Mengubah Teks Ketikan Menjadi Tulisan Tangan Sendiri

cara konversi tulisan ketik ke tulisan sendiri - Lama banget gak nulis artikel lagi disini hehe.. Untungnya selalu ada kesempatan buat ngeblog. Di artikel kali ini, saya akan kasih tau trik buat ngubah tulisan ketik di komputer menjadi tulisan sendiri.

Awalnya, saya terinspirasi dari banyaknya tugas online dari sekolah. Kadang males banget kalau nugas disuruh ngerangkum tapi gak boleh diketik. Alias dicatet di buku tulis, terus difoto, baru dikirim. Padahal kan kalo diketik bisa lebih cepet dan yang pasti bisa copas hahahh..

Tiba-tiba saya dapet ide untuk bikin aplikasi untuk konversi ketikan, ke tulisan tangan, kemudian dikasih background dan layout buku tulis. Pokoknya supaya bisa ngerjain tugas ngetik, tapi dikira nulis dan gak ketauan sama guru dah wkwk.

2 bulan ide itu direncanain tapi gak sempet dibikin. Semua nge-stuck di riset teknologi pemrogramannya. Ditambah ada projek lain. Saya iseng nyari web yang bisa ngubah ketikan jadi tulisan tangan buat ngerjain tugas sekolah. Dan bener aja, udah ada yang bikin dan keren banget! Yaitu website buatan @saurabhdaware bernama Text-To-Handwriting. Web tersebut emang dirancang buat ngerjain tugas online dari sekolah wkwk. Saya juga sempat berkontribusi untuk fitur di web itu.

Nah, berikut ini saya akan ngajarin gimana caranya.

A. Membuat Font
Tulisan orang pasti beda-beda dong. Oleh karena itu, tahap pertama kita harus ngebuat font dengan gaya kita sendiri. Ada situs yang memungkinkan kita untuk membuat font pakai tulisan tangan sendiri.

Yaitu situs Calligraphr (https://www.calligraphr.com/).

Silahkan baca langkah-langkah membuat font di Calligraphr disini:



B. Konversi Ketikan ke Tulisan Tangan
Nah, kalau kita udah dapet gaya tulisan kita secara digital, sekarang saatnya masuk ke tutorial inti dari artikel ini.

2. Upload font pada menu Costumization
3. Tulis sesuatu di kertas digital di dalam web
4. Print




Kita juga bisa menyatukan semua halaman menjadi PDF. Bisa dicoba-coba fitur yang ada di website Text-To-Handwriting itu.
LihatTutupKomentar