13 Info Singkat Minyak Zaitun pada Rambut

Kredit foto: Pixabay.com
Ilustrasi minyak zaitun

Info singkat kegunaan minyak zaitun telah dikenal sejak jaman dahulu dalam kehidupan masyarakat sebagai perawatan kecantikan dan kesehatan. Beberapa fungsi lain yang bisa digunakan minyak zaitun adalah minyak yang memberi manfaat kesehatan sebagai minyak masak.

Seperti dilihat beberapa kegunaan minyak zaitun dalam kehidupan masyarakat sehari-hari, ada banyak manfaat yang bisa kita maksimalkan dari bahan alami tersebut. Salah satunya sebagai cara perawatan untuk rambut.

Info singkat kandungan minyak zaitun ternyata memberi banyak zat hingga nutrisi penting untuk rambut. Kandungan minyak zaitun terdiri dari vitamin E, Vitamin K, lemak (omega 9, omega 6, omega 3, lemak tak jenuh) phenolic, serta tambahan lainnya seperti zat besi.

Meski pemakaian minyak zaitun dominan dipakai untuk mengganti minyak goreng biasa atau minyak kelapa. Hal ini karena kandungan minyak biasa memiliki kadar lemak jenuh lebih tinggi dibanding minyak zaitun.

13 Info singkat manfaat minyak zaitun untuk rambut


Manfaat minyak zaitun bagi kesehatan manusia, ternyata bisa digunakan secara maksimal untuk rambut. Cara merawat rambut menggunakan minyak zaitun secara teratur sesuai petunjuk dan rekomendasi ahli kesehatan, sedikitnya memberi 13 manfaat kesehatan rambut.

Apa saja manfaat minyak zaitun untuk rambut?

Dilansir situs cara merawat rambut dengan bahan alami, minyak zaitun menjadi salah satu bahan alami yang direkomendasikan banyak pengguna.

Beberapa info singkat minyak zaitun untuk rambut, diantaranya:

  1. menyuburkan rambut
  2. mengurangi dan mencegah rambut uban 
  3. menyehatkan akar dan helai rambut bayi
  4. mencegah rambut dari kerontokan
  5. sebagai kondisioner untuk rambut kering
  6. meminimalisasikan kecenderungan rambut bercabang
  7. membersihkan ketombe rambut
  8. meluruskan rambut ikal atau bergelombang
  9. mencegah warna rambut menjadi kusam dan kehilangan kilau alami
  10. menghilangkan kutu rambut
  11. membuat rambut mudah mengembang megar
  12. menjaga kilau rambut tetap alami
  13. menguatkan dan menyehatkan akar rambut

Menyuburkan rambut


kredit foto: pixabay.com
Ilustrasi rambut subur

Sedikit yang tahu bahwa rambut bisa menjadi subur dan bertumbuh alami dengan cara perawatan tradisional. Salah satu bahan alami dan sehat bernama minyak zaitun, bisa kita gunakan untuk rambut semakin subur.

Cara menyuburkan rambut dengan minyak zaitun dapat diterapkan sebagai masker. Cara menggunakan bahan alami ini dengan mengusap dan mengoleskan di bagian helai rambut hingga akar kepala sekitar 20-30 menit. Usap dan pijit secara perlahan supaya bahan meresap ke seluruh akar rambut. Jika dianggap cukup, basuh dan keramas dengan air hangat.

Mengurangi dan mencegah rambut uban 


kredit foto pixabay.com
Ilustrasi rambut uban

Manfaat kedua dari minyak zaitun untuk rambut bisa mengurangi dan mencegah rambut uban. Perubahan warna rambut hitam menjadi putih di jaman modern ini, ternyata tidak dialami orang usia lanjut saja. Anak usia produktif yang memiliki gaya hidup tidak sehat seperti stres dan lainnya, mudah mengalami rambut uban lebih cepat.

Info singkat merawat rambut uban memakai minyak zaitun bisa diterapkan secara sederhana. Alat pendukung untuk sarana dan pra sana yang dibutuhkan, diantaranya handuk, pembungkus rambut yang bisa dibeli di klinik kecantikan dan toko khusus, dan bahan utamanya, minyak zaitun.

Cara menggunakan minyak zaitun untuk mencegah rambut uban sekaligus mengurangi semakin banyak tumbuh, yakni mengoleskan ke bagian kepala Anda. Pijat sekitar 20-30 menit lalu bungkus dengan handuk kering.

Waktu yang disarankan menggunakan minyak zaitun untuk mengurangi dan mencegah rambut uban, sebaiknya di malam hari sebelum tidur.

Jika menggunakan minyak zaitun sebelum tidur, Anda bisa membersihkannya pagi hari menggunakan air hangat.

Menyehatkan akar dan helai rambut bayi


kredit foto pixabay.com
Ilustrasi rambut bayi

Kandungan minyak zaitun tidak memiliki efek samping untuk berbagai jenis rambut. Oleh karenanya, bahan sehat alami ini bisa juga untuk bayi atau anak usia kecil.

Cara menggunakan minyak zaitun untuk rambut bayi, adalah mengoleskan pada kepala secara perlahan. Pijit dan usap merata agar pertumbuhan rambut bayi bisa hitam dan lebat.

