Hewan Endemik Amerika Serikat

Lingkungan geografis tiap negara punya ciri khas yang berbeda dengan negara di tempat lain. Banyak faktor penyebab yang menjadi makhluk hidup beradaptasi untuk berkembang biak dan bertahan hidup. Sama seperti hewan endemik Amerika Serikat dengan populasi flora dan fauna, mulai reptil, burung, serangga menjadi spesifik.

Nama dari beberapa contoh adaptasi hewan endemik Amerika Serikat populer, terdapat beruang hitam, serigala abu-abu, hingga berang-berang. Contoh dari hewan di negara Amerika Serikat yang lain, bisa kita lihat dalam tulisan berikut ini.

Hewan Endemik Amerika Serikat


Sebelum kita mencari tahu jenis hewan endemik yang terdapat di berbagai negara, ada baiknya mengetahui definisi dari fauna endemik.

Hewan endemik adalah fauna yang tinggal di suatu tempat dengan ciri spesifik dan berkembang biak secara alamiah. Oleh karena itulah, fauna tiap wilayah di berbagai negara sering disebut endemik dengan tanda label nama wilayah atau negara bersangkutan.

Saking khususnya tempat tinggal untuk fauna endemik tadi, populasi hewan sejenis tidak bisa ditemukan di tempat atau negara lain karena kebutuhan khusus pendukung mereka berkembang biak berbeda dari habitat asli.

Pemakaian Endemik berasal dari istilah ekologi, endemisme. Arti dari endemisme itu sendiri adalah gejala yang terjadi secara alami pada tiap organisme suatu lingkungan, yang membuat mereka unik.

Oleh karena itu, sebutan fauna endemik mengacu pada populasi atau habitat hewan yang tak ada di tempat lain dan hanya ada di tempat asli mereka hidup secara alamiah.

Ringkasan Hewan Endemik Amerika Serikat


  1. Bald Eagle (Haliaeetus leucocephalus)
  2. Cougar/ Puma
  3. Aligator Amerika
  4. Beruang Grizzly (Ursus arctos ssp.)
  5. Bison Amerika
  6. Moose
  7. Elk
  8. Wolverine
  9. Coyote
  10. Bobcat
  11. Rakun
  12. Gila monster
  13. Skunk bergaris (Striped Skunk)
  14. Serigala abu-abu
  15. Rattlesnake (Ular Derik)

Dari ringkasan singkat jenis hewan endemik amerika serikat yang disebutkan diatas, ada 15 fauna yang unik dan memiliki ciri khusus dibanding spesies dari negara lain. 

Apa saja ciri khas unik dari 15 fauna endemik asal Amerika Serikat ini?

Bald Eagle (Haliaeetus leucocephalus)

Kredit foto: Pexels/Frans Van Heerden

Bald Eagle atau nama lain dalam bahasa Indonesia disebut elang botak. Fauna yang memiliki nama ilmiah Haliaeetus leucocephalus berkembang biak dan hidup di kawasan Amerika Utara.

Urutan taksonomi klasifikasi mereka dari urutan tertinggi hingga paling rendah, dimulai dari Kerajaan: Animalia, Divisi: Chordata, Kelas: Burung-burung, Order: Accipitriformes, Keluarga: Accipitridae dan yang paling bawah adalah Genus: Haliaeetus.

Ciri-ciri hewan endemik Bald Eagle Amerika


Jenis burung endemik asal Amerika Serikat ini ternyata bukan hewan botak seperti sebutan mereka. Fauna yang memiliki bulu kecokelatan pada kepala, warna ekor dan kepala terdapat ciri khas warna putih.

Jika hewan yang ada di dunia rata-rata lebih besar jenis jantan, Bald Eagle justru betina memiliki bobot tubuh lebih besar dari jantan, sekitar 25 persen lebih besar.

Burung Bald Eagle menjadi icon hewan nasional di Amerika. Sekitar abada ke-20 akhir, fauna ini sempat terancam punah dan tahun 1995 telah berkembang biak semakin banyak. Oleh karena habitat hewan endemik ini dinilai pulih, mereka telah keluar dari daftar spesies langka oleh pemerintah Amerika Serikat, 12 Juli 1995.

Karakter Bald Eagle
  • Warna bulu kecokelatan hitam 
  • Kepala dan ekor berwarna putih
  • warna paruh, kaki dan iris kuning cerah
  • memiliki cakar kaki yang kuat
  • bentuk paruh bengkok dan besar
  • panjang tubuh usia dewasa 70-120 cm
  • rentang sayap 1,8 - 2,3 meter
  • habitat lingkungan hidup di Amerika Utara, Kanada dan Meksiko utara
  • Wilayah tempat tinggal di perairan seperti pantai, sungai, danau, hingga rawa-rawa dengan jumlah ikan berlimpah
  • kecepatan terbang di udara mencapai 56-70 km/jam
  • sumber makanan utama jenis ikan dan masuk kelompok karnivora

Cougar/ Puma

Jika tadi hewan endemik Amerika serikat berasal dari kelompok burung, fauna yang kedua adalah Cougar. Melihat contoh gambar yang tampil di layar, kita bisa menebak Cougar adalah famili Felidae

Kredit foto: Pexels.com



Cougar atau disebut Puma merupakan singa gunung yang berkembang biak di benua Amerika. Mereka masuk hewan mamalia dengan kemiripan genetik dengan kucing.

