Gambar Rumah Adat Aceh - Krong Bade

ServerGambar | Rumah krong bade adalah Salah satu budaya khas indonesia yang saat ini hampir punah karena keberadaannya sudah jarang ditemukan dan jarang dipakai karena hampir seluruh masyarakat aceh sudah membangun rumah dengan tekstur Modern.

Harga pembagunan rumah modern jauh lebih murah dibandingkan biaya pembangunan rumah krong bade. Selain itu, biaya perawatannya juga tergolong murah dan tidak memakan biaya yang tidak sedikit seperti rumah krong bade.

Meski begitu, rumah krong bade ini harus tetap dikenal olah masyarakat, dan terutama bagi anak-anak. hal tersebut tentunya bertujuan untuk menumbuhkna rasa cintanya terhadap tanah air serta menjaga eksistensi rumah krong bade ini agar tidak hilang dan tidak dicuri oleh negara tetangga.

Untuk itu, pada kesempatan ini saya akan mengulas sedikit tentang karakteristik hingga keunikan Rumah adat aceh atau Rumah krong bade ini.

Mengingat untuk mengenal rumah adat secara spesifik merupakan hal yang sangat penting, maka dari itu sebagai kamu milenial mari kita kenali rumah adat aceh ini mulai dari pegenalan awal, sejarah singkat, ciri ciri hingga maknanya lewat ulasan dibawah ini.

Tidak luput juga, kami mengulas mengenai bagian bagaian dari Rumah adat aceh ini. Untuk itu, berikut kami rangkum ulasannya untuk anda.

Rumah adat Aceh adalah : Berikut penjelasannya

Gambar rumah adat aceh
Gambar rumah adat aceh
Sama seperti Rumah adat pada umumnya, Rumah adat Aceh juga memiliki nama tersendiri yaikni Rumah krong badeRumah krong bade atau yang merupakan rumah adat dari provinsi Nangroe aceh darussalam ini juga biasa dikenal dengan sebutan atau nama Rumoh Aceh.

Selain memiliki penampilan yang khas, rumah krong bade ini juga memiliki keunikan dan menjadi ciri khas Tersendiri dari rumah adat provinsi aceh ini.

Sejarah singkat rumah Krong bade

Berdasarkan kepercayaan yang dianut oleh masyarakat sebelumnya, leluhur memberikan persetujuan terkait "rumah bukan hanya sekadar tempat tinggal tetapi juga ekspresi keyakinan akan penciptanya".

Dengan kata lain, rumah merupakan jembatan syukur atas kekayaan alam yang diberikan oleh tuhan. Oleh karena itulah, semua bahan dasar untuk pembuatan rumah Krong Bade ini terbuat dari bahan dasar yang diperoleh dari alam.

Uniknya, masyarakat aceh tidak menggunakan paku saat membuat rumah Krong bade ini. Selain itu rumah adat acek ini dipercaya dapat bertahan hingga 200 tahun, dan terkenal tahan akan guncangan seperti Gempa.

Ciri Ciri rumah adat aceh

Rumah krong bade memiliki ciri khas tersendiri yang menjadikan rumah tersebut terlihat beda dari rumah adat dari daerah lainnya.

Meskipun tidak semua rumah Krong bade memiliki bentuk yang sama, namun ada beberapa hal yang menjadi ciri khas dari Rumoh aceh ini seperti halnya :
  1. Memiliki tangga dibagian depan rumah untuk masuknya otang-orang kedalam rumah.
  2. memiliki bentuk rumah yang cenderung seperti panggung dan tinginya bervareasi dari atas tanah.
  3. Umumnya tangga rumah krong bade memiliki tinggi kurang lebih 2,5 hingga 3 meter.
  4. Jumlah anak tangga rumah krong bade cenderung berjumlah ganjil.
  5. Memiliki bahan dasar yang terbuat dari alam yaitu kayu.
  6. Memiliki banyak ukiran pada dinding rumah Krong bade, namun ukiran tersebut tergantung dari perekonomian sang pemilik rumah.
  7. Rumah Krong bade memiliki bentuk persegi yang memanjang dari timur ke batar.
  8. Atapnya terbuat dari daun rumbia.
Itulah ciri khas rumah krong bade yang paling mencolok, serta menggambarkan rumah adat aceh secara umum.

Makna rumah krong bade

Selain memiliki ciri khas, rumah Krong bade juga memiliki makna tersendiri bagi masyarakat aceh. Makna yang paling melekat di kalangan masyarakat aceh yakni Rumah krong bade ini merupakan Indentitas bagi masyarakat Aceh.

Makna lainnya dapat dilihat dari bahan bagunan yang diambil dari alam yang berarti Masyarakat aceh memiliki kehidupan yang dekar dengan Alam.

Dalam proses pembuatannya, masyarakat Aceh bahkan tidak menggunakan paku dalam membuat rumah Krong bade ini. Penggunaan paku diganti dengan Tali yang digunakan untuk mengikat satu bahan dengan bahan bangunan lainnya.

