Cara Merawat Mata dan Wajah Kucing Persia

Ilustrasi hidung dan wajah kucing Persia, Kredit Pixabay.com

Kucing Persia boleh disebut sebagai ras hewan populer yang paling banyak dirawat dan menjadi peliharaan. Daya tarik mereka pada bulu yang indah, halus dan kecantikan yang eksotis, menjadikan mereka tampil sempurna seperti hewan yang tak pernah habis diinginkan calon majikan.

Jika Anda berkeinginan memelihara kucing Persia sebagai teman dalam rumah, sedikit banyak perlu juga mengetahui cara merawat mereka agar bulu hingga kesehatan tetap terjaga. 

Anda perlu mengetahui cara merawat mata, wajah hingga perawatan lainnya sebelum mengadopsi ras kucing ini.

Cara merawat kucing Persia


Salah satu keunikan ras kucing Persia dibanding kucing mixdome atau domestik adalah bagian hidung dan wajah agak berbeda. Bentuk hidung kucing Persia cenderung lebih pendek sehingga sering disebut hidung pesek ditambah moncongnya yang juga pendek.

Ciri yang khas pada kucing Persia inilah sering menjadikan mereka banyak mendapat masalah kesehatan dibandingkan kucing normal jika cara perawatan untuk Persia kurang diperhatikan majikan.

Penumpukan kotoran yang semakin banyak hingga menjadi lengket dekat mata dan area wajahnya, memancing resiko yang lebih besar karena kelopak mata mereka relatif terbuka lebih besar. 

Tumpahnya air mata kucing Persia untuk menjaga kelembaban, bisa juga disebabkan masalah lingkungan yang kurang sehat untuk kucing tersebut. Air mata dari kucing yang dikeluarkan secara berlebihan, saat terkena udara akan menimbulkan reaksi oksidasi dan mengeras hingga berwarna kecokelatan.

Lama kelamaan, air mata yang teroksidasi dan mengeras ini, selain menjadi lengket dapat menjadi masalah baru dari kemungkinan luka atau lecet saat dibersihkan secara tidak tepat.

Jika kucing Persia Anda dalam keadaan sehat, cara merawat mata dan wajah mereka harus dijaga dengan baik agar kebersihan area di sini selalu bersih.

Cara membersihkan sisa belek hasil air mata yang menempel di mata dengan memakai kain halus dibasuh sedikit air agar menjadi lembab.

Cara membersihkan mata mereka disarankan minimal 1 kali dalam sehari atau dua kali dalam sehari, disesuaikan keadaan kotoran yang melekat di wajah mereka.

Penggunaan sabun maupun dengan cairan lain, disarankan tidak dipakai, kecuali direkomendasikan dokter hewan atau pakar hewan Persia.

Catatan kecil yang perlu Anda tahu saat membersihkan belek yang lengket di mata mereka, hindari menyentuh bagian bola mata secara langsung.

Jika Anda menilai kucing Persia bermasalah pada kesehatan mereka, sebaiknya membawa mereka ke dokter hewan terdekat untuk memperoleh penanganan medis.

Biasanya, dokter hewan akan membersihkan kotoran mata kucing Persia yang terlalu lengket dengan air sulingan atau cairan yang direkomendasi ahli kesehatan. 

Tujuannya untuk mencegah infeksi bakteri atau kuman yang berasal dari air yang tidak higienis.

Perawatan lain yang perlu dilakukan pada kucing Persia


Selain menjaga kebersihan mata kucing Persia dari kotoran dan belek yang terjadi dari air mata yang mengering. Mereka perlu juga mendapatkan perawatan dan pemeriksaan lainnya.

Area telinga kucing Persia perlu juga diperhatikan kebersihannya. Luangkan waktu memeriksa telinga setiap satu minggu sekali.

Pentingnya pemeriksaan telinga kucing Persia setiap minggu untuk mencegah kemungkinan sebagai tempat tinggal tungau yang bersembunyi di dalamnya.

