5 Tips Perawatan Rambut Rusak Agar Kembali Sehat

Kuliner Asik, 5 Tips Perawatan Rambut Rusak Agar Kembali Sehat – Tahukah Anda tentang perawatan rambut rusak?, Jika anda belum mengetahuinya, tepat sekali mengunjungi artikel ini. Karena pada kesempatan kali ini, kami akan mengulas tentang cara merawat rambut rusak agar mahkota Anda terlihat lebih segar. Oleh karena itu, marilah simak penjelasan mengenai perawatan rambut rusak secara lengkap yang ada dibawah ini.


tips perawatan rambut rusak
perawatan rambut rusak

PERAWATAN RAMBUT RUSAK


Rambut adalah mahkota Anda dan menjadi bagian yang cukup penting. Pasalnya, jika tidak dirawat dengan baik tentu saja dapat mempengaruhi penampilan Anda. Jika Anda pernah mengalami berjam-jam menata rambut, namun ternyata gaya rambut tidak bertahan lama, atau rambut yang seringkali lepek tidak bervolume ini adalah tanda-tanda rambut Anda mengalami kerusakan. Rambut rusak akan tampak tidak indah dipandang mata. 

Ada beberapa ciri rambut rusak yang perlu Anda ketahui, diantaranya sebagai berikut:


KERONTOKAN PADA RAMBUT


Jika rambut Anda rontok dalam jumlah banyak, ini juga menjadi penanda jika mahkota Anda mengalami kerusakan. 

Biasanya ini dapat diketahui jika Anda sedang menyisir menggunakan jari tangan, lalu banyak rambut yang rontok dalam genggaman tangan.

MENARIK RAMBUT SAAT DALAM KONDISI BASAH


Anda bisa mengecek kesehatan rambut, tariklah 1 helai rambut saat masih dalam kondisi basah. Jika rambut tidak patah, maka rambut masih tergolong sehat. Sebaliknya, bila ditarik sedikit saja langsung putus atau patah, berarti rambut tergolong tidak sehat.


TERLIHAT KUSAM DAN KUSUT


Rambut yang rusak akan terlihat kusam dan kusut tentunya tidak sedap dipandang mata. Jika dirasakan, rambut terasa kasar saat disentuh. 

Umumya, kondisi rambut yang memiliki tekstur kasar dan kaku seperti ini akan mudah patah dan rontok.


UJUNG RAMBUT YANG BERCABANG


Ujung rambut yang bercabang adalah salah satu ciri rambut yang tidak sehat. Ada banyak penyebab yang membuat rambut menjadi bercabang, seperti kebiasaan menggunakan alat catokan, hair dryer, dan memilih produk perawatan yang kurang sesuai dengan jenis rambut Anda.


SULITNYA MENATA RAMBUT


Tentu saja rambut yang rusak menyebabkan sulitnya menata rambut. Biasanya rambut yang tidak sehat tidak dapat bertahan lebih dari 1 jam setelah ditata. Bila dirasakan juga rambut terasa kasar dan kurang lentur.


TIPS MERAWAT RAMBUT RUSAK


Rambut yang rusak perlu diatasi segera mungkin agar dapat kembali sehat dan terlihat menawan. Berikut adalah 5 tips perawatan rambut rusak yang bisa Anda coba:


1. MEMBERSIHKAN RAMBUT SECARA TERATUR


Perawatan pertama adalah bersihkan rambut secara teratur menggunakan sampo yang sesuai dengan tipe rambut dan kulit kepala Anda. Pasalanya, pemakaian sampo yang tepat juga dapat dipakai sebagai salah satu cara merawat rambut rusak akibat rebonding maupun smoothing.

Selain itu, perlu juga menggunakan kondisioner untuk membantu melembutkan dan merawat akar rambut. Ini juga sebagai salah satu cara mengobati rambut rusak yang disebabkan karena smoothing maupun rebonding.


2. POTONG RAMBUT RUTIN 3 BULAN SEKALI


Memotong rambut rutin 2 atau 3 bulan sekali ternyata menjadi salah satu cara untuk mengurangi kerusakan rambut. Cara ini diyakini mampu mengatasi rambut rusak parah, terutama untuk bagian ujung rambut yang bercabang.


3. MENCUKUPI KEBUTUHAN AIR PUTIH


Air putih sangat penting untuk membuat rambut lebih sehat. Karena air juga diperlukan rambut untuk membantu melembabkan, menghaluskan, dan meningkatkan kesehatan alami rambut.


4. GUNAKAN PELINDUNG RAMBUT


Anda harus menggunakan pelindung rambut agar terhindar dari paparan sinar ultraviolet. Anda dapat menggunakan aksesoris rambut seperti topi atau kerudung.


5. SISIR RAMBUT DENGAN LEMBUT


Rambut Anda berada pada kondisi paling lemah saat basah, hal yang harus Anda perhatikan adalah jangan terlalu semangat menyisir saat rambut basah. Karena justru dapat menyebabkan kerusakan pada kutikula rambut, yang dapat menyebabkan ujung rambut bercabang dan patah. 

Untuk membantu melindungi rambut, sisirlah rambut menggunakan jari saat keramas menggunakan kondisioner. Kondisioner akan melapisi helai rambutmu dan berperan sebagai pelicin, membuat rambut kusut menjadi lebih mudah untuk disisir. Pilihlah sikat rambut dengan sikat berbahan plastik dan bergigi jarang, atau sisir garpu dengan bahan plastik dan bergigi lebar, yang akan memberikan area lebih bagi helai-helai rambut agar tidak terlalu kusut dan lebih mudah diurai.

Baca juga: Konsumsi Tomat Setiap Hari dan Rasakan Manfaatnya Bagi Tubuh

Penutup


Sekian artikel dari Kuliner Asik yang bisa dibagikan, tentang 5 tips perawatan rambut rusak agar kembali sehat, dimana penyebab rambut yang kering dan rusak, kemungkinan ada di rutinitas perawatan rambutmu. Lakukan tips-tips sederhana ini agar Anda tahu cara merawat rambut rusak dan bersiaplah menyambut rambut yang terlihat sehat dan lebih kuat!

Semoga bermanfaat, jika ada pertanyaan silahkan hubungi Contact Us. Jangan lupa share artikel ini agar orang lain terbantu dengan adanya informasi dalam artikel ini. Sampai jumpa lagi di artikel-artikel review selanjutnya.
LihatTutupKomentar