Cara Melatih Anjing Dewasa Duduk dan Trik Lain

Hewan peliharaan yang dipelihara di rumah selain membutuhkan pakan sebagai makanan bernutrisi tinggi, selain itu bisa menghibur dan menjadi teman untuk anggota keluarga. Namun keterampilan yang dimiliki mereka bisa ditambahkan lebih spesifik melalui proses belajar dan latihan teratur.

Jenis hewan peliharaan yang sering dilatih oleh manusia, diantaranya anjing. Mereka memiliki kecerdasan belajar mengenali instruksi saat dilatih secara tepat dan benar.

Cara melatih anjing pada beberapa keterampilan dasar, seperti duduk, buang kotoran di tempat yang diinginkan dan trik lain sebagian besar memberi apresiasi dilakukan sejak dini untuk mempermudah di latih.

Hewan peliharaan secara keseluruhan dapat diajarkan trik pada usia kapanpun. Misalnya jika Anda mengadopsi anjing dewasa dan belum mempunyai keterampilan dasar, sebenarnya umur dewasa memiliki beberapa kelebihan lain dibanding usia kecil.

Pemilik yang mengadopsi hewan peliharaan sudah dewasa diuntungkan kemampuan mereka yang lebih mengontrol dirinya daripada umur yang masih kecil.

Kredit photo [email protected]


Cara Melatih Anjing Dewasa Duduk dan Trik Lain

Kredit photo:[email protected]

Jika Anda salah satu pemilik yang akan melatih anjing dewasa beberapa trik yang belum bisa dilakukan mereka, hewan peliharaan ini membutuhkan beberapa hal untuk mendukung kesuksesan latihan lebih tinggi. Beberapa diantaranya yang perlu dimiliki Anda seperti:

1. Sikap sabar

Keputusan Anda membawa hewan peliharaan menjadi anggota keluarga baru di rumah sangat tepat untuk memberikan mereka keluarga baru yang menyenangkan. Sikap yang perlu disiapkan untuk peliharaan saat baru datang, adalah memberikan mereka waktu untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan rumah.

Pengalaman yang pernah dirasakan anjing sebelum Anda adopsi memiliki pengaruh besar proses mereka beradaptasi. Tidak ada waktu yang tepat memperkirakan berapa lama mereka bisa bersosialisasi, rata-rata bisa berlangsung 1 minggu-1 bulan sampai mereka merasa nyaman dan menilai telah menjadi bagian dari anggota keluarga.

2. Mengenali kebiasaan

Sebagian besar jenis dewasa yang dirawat, umumnya perlu kandang yang nyaman sesuai ukurannya jika baru di adopsi. Cara merawat anjing tersebut sama halnya dilakukan untuk usia anakan dengan meletakkan di kandang jika tidak diawasi.


  • Jenis anjing mempunyai beberapa perbedaan mengontrol dirinya untuk buang air dan kotoran. Misalnya, anjing usia 8-16 minggu setiap 2-4 jam sekali perlu dikenalkan kotak buang air dan kotoran dengan membawa mereka kesana.
  • Umur 4-6 bulan rata-rata setiap 4-5 jam sekali akan buang air dan kotoran.
  • Umur 6 bulan- 1 tahun diperkirakan 6-7 jam.
  • Umur 1 tahun lebih rata-rata akan buang air kecil dan kotoran.


Dengan mengenali kebiasaan mereka, Anda dapat melatihnya untuk buang air kecil dan kotoran di kotak yang dipersiapkan.

Untuk melatih anjing trik dasar, hal yang terpenting adalah menghindari bentuk hukuman bagi mereka, karena hukuman secara fisik hanya menimbulkan trauma baru dan menyebabkan rasa tidak nyaman. Hal yang paling efektif mengajarkannya adalah dengan memberi reward penguatan positif jika mereka melakukan hal yang diinginkan, sehingga kebiasaan tersebut akan berulang kembali.

Faktor cara melatih anjing dewasa duduk dan trik lainnya juga dipengaruhi ras masing-masing hewan. Hal yang terpenting agar mereka terbiasa melakukan beberapa latihan tersebut, diantaranya menyiapkan kemudahan akses untuk dilakukan, seperti kandang, kotak penampung kotoran dan saran pendukung lain.

Anda mungkin tidak akan tahu pasti pengalaman yang dialami mereka dari kecil hingga dewasa di masa lalu, sehingga metode penguatan positif adalah pilihan terbaik Anda. Agar latihan bisa lebih mudah, misalnya menggunakan camilan dan kudapan yang disukai mereka dan memberi pujian sebagai metode pelatihan dari segala usia dan ras. Selain itu, cara ini dianggap cara yang bagus memperkuat ikatan perasaan Anda dan anjing.

Anda mungkin perlu lebih banyak usaha di awal untuk mengajarkan perintah dasar pada peliharaan usia dewasa agar bersikap baik dan perilaku seperti yang diinginkan.

Memulai Melatih Anjing Dewasa Duduk

Kredit photo:CC0DomainPublik


Umumnya melatih anjing belajar trik baru seperti duduk, majikan sebagian besar menggunakan kata "sit" sebagai instruksi yang diperdengarkan kepada peliharaan.

Untuk melatih anjing duduk, sebelum memulai trik latihan duduk, beberapa persiapan awal yang diperlukan, seperti:

  • -makanan, camilan sebagai reward
  • - pilih posisi berhadap-hadapan dengannya, langkah pertama mengenalkan makanan yang Anda pegang untuk diendus di depan hidung mereka.
  • -selanjutnya angkat tangan yang berisi makanan tersebut dengan jarak 1 setengah tinggi badannya.
  • - ketinggian tangan yang terlalu tinggi dapat dikenali jika anjing harus mengangkat kaki depan untuk mengambil makanan. Sebaik diturunkan menyesuaikan posisi mereka agar tenang.
  • - sambil mengangkat tangan berisi makanan, ucapkan kata "sit" hingga mereka duduk.
  • - pada awal pelatihan jika mereka melakukan instruksi dengan benar, segera berikan camilan dan lakukan latihan tersebut berulang-ulang sampai mereka memahami intruksi yang diajarkan.


Rata-rata anjing memerlukan proses belajar hingga 5-15 kali setiap instruksi sampai mereka memahami instruksi. Jangan lupa memberikan pujian kepadanya sebagai reward tambahan.

Jika anjing belum melakukan trik duduk, disarankan tidak mengucapkan kalimat apapun dan mengulang kembali instruksi hingga mereka paham.

Sementara beberapa jenis anjing yang kebingungan, bisa juga diberi petunjuk untuk mereka dengan menekan bagian punggung atau bagian belakangnya agar duduk. Lakukan tekanan yang lembut agar mereka mengerti.

Selain diajarkan perintah dasar seperti duduk, berdiri, berlari dan menghampiri. Proses latihan harus diberikan secara sabar dan konsisten. Lakukan secara bertahap dari yang termudah sampai mereka mengerti yang diinginkan Anda. Selamat mencoba.



Related Posts

Subscribe Our Newsletter