Cara Merawat Anak Bebek Hingga Dewasa

Bebek memiliki kemiripan dengan angsa karena masih terkait kerabat taksonomi superfamile Anatoidea. Urutan klasifikasi taksonomi yang dimulai dari tertinggi sampai rendah, yakni kerajaan Animalia, filum Chordata, kelas Aves, ordo Anseriformes, dan paling sepsifik adalah superfamili Anatoidea.

Masyarakat sering menyebut bebek dengan nama lain itik dengan perbedaan tubuh lebih kecil dibanding angsa.

Kredit foto: Pexels.com/Skitterphoto


Ciri-ciri bebek


Kita dapat membedakan bebek dengan angsa saat melihat bentuk tubuh lebih kecil dari angsa. Ciri khas dari hewan ini adalah leher yang agak panjang dan bentuk paruh yang khas.

Fungsi paruh bebek digunakan menangkap ikan didukung kaki bersisik. Selain mencari sumber makanan hewani ikan, mereka sering mencari makanan lain. Jenis makanan yang dikonsumsi diantaranya rumput, tanaman air, cacing hingga hewan amfibi bertubuh kecil.

Keunikan salah satu ciri dari unggas ini adalah bulu mereka terdapat lapisan lilin, membuat bulu dan badan bebek selalu kering di air berenang mencari makan. Ciri bulu bebek jantan dibanding betina adalah warna bulu betina terlihat lebih kusam dan pola bintik yang tak terdapat pada jantan.

Ciri-ciri khusus bebek


Apa saja ciri-ciri khusus yang dimiliki oleh unggas ini dibanding hewan lainnya?

9 Ciri yang dimiliki oleh bebek atau itik, diantaranya:

Paruh yang unik
Paruh bebek menjadi tanda yang mudah kita kenali sebagai perbedaan dengan hewan lain. Bentuk paruh mereka berperan penting mencari sumber makanan di air atau di lumpur.

1. Leher panjang

Ciri khusus pada unggas kerabat itik dan angsa bisa dilihat pada bagian leher mereka yang panjang. Manfaat leher bebek yang panjang ini adalah mengais dan mencari sumber makanan dalam air.

2. Selaput kaki

Selaput kaki pada hewan unggas tersebut hampir dimiliki hewan lain yang hidup berenang. Kemampuan dari selaput kaki mereka untuk bergerak lebih cepat dan mudah ketika berenang di air.

3. Bulu bebek memiliki lapisan lilin

Salah satu ciri khas hewan unggas ini adalah bulu mereka terdapat lapisan lilin secara alamiah. Manfaat lapisan lilin di bulu tersebut membuat mereka tidak mudah basah di air ketika berenang.

4. Jarang mengerami telur

Dibanding unggas lainnya, perilaku bebek berbeda saat bertelur. Jika hewan unggas mengerami telur mereka, bebek jarang mengerami telur. Perbedaan cara berkembang biak bebek dibanding unggas lain, telur yang ada dari bebek lebih banyak jumlahnya dibanding unggas lain.

5. Sebelum bertelur, bulu bebek rontok

Tanda hewan itik akan bertelur memiliki ciri khas pada bulu mereka. Ketika akan bertelur, bulu mereka akan rontok dan pecah.

Peristiwa alamiah bulu itik rontok sebelum bertelur untuk menjaga suhu telur sesuai suhu tubuh induk yang mengerami telur.

Penyebab bulu bebek rontok bisa juga karena stres. Hewan unggas ini bisa menjadi stres saat mendapat perubahan lingkungan dan makanan yang tidak sesuai. 

Misalnya bebek yang mengkonsumsi makanan terlalu asin dan mengandung kadar urea terlalu tinggi, bulu bebek menjadi rontok.

6. Kebiasaan makan menurun saat bertelur

Selain ciri bulu bebek rontok masuk fase bertelur, tanda lain perilaku mereka berubah menjadi tidak biasa. Bebek yang bertelur, biasanya pola makan menjadi menurun. 

