Mengenali Jenis Hewan Mampu Menyamarkan Diri

Kredit foto: Pexels.com

Cara makhluk hidup berkembang biak dan bertahan hidup memiliki kelebihan yang sering tidak terdapat pada makhluk lain. Seperti dalam dunia hewan, beberapa kemampuan hewan menyamarkan diri dari pemangsa hingga untuk menangkap mangsa.

Mengenali Jenis Hewan Mampu Menyamarkan Diri


Apa perbedaan kamuflase dan mimikri pada karakter yang terdapat dalam contoh hewan untuk bertahan hidup yang kita ketahui?

Kamuflase dan mimikri memiliki kesamaan untuk hewan bertahan hidup di tengah lingkungan. Tujuan kedua kelebihan dari hewan tersebut, selain untuk menyembunyikan diri agar tidak diketahui hewan lain, juga sebagai upaya adaptasi menyesuaikan lingkungan tempat mereka hidup.

Kamuflase adalah cara hewan menyesuaikan warna tempat agar memiliki kesamaan dengan badan mereka. Dengan warna tubuh yang sama dengan lingkungan sekitar mereka, predator yang ingin menangkap dan memangsa dirinya semakin sulit mengetahui keberadaan secara pasti.

Cara kamuflase bisa dilakukan oleh pemangsa saat mengintai mangsa. 

Contoh dari hewan dengan kelebihan melakukan kamuflase, misalnya cheetah, beruang kutub, gurita, ular hijau, belalang daun, bunglon, singa.

Cheetah, ular hijau, hingga singa memiliki kemampuan menyamarkan diri menyesuaikan warna lingkungan.

Beruang kutub sering berada di hamparan salju putih karena warna bulu mereka sama dengan lingkungan.

Demikian ular hijau yang hidup di lingkungan pepohonan hijau, kesamaan warna badan dengan lingkungan sekitar menyebabkan mangsa dan predator lebih sulit melihat mereka.

Berbeda dengan perilaku hewan yang memiliki mimikri.

Mimikri merupakan cara hewan menyesuaikan warna kulit mengikuti warna di tempat tinggal, sehingga pemangsa kesulitan mencari mereka.

Contoh dari hewan yang memiliki kemampuan hewan menyamarkan diri dari pemangsa atau melakukan mimikri terdapat pada bunglon, lalat hijau, lalat buah, hingga  kelinci sepatu.

Keunikan dari makhluk hidup dengan kemampuan hewan menyamarkan diri dari pemangsa merupakan cara mereka beradaptasi dengan lingkungan sekitar.

Cara hewan melakukan penyamaran diri sering dikenal dengan adaptasi yang terbagi menjadi 3 jenis, diantaranya:
  1. Adaptasi Fisiologis
  2. Adaptasi Morfologi
  3. Adaptasi Tingkah laku

Penjelasan dari adaptasi masing-masing hewan, adalah sebagai berikut:


Adaptasi Fisiologis adalah kemampuan hewan melakukan adaptasi menggunakan fungsi organ tubuh mengikuti pola habitat

Adaptasi Morfologi adalah kemampuan hewan melakukan adaptasi menggunakan warna tubuh mengikuti pola habitat.

Adaptasi tingkah laku adalah kemampuan hewan menyamarkan diri dari pemangsa mengikuti pola habitat sehingga predator lebih sulit menemukan mereka.

Related Posts

Subscribe Our Newsletter