spying atau neutering jika tidak berniat menambah anggota baru 

Salah satu aturan dasar merawat hewan peliharaan adalah memberi mereka spying atau neutering. Banyak hewan yang terlantar dan kurang beruntung di sekitar lingkungan, biasanya membuat kehidupan mereka semakin sulit selama tinggal di tempat yang padat populasi hewan terlantar lain. Sebelum melakukan sterilisasi atau kebiri, konsultasi dengan dokter hewan terdekat untuk melihat syarat yang diperlukan mereka. 

9. Melakukan perawatan kesehatan 

Komitmen yang dibangun merawat hewan peliharaan adalah perawatan kesehatan terus menerus untuk mereka. Ketika mereka menjadi anggota keluarga Anda, mereka butuh berbagai perawatan seperti membersihkan karang gigi, pengobatan infeksi dan lain-lainnya. 

10. Menyediakan waktu perawatan dasar 

Aturan merawat hewan peliharaan terakhir adalah mengenal berbagai metode perawatan dasar untuk mereka. Anjing butuh waktu untuk dimandikan secara teratur, potong kuku yang panjang jika dibutuhkan, hingga perawatan harian lain menjaga kesehatan bulu mereka dari kusut.

Related Posts

Subscribe Our Newsletter