Bagaimana teman yang baik itu menurut kamu?

Pernah dong suatu ketika kita berpikir tentang pertemanan yang sudah terhubung sejak lama! atau mungkin baru muncul dalam pikiran kita tentang teman yang baik itu seperti apa?, kemudian bisa juga kita masih bingung ciri-ciri teman baik yang seperti apa dan mencoba membandingkan dengan rekan atau sahabat dekat!

Memiliki teman atau sahabat yang baik bukan sekedar harapan yang kita inginkan seorang diri, di luar keinginan tersebut, orang tua tak pernah bosan memberi nasihat memilih sahabat yang baik agar kehidupan anak tidak salah jalan.

Penyebab memiliki teman yang baik itu penting

Teman atau kawan yang biasa bersama-sama dengan kita ketika bermain, belajar maupun bekerja sama memecahkan persoalan yang dihadapi, ternyata bisa mempengaruhi kesehatan mental dan emosional seseorang.

Sebagai makhluk hidup yang punya kemampuan bersosialisasi dan berinteraksi dengan orang lain, peranan teman yang baik menjadi penting di saat senang maupun susah.

Kredit foto: Pexels.com


Beberapa alasan mengapa kita memerlukan teman dalam kehidupan, diantaranya:
  1. teman sering dianggap keluarga kedua
  2. karakter teman dapat mencerminkan sikap kita
  3. dapat memberi saran dan solusi yang tak pernah kita duga
  4. bisa membantu meringankan masalah yang kita alami 
  5. bisa memberikan rasa bahagia

Teman sebagai keluarga kedua


Teman sepermainan hingga teman kerja yang akrab bertemu sering menjadi bagian keluarga diri kita. Meski secara genetik bukan dari orang tua yang sama, sahabat yang baik sering seperti keluarga kedua yang kita harapkan.

Karakter teman dapat mencerminkan sikap kita


Mendapat kritik atau koreksi dari orang lain, barangkali bukan hal menyenangkan dan bisa membuat dongkol perasaan kita. Sama halnya karakter yang terdapat pada teman sepermainan hingga rekan kerja yang lebih disukai, kita bisa membandingkan kepribadian mereka dengan diri sendiri.

Jarang kita sadari, salah satu cara yang dilakukan mencari teman, rata-rata akan menyesuaikan seperti diri sendiri. Oleh karena itulah, ketika melihat sikap teman memberi respons, barangkali reaksi yang sama dilakukan oleh kita, sama persis.

Teman bisa memberi nasihat


Alasan kita butuh teman yang baik karena lingkaran kehidupan terus berputar. Kadang bisa sedang senang, namun siapa yang tahu dalam beberapa bulan atau tahun ke depan menghadapi situasi yang sulit.

Jika kita memiliki sahabat yang baik, rata-rata mereka bisa memahami sesuatu yang terjadi dalam diri kita. Teman yang kita sebut baik, tak akan segan memberi nasihat dan jalan keluar menghadapi kisruh masalah kehidupan yang terjadi.

Dengar mendengar masukan dan saran mereka, tidak sedikit juga membawa manfaat yang besar menyelesaikan masalah dengan benar.

Alasan seseorang butuh teman karena bisa meringankan masalah yang sedang dialami. Penyebab alasan yang ke-4, manusia butuh sahabat yang baik, mereka bisa meringankan masalah dan tidak akan membiarkan teman baiknya seorang diri.

Teman yang baik itu memberikan rasa bahagia


Berbeda pendapat dan mengalami sedikit pertengkaran, boleh disebutkan sebagai dinamika kehidupan karena pengalaman hidup dan cara penyelesaian masalah setiap individu tidak selalu sama.

Hal mendasar saat kita memiliki sahabat yang baik, sebagian besar membawa pengalaman yang menyenangkan dan bersama-sama melakukan kegiatan dengan bahagia.

Ciri-ciri sahabat yang baik


Ciri-ciri teman yang baik adalah tetap jujur mengatakan sesuatu yang terjadi dengan sebenarnya tanpa berbohong sedikit pun. Jika kita menjadi teman dengan orang lain dan ingin memiliki reputasi yang baik, jangan pernah sekali-kali mencoba membohongi dirinya. 

Alasan melakukan kebohongan kepada teman kita supaya mereka bahagia, sebenarnya dampaknya jangka pendek dan tidak bertahan lama.

Berteman yang bisa disebutkan baik, ketika kita berlaku terus terang tentang minat pakaian, pekerjaan hingga kebiasaan yang biasa dilakukan.

Teman yang mengatakan secara jujur pendapat yang rasakan, tidak selamanya untuk mengasari atau menimbulkan ketidaknyamanan hubungan pertemanan.

Justru kita yang sering membohongi orang lain yang dianggap sebagai teman, mesti mempertanyakan diri kita sendiri, seperti apa rasanya jika teman yang kita percayai ternyata bohong dan tidak jujur.

Tanda teman yang baik


Bagaimana ya tanda sahabat yang baik itu? Untuk menemukan tanda sahabat yang baik, bisa kita lihat pada beberapa hal, yakni:
  1. sikap saling menghormati
  2. sikap setia dan mau membantu
  3. sikap bisa dipercaya

Tanda yang menjadi ciri seorang teman tersebut baik adalah sikap dan interaksi yang terjadi secara dua arah memiliki sikap saling menghormati.

Banyak faktor yang bisa melatarbelakangi sikap saling menghormati, misalnya bisa menjaga rahasia, tidak menjelekkan di belakang, dan lain sebagainya.

Tanda yang menjadi ciri sahabat yang baik kedua adalah sikap setia dan mau membantu. Memiliki banyak teman bisa saja menjadi kebanggaan sebagian orang, namun di saat masalah muncul, rata-rata banyak yang hilang atau pura-pura lupa.

Ciri-ciri teman yang baik, ketika mereka sudah susah dan membutuhkan pertolongan, kita tetap setia membantunya saat membutuhkan. 

Bentuk bantuan untuk teman yang sedang susah tidak selamanya berkaitan dengan uang. Kita bisa memberi dukungan moral, memberi dorongan tetap tetap dan tidak meninggalkan saat dibutuhkan.

Tanda teman disebut baik ketika sikap bisa dipercaya. Alasan teman yang baik memerlukan ciri-ciri ini, rata-rata ada banyak cerita yang perlu dijaga kerahasiaan.
LihatTutupKomentar