Manfaat Utama Hewan dan Tumbuhan untuk Manusia

Kredit foto: Pixabay.com

Keanekaragaman Hayati Indonesia menjadi anugerah terbesar yang diberikan Tuhan untuk penduduk Indonesia dibanding dengan negara lain. Perkembangbiakan populasi jenis hewan dan tumbuhan yang ada, dipengaruhi letak geografis di garis khatulistiwa sehingga banyak manfaat yang bisa di maksimal.

Manfaat hewan dan tumbuhan yang beragam untuk manusia


Apa manfaat utama hewan dan tumbuhan untuk manusia yang tinggal di Indonesia secara khusus?


Indonesia menjadi surga duniawi bagi hewan dan tumbuhan untuk berkembang biak dan bertahan hidup dalam meningkatkan populasi mereka secara baik. 

Banyak wilayah dan dukungan keanekaragaman hayati, sekitar 115 hewan mamalia berada di berbagai kepulauan Indonesia atau sekitar dari 12 persen jenis hewan mamalia yang ada di dunia.

Selain menjadi tempat tinggal 115 hewan mamalia dari 515 hewan mamalia di dunia, hewan lainnya yang tak kalah banyak adalah jenis burung yang mencapai sekitar 1500 jenis burung.

Ada banyak jenis hewan yang bisa beradaptasi dalam lingkungan kawasan Indonesia, beberapa dari jenis hewan tersebut, wilayah Indonesia memiliki 600 jenis reptilia hingga 270 hewan amfibi.

Tahukah kita dari keanekaragaman hayati hewan dan tumbuhan tersebut, ternyata manfaat yang bisa diperoleh untuk manusia juga menjadi sangat beragam.

Beberapa contoh manfaat utama hewan untuk manusia, diantaranya:
hewan bisa menjadi penghasil pangan berupa daging, telur dan susu

  1. Contoh jenis hewan yang sering dimanfaat manusia sebagai sumber daging, yakni ayam, bebek, ikan, sapi, hingga kambing
  2. Contoh jenis hewan yang menjadi bahan penghasil telur, yakni ayam dan bebek
  3. Contoh jenis hewan yang bisa menjadi penghasil susu diantaranya sapi.

Selain menjadi sumber penghasil daging, telur atau susu, beberapa jenis hewan lain bisa mendukung dunia industri menjadi penghasil bahan sandang seperti baju atau pakaian yang kita gunakan.

Contoh manfaat hewan untuk manusia yang digunakan sebagai bahan sandang, seperti ulat sutra menjadi kain sutra, domba menghasilkan wol, hingga sapi, kerbau dan hewan lain menjadi bahan jaket kulit.

Dalam dunia pertanian hingga perkebunan, hewan sering menjadi penghasil pupuk yang didapat dari kotoran mereka. Pupuk yang dihasilkan dari hewan dan dimanfaat menyuburkan tanaman, sering disebut dengan pupuk organik.

Manfaat tumbuh-tumbuhan untuk manusia


Selain kita belajar mengenali manfaat utama pada hewan yang sering menjadi penghasil daging, telur hingga bahan sandang. Terdapat juga manfaat berasal dari tumbuh-tumbuhan dalam keanekaragaman hayati.

Beberapa manfaat utama yang bisa kita temukan pada tumbuhan, diantaranya:
sebagai bahan makanan sejenis sayuran, buah-buahan hingga tanaman makan pokok sehari-hari.

Contoh dari tanaman yang digunakan sebagai makanan pokok masyarakat Indonesia, yaitu padi, jagung hingga gandum.

Dari penjelasan yang disampaikan di atas, sedikitnya ada 5 manfaat hewan dan tumbuhan bagi kehidupan manusia yang bisa diperoleh, yakni:

  1. sebagai penghasil bahan pangan
  2. sebagai penghasil bahan sandang
  3. sebagai penghasil pupuk organik
  4. sebagai penggembur tanah
  5. sebagai bahan obat-obatan

Ada banyak manfaat yang diperoleh manusia dalam hewan dan tumbuhan. Oleh karena itulah pelestarian hewan dan tumbuhan menjadi penting agar habitat mereka tidak punah.

Related Posts

Subscribe Our Newsletter