30+ Gambar Flora dan Fauna

Flora dan Fauna di Indonesia - Seperti yang kita ketahui Indonesia merupakan negara yang kaya akan keunikan mulai dari budaya hingga flora dan faunanya.

Disisi lain, lokasi indonesia yang sagat strategis ini yakni diapit oleh dua benua dan dua samudra  serta kekayaan flora dan faunanya menjadikan negara dengan iklim tropis ini sangat unik.

Ketersedian makanan yang melimpah berupa Nabati dan hewani turut melestarikan satwa-satwa eksotis hingga satwa liar di dalam ekosistemnya. Itulah mengapa, persebaran flora dan fauna di Indonesia sangat beragam.  

Bukan cuma kaya akan flora dan faunanya saja, Indonesia merupakan tempat atau rumah bagi beragam spesies flora dan fauna eksotis nan langka

Lalu apa sih flora dan fauna di Indonesia itu ?

Untuk mengetahui lebih jelas lagi tentang Flora dan Fauna di Indonesia, Kuy kita intip penjelasan serta macam-macam Flora dan fauna Indonesia dibawah ini.  

Pengertian Flora dan Fauna Beserta Contohnya

Gambar Flora dan Fauna
Contoh gambar flora dan fauna

Tahukan kamu apa deskripsi dari kata flora dan fauna ?

Sederhananya Flora adalah seluruh spesies atau jenis tumbuh-tumbuhan yang hidup dan berkembang di daerah tertentu. Sementara Fauna adalah semua spesies atau jenis hewan yang tumbuh dan berkembang biak di kawasan tertentu.

Jadi kesimpulannya adalah : Flora dan Fauna adalah semua jenis atau spesies tumbuh-tumbuhan dan hewan-hewanan yang hidup dan berkembang biak di kawasan tertentu pada suatu daerah.

Seperti yang telah saya singgung sebelumnya, Indonesia merupakan negara yang kaya akan flora dan faunanya. Hal tersebut didukung dengan tidak sedikitnya tumbuh-tumbuhanan maupun satwa endemik yang hanya ditemukan di Indonesia.

Hal tersebut juga bukan berita baru lagi yang terdengar di telinga masyarakat, mengingat pangan berupa nabati dan hewani yang tergolong melimpah juga turut menjadi faktor utama dalam penyebaran flora dan fauna di Indonesia.

Secara umum, persebaran flora dan fauna di Indonesia dipengaruh oleh letak geografis serta berdasarkan wilayah dan perbatasan daerah tertentu. flora dan faunanya di indoneisa terbagi menjadi tiga bagian, yaitu Asiatis (Indonesia Barat), Peralihan (Indonesia Tengah), dan Australis (Indonesia Timur)

Ketiga bagian ini merupakan bagian dari garis Wallace dan garis Weber: garis Wallace di bagian barat dan tengah, sedangkan garis Weber di Indonesia tengah dan timur.

Untuk gabaran pembagian daerah tersebut kamu bisa melihatnya dibawah ini.

flora dan fauna di indonesia

Indonesia Bagian Barat (Asiatis)

Flora dan fauna yang terdapat di wilayah bagian barat Indonesia juga disebut juga sebagai tipe Asiatis. beberapa daerah yang terdapat didalamnya ialah Pulau Kalimantan, Jawa, dan Sumatera.

Spesies flora yang ditemukan di wilayah barat Indonesia ini pada dasarnya bersifat heterogen, seperti tanaman lumut, jamur, meranti, mahoni, damar dan tanaman paku.

Hal tersebut dikarenakan iklim tropis di daerah tersebut yang curah hujannya tinggi sehingga menyebabkan kawasan Asiates ini menjadi lembab.

Selain itu, terdapat beberapa Jenis hutan yang terdapat di bagian barat yakni hutan hujan tropis, hutan musim, hutan bakau di pesisir pantai, dan hutan sabana tropis.

Salah satu spesies flora endemik Indonesia yang berada di wilayah barat ini ialah Raflesia Arnoldi atau bunga bangkai Bengkulu.

Sedangkan untuk jenis-jenis fauna yang ditemukan di daerah bagian barat Indonesia ini di antaranya mamalia, burung, dan ikan.

Disisi lain terdapat banyak fauna endemik Indonesia yang terdapat di bagian barat ini seperti badak bercula satu, orangutan, pesut Mahakam, tapir, dan harimau Sumatera.

