Penyebab Kaki dan Kuku Anjing Tidak Normal

Organ tubuh seperti kaki merupakan bagian yang penting untuk berjalan dan berpindah tempat. Ketika pertumbuhan menjadi tidak normal dan menyebabkan rasa tidak nyaman dan berkurangnya kebebasan, hal ini bisa juga dialami hewan peliharaan Anda.

Ketika kaki dan kuku anjing tidak tumbuh normal, jika berasal dari sistem kekebalan tubuh tidak berfungsi sebagaimana adanya peliharaan lainnya, salah satunya akan mempengaruhi kesehatan kuku juga.

Mesti kasus ini tergolong jarang terjadi, beberapa ras anjing dapat mengalami peristiwa tersebut. Umumnya usia anjing dewasa dan sudah tua lebih cenderung terjadi dibandingkan dengan umur yang masih kecil.
(Kredit gambar holaliopetshopandsupplies.com)


Gejala Kaki dan Kuku Anjing Tidak Normal


Gangguan kesehatan kaki dan kuku memiliki respon yang bisa berbeda yang bergantung tingkat keparahannya. Gejala yang bisa terjadi seperti anjing kehilangan 1 atau 2 kuku dan beberapa minggu atau bulan selanjutnya beresiko kehilangan seluruh kukunya jika tidak diobati dengan tepat.

Selain copotnya kuku mereka, tanda lain yang mungkin terjadi adalah kuku pengganti yang muncul tidak berbentuk sempurna. Terkadang sangat lunak dibanding kuku normalnya atau warnanya akan berbeda.

Jika hewan peliharaan mengalami masalah kesehatan seperti ini, biasanya menimbulkan rasa gatal dan menyakitkan.

Penyebab


  • Kemungkinan terjadinya kelainan autoimun
  • infeksi bakteri
  • pengaruh obat
  • symmetrical lupoid onchyodystrophy
  • neoplasm


Pengobatan karena bakteri

kuku yang copot atau patah sebagian karena benturan harus di rapikan. Umumnya pengobatan menggunakan antibiotik diperkirakan memerlukan waktu sedikitnya 2 minggu. Agar kondisi kuku normal seperti biasa, terapi dengan cara scrub kaki menggunakan metode topical fot. Percepatan pertumbuhan kuku dapat melakukan prognosis.


Pengobatan karena jamur

Infeksi kaki atau kuku anjing cenderung dipengaruhi dermatophytes. Kucing dan anjing sangat jarang mengalami hal ini selalu keadaan mereka sehat. Tanda hewan peliharaan bermasalah dengan jamur di bagian kaki atau kuku, biasanya bisa menyebabkan 1-2 kuku copot dan lebih banyak dialami pada hewan yang memiliki alergi.

Cara perawatan

Membersihkan efek yang ditimbulkan jamur dengan pengobatan antijamur yang direkomendasikan dokter hewan. Perlu waktu sekitar 1-3 bulan agar kondisinya kembali normal. Jika mereka tidak diobati dan menyebabkan hal yang lebih serius dan ahli kesehatan menilai sangat berbahaya, dapat berakhir dengan amputasi.

Canine Footpad Papilloma (Kutil)

Kutil jenis penyakit yang jarang dialami kucing dan anjing. Namun jenis anjing yang mengalami hal ini, secara perlahan akan mengeras dan bisa terjadi pada kaki.

Kaki Anjing Bengkok


Kaki memiliki tungkai yang sebagian besar tegak lurus dan tumbuh normal sepanjang kehidupan mereka. Ketika Anda menjumpai hewan peliharaan tersebut tiba-tiba mengalami kelainan, umumnya pengaruh dari genetik saat lahir atau cedera.

Anjing usia kecil saat terjatuh dan mempengaruhi growth plate menyebabkan cedera, dapat bermasalah pada pertumbuhan tulang kakinya menjadi berhenti sehingga menjadi lebih pendek atau bengkok dengan kaki yang lain.

Pada umumnya cedera sejenis ini lebih banyak terdapat pada kaki bagian depan karena beberapa kondisi.

Proses pertumbuhan tulang kaki yang tidak normal menjadi salah satu alasan lainnya menyebabkan menjadi bengkok.

Penyebab kaki dan kuku anjing yang tidak normal sebagian besar bisa dikenali sejak mereka masih kecil dengan memperhatikan cara mereka berjalan. Pada usia yang masih kecil, kecenderungan untuk pulih tanpa operasi lebih mudah karena belum mengerasnya tulang.

Sementara sebagian lain jika penyebab kaki dan kuku anjing yang tidak normal diketahui setelah dewasa atau tua, lebih dominan menggunakan operasi jika direkomendasikan dokter hewan.



Related Posts

Subscribe Our Newsletter