Selain itu, Ukiran-ukira yang terdapat di setiap dinding rumah Krong badeng ini juga memiliki makna tersendiri. Ukiran-ukiran tersebut berhubungan dengan status sosial masyarakat aceh, banyaknya ukiran tersebut tergantung dari kemampuan ekonomi penghuni rumah tersebut.


Bagian Bagian Ruangan Rumah Krong Bade

Rumah Krong Bade
Rumah Krong Bade
Adapun bagian bagian rumah krong bade yang terbagi terbagi menjadi 4 bagian yaitu bagian depan, bagian tengah, bagian beakang serta bagian bawah.

Bagian-bagian tersebut memiliki kegunaannya masing masing. Berikut penjelasan bagian-bagian rumah aceh :

Ruangan depan

Ruangan bagian depan rumah Krong bade berfungsi sebagai ruang peristirahatan keluarga  atau Ruang santai.

Ruang depan ini biasa digunakan sebagai tempat santai keluarga dan juga untuk kegiatan lain yang bersifat santai. Ruang bagian depan juga digunakan sebagai Ruang tamu.

Ruang tengah

Ruang tengah atau yang biasa disebut seuramoe teungoh merupakan ruang inti dari Rumah Krong bade ini. Berbeda fungsi dengan ruang depan, ruang tengah ini memiliki beberapa kamar tidur dibagian sisi kanan dan sisi kirinya.

Runagn tengah biasanya memiliki ketinggian yang lebih tinggi dari bagian ruangan ainnya. Ruangan tengan ini juga bersifat Private yang berarti tidak sembarang orang boleh memasukinya kecuali anggota keluarga.

Kegunaannya pun beragam, ruang tengah ini biasa digunakan sebagai tempat tidur kepala keluarga. Selain itu, ruangan tengah ini juga digunakan sebagai kamar pengantin jika ada acara keluarga sepertti pernikahan.

Ruang tengah ini juga kerap digunakan sebagai ruang pemandian mayat jika ada anggota keluarga yang meninggal

Ruang belakang

Ruang Belakang rumah Krong bade atau yang juga disebut dengan pangilan seurameo likot Merupakan Ruang santi untuk keluarga.

Ruang belakang ini letaknya lebih rendah dari bagian tengah, serta sama seperti bagian depan, bagian belakang ini tidak memiliki kamar. Kegunaannya kerap menjadi ruangan untuk bercengkrama para anggota keluarga serta menjadi dapur rumah.

Ruang bawah

Ruang bawah ini bisa dikatakan sebagai ruang penyimpana atau Gudang. Biasanya digunakan untuk menyimpan padi dan hasil panen lainnya.

Ruangan bawah rumah Krong bade juga berfungsi sebagai pusat aktivitas para perempuan yakni membuat kain khas dari daerah Aceh ini.

Keunikan Rumah Adat Aceh (Krong Bade)

Gambar rumah adat aceh
Gambar rumah adat aceh
Selain sebagai tempat bernaung, rumah adat aceh menjadi simbol peninggalan nenek moyang kita. Setiap rumah adat memiliki keunikannya tersendiri, dan begitupula dengan rumah adat aceh ini.

Beberapa keunikan tersebut ialah :

Terdapat gentong air didepan rumah

Rumah adat aceh memiliki keunikan yang sangat mencolok dan menjadi ciri khas rumah adat ini. Keunikan tersebut ialah terdapat Gentong air dibagian depan rumahnya.

Gentong tersebut diletakkan oleh penghuni rumah dengan bertujuan agar tamu yang datang dapat mencuci kakinya sebelum memasuki rumah. Selain itu, makna dibalik hal tersebut ialah tamu-tamu yang datang mempunyai niat yang baik terhadap tuan rumah.

Bagian depan rumah mengahadap ke barat

Jika kita mengingat pada sejarah rumah adat tersebut, masyarakat acek tidak melupakan nilai-nilai agama dalam melakukan pembangunan rumah.

Hal tersebut dapat dilihat dari rumah adat tersebut yang cenderung selalu menghadap kearah barat yang juga merupakan kiblatnya kaum muslimim saat melakukan sembahyang.

Dibuat dengan bahan bahan alam

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, Rumah adat aceh ini dibangun berdasarkan kepercayaan yang dianut oleh nenek moyang, yaitu agama islam.

Menurut para leluhur "rumah bukan hanya sekadar tempat berteduh tetapi juga ekspresi keyakinan akan penciptanya" sehingga dalam pembuatannya pun tidak luput dari bahan bahan yang diproleh dari alam.

Bentuk rumah panggung

Rumah adat aceh memiliki bentuk panggung dengan atap yang tinggi, namun ketingian rumah dibagian tengah cenderung lebih tinggi dari bagian rumah lainnya.

Ketinggiannya bisa mencapai 3 meter, hal tersebut bertujuan agar air tidak masuk kedalam rumah serta agar penghuni rumah terhindar dari serangan binatang buas.

Demikianlah ulasan terkait Rumah adat aceh yang dapat saya rangkum dan bagikan kepada anda. Semoga aerikel ini dapat membatumu untuk mengenal lebih dekat dengan budaya Indonesia.
Lihat juga
Gambar dan nama rumah adat di Indonesia
Terimakasih dan semoga bermanfaat
LihatTutupKomentar