Indonesia Bagian Tengah (Peralihan)

Type prahara atau yang merupakan negara indonesia bagian tengah ini terdiri dari beberapa pulau yang diantaranya ialah Nusa tenggara timur, Sulawesi dan bali.

Berbeda dengan indonesia bagian sebelumnya (Asiatis), Iklim didaerah tersebut memiliki kelembapan yang minim karena kecilnya curah hujan disana. Oleh karena itulah, flora yang terdapat diaerah tersebut merupakan rempah-rempah yang diantaranya terdiri dari Cengkeh, cendana, eboni, pala dan anggrek.

Disisi lain, Fauna yang terdapat di daerah ini pada dasarnya terdiri dari beberapa hewan endemik seperti babi rusa, Burung maleo, komodo, dan anoa.

Indonesia Bagian Timur (Australis)

Yang terakhir dari 3 bagian negara indonesia ialah Australis atau Indonesia bagian timur. Beberapa wilayah provinsi yang terdapat di daerah tersebut terdiri dari Maluku, Pulau papua dan sekitarnya.

Mungkin diantara kalian ada yang bertanya "Kenapa disebut Australis ?". Hal tersebut dikarenakan flora dan fauna didaerah ini berkaita erat dengan benua Australia.

Bagian timur indonesia atau yang disebut juga dengan Australis ini pada dasarnya didomisili oleh hutan hujan tropis dan huan pegunungan.

Flora yang dapat ditemkan di daeah tersebut diataranya nipah dan pohon sagu. Selain itu ada juga pohon matao, tanaman eucalyptus, serta pohon rasamala.

Sedankan untuk Faunan yang terdapat di daerah tersebut terdiri dari Burung cendrawasih, nuri sayap hitam, kangguru pohon dan kasuari 

Gambar Flora dan Fauna Indonesia

Selain penjelasan yang telah kami rangkum diatas, kami juga akan membagikan beberapa koleksi gambar yang berkaitan dengan Falora dan fauna di Indonesia.

Buat kamu yang tertarik untuk menyimpan gambar-gambar tersebut bisa kamu unduh secara gratis. kamu juga bisa menggunakan gambar-gambar berikut untuk wallpaper karena gambar yang kami bagikan tentunya kualitas HD.

Untuk itu, kuy kita lihat koleksi gambar floda dan fauna Indonesia dibawah ini.

Kumpulan gambar flora

Gambar flora bunga anggrek tebu
Anggrek tebu

Gambar flora bunga anggrek bulan
Anggrek bulan

Gambar flora bunga bangkai
Bunga bangkai

Gambar flora bunga cendana
Pohon/bunga cendana

Gambar flora bunga kenanga
Bunga kantil kuning

gambar flora bunga melati
Bunga melati

Gambar flora bunga nepenthes-kantung semar
Gambar flora bunga nepenthes/kantung semar

Gambar flora pohon damar
pohon damar

Gambar flora pohon kapur
pohon kapur

Gambar flora pohon sonokeling
pohon sonokeling

Gambar flora Rafflesia Arnoldi
Raflesia arnoldi

Gambar flora rhododendron javanicum
rhododendron javanicum

Gambar flora tanaman sembung
tanaman sembung



Kumpulan gambar fauna

Burung maleo
Burung maleo

Gambar fauna anoa
Gambar anoa

Gambar fauna babisura
Gambar babisura

gambar fauna badak sumatera
gambar badak sumatera

Gambar fauna beruang madu
Gambar beruang madu

Gambar fauna Buaya muara
Gambar Buaya muara

Gambar fauna burung cendrawasih
Gambar burung cendrawasih

Gambar fauna burung merak
Gambar burung merak

Gambar fauna harimau sumatera
Gambar fauna harimau sumatera

Gambar fauna hewan ajag
Gambar hewan ajag

Gambar fauna komodo
Gambar komodo

Gambar fauna Kucing merah
Gambar Kucing merah

Gambar fauna penyu tempayan
Gambar fauna penyu tempayan

Gambar fauna tapir
Gambar fauna tapir

Gambar fauna ular sanca bodo
Gambar ular sanca bodos

Demikianlah penjelasan mengenai flora dan fauna serta penyebarannya di Indonesia. Semoga dengan rangkuman penjelasan berikut bisa menambah wawasan kamian dan tentunya menumbuhkan rasa cinta yang lebih dalam lagi kepada negeri kita ini.

Lihat juga : Koleksi gambar bunga {Lengkap}

Terimakasih dan semoga bermanfaat

LihatTutupKomentar