Jangan lupa setelah menggunakan minyak zaitun pada rambut bayi. Setelah didiamkan antara 20-30 menit, bersihkan menggunakan sampo bayi agar sisa minyak tidak tertinggal di kepala.

Info singkat waktu pemakaian minyak zaitun untuk rambut bayi, sebaiknya saat akan memandikan mereka.

Mencegah rambut dari kerontokan


Kredit foto: Pixabay.com
Ilustrasi rambut rontok

Info singkat keempat manfaat minyak zaitun untuk rambut manusia adalah mencegah rambut rontok.

Rambut rontok terjadi secara alamiah karena berbagai faktor yang mempengaruhinya, diantaranya pertambahan umur, gaya hidup, pola makan, hingga pengaruhi obat tertentu.

Cara memanfaatkan minyak zaitun untuk rambut agar terbebas dari kerontokan, yakni dengan mencampurkan dengan minyak kelapa.

Gunakan 1 sendok makan minyak kelapa ditambah 2 sendok makan minyak zaitun, lalu di oleskan pada bagi kepala sekitar 5-10 menit.

Sebagai kondisioner untuk rambut kering


Kredit foto: Pixabay.com
Ilustrasi kondisioner rambut

Padatnya kegiatan masyarakat modern, membuat mereka sering lupa merawat dan menjaga kesehatan rambut. Lama kelamaan rambut menjadi menurun kemampuannya sehingga menjadi kering.

Info singkat mencegah rambut kering menggunakan bahan alami, Anda bisa memakai minyak zaitun sebagai solusinya.


Meminimalkan kecenderungan rambut bercabang


Kredit foto: Pixabay.com
Ilustrasi rambut bercabang

Rambut bercabang sering terjadi pada wanita yang memiliki rambut panjang. Jika Anda memiliki masalah rambut bercabang namun sayang mengunting rambut menjadi model pendek, tak ada salahnya mencoba cara perawatan tradisional dengan minyak zaitun.

Info singkat cara mencegah rambut bercabang, bisa memakai minyak zaitun dalam perawatan tradisional. 

Cara menggunakan minyak zaitun mencegah rambut bercabang, yakni dengan mengoleskan dan memijit minyak zaitun pada kepala Anda sekitar 20-30 menit. Bersihkan dengan air hangat.

Membersihkan ketombe rambut


Kredit foto: Pixabay.com
Ilustrasi ketombe rambut

Debu, kotoran dan zat lain yang menempel di kepala bisa membuat rambut mudah berketombe. Jika seseorang mengalami ketombe rambut, tentu bisa mengurangi rasa percaya diri dan memicu rasa gatal yang amat menganggu.

Cara membersihkan ketombe rambut secara alamiah bisa dengan minyak zaitun. Cara menggunakannya, yakni mencampurkan dengan 4 sendok minyak almond dalam sebuah wadah penampung, lalu menggunakan sebagai masker kepala sekitar 15-20 menit.

Meluruskan rambut ikal atau bergelombang


Kredit foto: Pixabay.com
Ilustrasi rambut ikal bergelombang

Manfaat kedelapan dari minyak zaitun untuk rambut, ternyata bisa untuk meluruskan rambut yang ikal atau bergelombang secara alamiah.

Info singkat cara meluruskan rambut ikal atau bergelombang dengan minyak zaitun, yakni mencampurkan dengan 2 butir telur sekitar 1-2 jam sebagai masker kepala.

Setelah dirasakan cukup, keramas dan bilas dengan sampo khusus yang memberi fungsi ganda meluruskan rambut bergelombang dan keramas dengan air hangat.

Mencegah warna rambut menjadi kusam dan kehilangan kilau alami


Kredit foto: Pixabay.com
Ilustrasi rambut kusam

Masih terkait dengan kesehatan rambut, minyak zaitun bisa dimanfaatkan untuk mencegah warna rambut dari kusam. Tanda dan ciri-ciri rambut menjadi kusam, biasanya kilau warna rambut tidak seperti sebelumnya.

Menghilangkan kutu rambut


Kredit foto: Pixabay.com
Ilustrasi kutu rambut

Manfaat lain dari minyak zaitun untuk rambut, bukan sekedar merawat dan menjaga kesehatan rambut tetap alamiah. Fungsi ganda minyak zaitun pada rambut yang terkena kutu, bisa dihilangkan dengan minyak zaitun.

Membuat rambut mudah mengembang megar


Kredit foto: Pixabay.com
Ilustrasi rambut mengembang

Salah satu tanda rambut sehat adalah rambut terlihat mengembang dan lebih megar. Hal ini terlihat berbeda dibanding rambut yang lepek terkesan lengket.

Anda bisa memanfaatkan minyak zaitun untuk rambut lebih sehat.

Menjaga kilau rambut tetap alami


Kredit foto: Pixabay.com
Ilustrasi rambut berkilau

Manfaat tambahan untuk rambut dari cara perawatan tradisional minyak zaitun adalah menjaga kemampuan warna kilau rambut selalu alamiah.

Menguatkan dan menyehatkan akar dan helai rambut


Info singkat terakhir dari minyak zaitun ketika digunakan sebagai bahan alami untuk rambut, yakni membuat semakin sehat akar dan helai rambut.

 

Related Posts

Subscribe Our Newsletter