Cara berkembang biak dan bertahan hidup fauna endemik Puma mencari sumber makanan yang ada di lingkungan sekitar mereka. Jenis mangsa yang dominan di buru, mulai dari rusa, tupai, ikan dan sumber makanan hewani lain.

Perbedaan fauna asal Amerika Serikat (AS) ini dibanding dengan keluarga hewan pemburu adalah cara menangkap mangsanya dengan menyergap dan melompat. 

Cougar atau Puma sangat jarang berlari mengejar mangsa mereka karena stamina kurang begitu baik dibanding kelompok sejenisnya.

Tingginya pembukaan lahan baru menjadi tempat hunian manusia di lingkungan asli Cougar, sering mempengaruhi ketersediaan sumber makanan hewani secara alami. Hal ini membuat sulit fauna endemik mencari makan.

Urutan taksonomi klasifikasi dari yang paling tinggi hingga rendah untuk hewan endemik asal AS, dimulai dari Kerajaan Animalia, Filum Chordata, Kelas Mamalia, Ordo Carnivora, Famili Felidae, dan Genus Puma.

Alligator Amerika

Kredit foto: Pexels/Henning Roettger

Alligator adalah hewan endemik AS yang mirip dengan buaya. Fauna yang populer dengan Alligator mississippiensis hidup dan berkembang biak di kawasan Amerika Serikat Tenggara hingga Meksiko.

Perbedaan Aligator dengan buaya terdapat moncong mereka lebih membulat dan memilih wilayah perairan air tawar atau air payau. Sementara buaya lebih sering memilih tempat tinggal dengan kadar air asin.

Ciri-ciri hewan endemik Alligator Amerika Serikat

  • Umur mencapai 35-50 tahun
  • ukuran panjang dewasa 3-4,5 meter
  • berat badan dewasa mencapai 450 kg
  • reptil yang ditetap negara sebagai hewan resmi 
  • jaringan tubuh dengan otot merata
  • permukaan kulit punggung terlapis lempengan tulang sisik (osteodermata)
  • kaki depan 5 jari, kaki belakang 4 jari
  • faktor yang mempengaruhi berkembang biak ditentukan sumber makanan dan suhu lingkungan
  • jenis hewan karnivora
  • mencari mangsa saat gelap atau matahari terbenam
  • memiliki rahang kuat

Beruang Grizzly (Ursus arctos ssp.)

Kredit foto: Pixabay.com

Hewan endemik asal Amerika Serikat yang hidup di darat lainnya adalah Beruang Grizzly. Fauna ini sering disebut beruang cokelat karena bulu cokelat terdapat di seluruh permukaan badan.

Populasi beruang Grizzly berkembang biak di kawasan Amerika Utara hingga Eurasia Timur. Di negara lain seperti Rusia, Ukraina, Slowakia, Polandia, Swedia, Finlandia dan lainnya, telah menjadi hewan nasional.

Ciri-ciri fauna endemik Beruang Grizzly

  • Berat badan dewasa mencapai 130 - 700 kg
  • warna bulu kecokelatan hingga keabu-abuan
  • lingkungan hidup di pergunungan pinus, hutan pinus, padang rumput hingga hutan kawasan hujan sedang

Bison Amerika

Kredit foto: Pexels/Aenic

Hewan endemik kelima dari Amerika Serikat adalah Bison. Bison Amerika adalah fauna mamalia yang dikenal dengan sebutan kerbau Amerika dan berkembang biak di kawasan Amerika hingga Afrika.

Sebagian lingkungan yang cocok untuk mereka adalah padang rumput karena spesies mamalia. Dalam urutan taksonomi klasifikasi Bison Amerika dari yang tinggi sampai rendah, yakni Kerajaan Animalia, Filum Chordata, Kelas Mammalia, Ordo Artiodactyla, Famili Bovidae, Subfamili Bovinae, Genus Bison.


Elk

Elk adalah hewan endemik Amerika Serikat dengan ciri khas pada tanduk. Nama lain dari Elk dikenal dengan Cervus canadensis karena fauna ini termasuk keluarga rusa dan makhluk mamalia.

Cara berkembang biak dan faktor mempengaruhi populasi Elk adalah lingkungan hutan yang tersedia rumput, dedaunan, semak hingga kulit kayu. 

Kelebihan fauna asli Amerika Utara adalah kemampuan adaptasi yang tinggi sehingga bisa berkembang biak di negara lain seperti Argentina, Australia, Asia Timur hingga Selandia Baru.

Wolverine

Contoh dari hewan endemik berasal dari Amerika Serikat adalah Wolverine. Fauna kedelapan dengan nama latin Glutton memiliki panggilan populer lain seperti skun bear hingga carcajou.

Klasifikasi taksonomi Wolverine kerajaan Animalia adalah sebagai berikut:

  • Filum:Chordata
  • Kelas:Mammalia
  • Ordo: Carnivora
  • Famili: Mustelidae
  • Subfamili: Mustelinae
  • Genus:Gulo

Hewan endemik Amerika Serikat lain, misalnya Coyote, Bobcat, Rakun, Skunk bergaris (Striped Skunk), Serigala abu-abu hingga Rattlesnake (Ular Derik). Cara berkembang biak dan tempat tinggal mereka dipengaruhi faktor lingkungan dan sumber makanan setiap wilayah secara khusus.

Related Posts

Subscribe Our Newsletter