Beberapa pemeriksaan secara berkala terhadap mereka, khususnya di telinga ini, juga bisa mengenali lebih cepat kemungkinan mereka mengalami infeksi jamur, hingga alergi.

Tahap awal sebelum memeriksa telinga kucing Persia, Anda perlu mengenali warna alamiah saat mereka dalam keadaan sehat.

Jika Anda mendapati adanya kotoran warna hitam pada telinga mereka, ada kemungkinan pernah atau sempat mengalami masalah kutu.

Warna kemerahan yang berlebihan pada telinga kucing Persia, bisa menandakan mereka mengalami alergi atau suatu penyakit tertentu yang menyebabkan peradangan.

Sementara warna kotoran yang terlihat hijau atau kucing pada telinga hewan peliharaan tersebut, bisa mengindikasikan mengalami infeksi.

Keadaan kotoran yang terdapat dalam telinga kucing Persia merupakan suatu yang normal jika ada sedikit penumpukan zat lilin.

Jika Anda belum tahu cara membersihkan telinga kucing Persia, sebaiknya minta bantuan orang lain agar tidak terjadi sesuatu yang tidak diinginkan pada mereka.

Cara membersihkan telinga kucing Persia

Gunakan alas berupa kain lembut sebagai dasar dan meletakan hewan peliharaan di atasnya. Bungkus seluruh badan dengan membiarkan bagian ekor dan kepala tetap terbuka.

Jika sudah dianggap siap, sebelum membersihkan telinga mereka, pastikan cara memegang mereka sudah benar agar tidak memberontak sehingga menjadi masalah yang tidak diinginkan.

Satu tangan memegang kucing, sementara tangan lain digunakan untuk membersihkan telinga mereka.

Jangan lupa untuk menyiapkan hadiah berbentuk camilan atau makanan ringan khusus kucing Persia. Dengan demikian, kucing Persia akan belajar dan merasakan membersihkan telinga bisa mendapat makanan kesukaan mereka.

Untuk mendapatkan pengalaman yang maksimal pengalaman membersihkan telinga untuk kucing Persia, tidak disarankan menggabungkan cara perawatan yang lain pada mereka.

Misalnya Anda memotong kuku, memandikan dan membersihkan telinga dalam satu paket hadiah, cara ini mungkin tidak memberi manfaat yang baik untuk pengalaman mereka.

Bahan dan sarana pendukung untuk membersihkan telinga kucing adalah mempersiapkan tisu, obat telinga khusus kucing hingga peralatan khusus lainnya jika dianggap perlu.

Untuk mendapatkan bahan hingga sarana pendukung membersihkan telinga kucing Persia, tanyakan langsung ke toko penjualan aksesori hewan peliharaan seperti pet shop.

Jika Anda menggunakan pembersih telinga sejenis cair, isi sebagian saluran telinga dengan produk tersebut, lalu tarik telinga dengan perlahan lurus keluar dengan lembut.

Jika memungkinkan, gunakan ibu jari dan telunjuk Anda secara perlahan menekan agar cairan mengalir ke dalam telinga. Kemudian pijat pangkal telinga selama 15 atau 20 detik.

Biarkan kucing menggelengkan kepalanya. Perilaku menggelengkan kepala tersebut bermanfaat untuk menghilangkan banyak kotoran yang ada di telinga. 

Untuk mendapatkan cara membersihkan telinga kucing yang lebih baik, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter hewan atau pakar yang terbiasa merawat kucing Persia.

Catatan kecil untuk Anda sebelum membersihkan telinga kucing Persia, selalu menggunakan bahan lembut seperti kapas.

Selain itu saat membersihkan telinga menggunakan kapas, jangan membersihkan terlalu dalam untuk mencegah tertinggal atau terlepas dari kontrol Anda. 
LihatTutupKomentar