Perubahan kebiasaan makan bebek yang menurun saat bertelur, untuk mengurangi lemak tubuh mereka sehingga tidak menjadi masalah mengeluarkan telur.

7. Sering gaduh saat bertelur

Cara bebek mengekspresikan masa bertelur cukup unik karena sering gaduh di malam hari. Jika pemilik memeriksa kegaduhan yang timbul dalam kandang, sering tidak ada sebab yang jelas. 

Suara berisik yang dibuat bebek saat bertelur mengundang keramaian dari bebek lain.

8. Senang mengali tanah

Salah satu ciri khas bebek adalah kebiasaan mengali tanah untuk membuat lubang. Lubang yang dibuat bebek tersebut untuk tempat tinggal dan sarang mereka.

Cara merawat anak bebek hingga dewasa


Untuk merawat bebek dari kecil hingga dewasa, kita butuh sarana pendukung untuk mereka. Sama seperti hewan lainnya, unggas butuh kandang, suhu yang sesuai, nutrisi makanan seimbang, kebutuhan akses air, tempat berenang dan lingkungan aman dari predator.

Cara membuat kandang bebek secara sederhana


Kandang untuk bebek bisa dibuat secara sederhana, bahan dasar yang baik digunakan untuk unggas tersebut sebaiknya dari wadah plastik, kisi lapisan kawat hingga kaca.

Kardus bisa juga dipakai sebagai kandang mereka, namun pertimbangkan keawetan dan waktu yang dibutuhkan membuat ulang setelah rusak.

Cara membuat kandang anak bebek


Kebutuhan anak bebek berbeda dengan usia setelah dewasa. Kandang untuk anak bebek memerlukan kehangatan dan hindari bentuk kandang dengan lubang berlebihan.

Dasar kandang untuk anak unggas ini memakai serutan kayu atau kain seperti handuk. Bahan yang licin seperti plastik atau koran tidak dianjurkan dipakai sebagai alas karena anak bebek belum bisa berjalan setelah menetas selama beberapa minggu.

Peralatan pendukung menjaga suhu ruangan sesuai kebutuhan mereka adalah menambah sinar lampu kekuatan sekitar 100 watt.

Desain kandang untuk usia kecil unggas membagi beberapa tempat sehingga tidak seluruhnya terkena sinar lampu.

Dengan demikian anak bebek yang butuh suhu dingin, bisa berpindah tempat secara mudah.

Saat menggunakan lampu kapasitas tinggi, pertimbangkan bahan dasar agar tidak mudah terbakar atau jarak yang sesuai supaya tidak membuat mereka kepanasan.

Cara memberi makanan dan minuman


Pemakaian peralatan untuk makanan dan minuman untuk unggas ketika usia masih kecil, pilih mangkuk atau wadah ceper atau tidak dalam. Dengan demikian cara merawat bebek bisa membuat mereka semakin sehat.

Air yang disediakan dalam kandang perlu diganti setiap hari untuk mencegah menjadi kotor menyebabkan sakit.

Makanan untuk anak bebek disarankan menggunakan pakan yang dijual di tempat khusus makanan hewan. 

Cara merawat anak bebek yang lesu


Beberapa anak bebek usia kecil sebagian bisa lahir dengan fisik kurang bagus. Jika kondisi tersebut terlihat pada beberapa unggas tersebut, cara merawat mereka bisa dengan kuning telur.

Makanan mempengaruhi kesehatan bebek


Jenis pakan khusus untuk anak hingga dewasa bagi unggas ini sebaiknya memakai produk khusus yang bisa di beli toko hewan. Selain itu, cara merawat mereka tetap sehat adalah menghindari pemberian makanan sembarangan.

Jenis makanan yang bisa mempengaruhi kesehatan bebek, diantaranya:
makanan yang mengandung buah buni, anggur, bawang bombai, bahan ragi atau bahan lain menurut dokter hewan.

Related Posts

Subscribe Our Newsletter