Tingkatan Klasifikasi Dunia Tumbuhan dan Hewan

Belajar Biologi sebagai ilmu pengetahuan mudah kita pahami jika paham dasar susunan tingkatan dari tertinggi hingga paling rendah. Sama seperti cara kita memahami tingkatan taksonomi klasifikasi dunia tumbuhan dan hewan yang ada di bumi, pembagian dan pengelompokan sesuai ciri dan tanda khusus lebih mudah di ketahui lebih jelas.

Manfaat dari pelajaran tingkatan takson klasifikasi dunia tumbuhan dan hewan adalah kita akan lebih mudah mengelompokkan masing-masing tumbuhan dan hewan atas ciri yang menjadi persamaan.

Frasa Taksonomi berasal dari bahasa Yunani, yakni tassein. Definisi umum klasifikasi taksonomi merupakan cara mengelompokkan nomos menggunakan persamaan dan perbedaan dari makhluk hidup, seperti tumbuhan dan hewan.
Kredit foto: Pexels/Donatello Trisolino


Tingkatan Klasifikasi Dunia Tumbuhan dan Hewan


Ringkasan dasar urutan klasifikasi taksonomi hewan dan tumbuhan terbagi dalam dunia berbeda. Garis besar urutan yang paling tepat bisa kita lihat dalam gambar berikut ini.


Penjelasan klasifikasi takson dunia tumbuhan


Urutan takson dunia tumbuhan yang tertinggi adalah Kingdom, Devisi, Kelas, Ordo (Bangsa), Famili (Suku), Genus (Marga), dan Spesies (Jenis).


Berdasarkan tingkat paling tinggi hingga paling rendah, berikut penjelasan yang perlu kita ketahui:

Kingdom

Tingkat paling atas dalam dunia tumbuhan dan hewan adalah Kingdom sebagai habitat terbanyak yang memiliki anggota di bumi. Pengelompokan takson Kingdom tiap organisme menurut ciri yang sama ada 5 organisme.

Urutan dari dunia Kingdom diantaranya: Kingdom Animalia untuk kelompok hewan, Kingdom Plantea untuk kelompok tumbuhan, Kingdom Fungi untuk kelompok jamur, Kingdom Monera untuk kelompok organisme uniselular tanpa nukleas dan terakhir Kingdom Protista untuk kelompok eukariotik dengan jaringan sederhana.

Urutan kedua dalam klasifikasi takson dunia tumbuhan dan hewan adalah Filum untuk hewan dan Deivisi untuk tumbuhan.

Pembagian urutan dunia hewan dalam Filum dalam bagian Kingdom memiliki pengelompokan pada filum Chordata dengan ciri notokorda saat embrio, filum Echinodermata dengan ciri terdapat pada hewan kulit duri, dan filum platyhelminthes dengan ciri pada hewan cacing.

Pembagian urutan dunia tumbuhan dalam Devisi sebagai bagian Kingdom, menggunakan 3 devisi seperti devisi Bryophyta untuk tumbuhan lumut, devisi Pteridophyta untuk tumbuhan paku dan devisi Spernatophyta untuk tumbuhan yang memiliki biji.

Cara mengenali ciri klasifikasi takson dunia tumbuhan urutan kedua sangat mudah, jika kita mengamati akhiran dalam devisi, akhiran dunia tumbuhan selalu menggunakan -phyta.

Urutan takson ketiga dalam dunia tumbuhan adalah kelas. Pengelompokan yang ketiga ini juga sama dalam dunia hewan.



Kelas yang dimaksud dalam klasifikasi taksonomi dunia hewan dan tumbuhan ditentukan atas persamaan ciri-ciri yang khas. Cara membedakan urutan klasifikasi takson, kelas atau Classis menggunakan tambahan -edoneae untuk tumbuhan biji tertutup, -opsida untuk kelompok lumut dan -phyceae untuk kelompok alga.

Contoh penggunaan akhiran dalam kelas atau Classis tersebut, misalnya kelompok lumut ditulis Hepaticopsida, kelompok ganggang memakai Chrysophyta.

Selanjutnya klasifikasi takson dunia hewan dan tumbuhan menggunakan sebutan yang sama, yakni Ordo, Famili, Genus dan Spesies.

Ordo atau bangsa tumbuhan dan hewan memakai akhiran -ales pada ciri yang sama. Misalnya dalam kelas Dicotyledoneae dipisahkan dalam ordo Solanales, Cucurbitales, Rosales, Malvales, Asterales, dan Poales.

Famili atau familia berasal dari kata lain dengan ciri khusus pemakaian akhiran -idae. Contoh klasifikasi takson famili terdapat pada manusia dengan Homonidae, kucing dengan felidae, dan anjing dengan canidae.

Di bawah urutan Family adalah pembagian kelompok disebut Genus. Cara mengenali kelompok Genus adalah kesamaan ciri makhluk hidup berdasarkan kesamaan pada atribut fisik yang terdapat dari nenek moyang yang sama.

Spesies adalah urutan paling bawah dalam klasifikasi taksonomi dunia hewan dan tumbuhan. Cara mengenali spesies berdasarkan ciri-cirinya dengan melihat cara berkembang biak makhluk hidup tersebut secara alamiah menghasilkan keturunan.

Demikian tulisan tentang taksonomi tingkatan klasifikasi dunia hewan dan tumbuhan dari tinggi hingga paling rendah, semoga bisa bermanfaat menambah pengetahuan kita semua.
LihatTutupKomentar