Sebelum Vaksinasi, Kucing Memerlukan Persiapan Ini

Rencana majikan yang memiliki kucing memberi vaksinasi untuk peliharaan, tidak bisa dilakukan sembarangan. Hewan peliharaan yang sudah didaftarkan mengikuti vaksin, perlu mempersiapkan beberapa syarat sebelum divaksinasi.

Persiapan syarat dasar kucing sebelum vaksinasi

Beberapa syarat dasar pemberian vaksin kepada kucing, sebagian besar memerlukan hal berikut:

  • Usia kucing sudah cukup umur
  • Kondisi kesehatan kucing dalam keadaan sehat
  • Bebas dari penyakit cacing
  • Tidak memiliki masalah dengan kutu kucing
  • Selera makan kucing normal
  • Faktor tubuh kucing baik pada kulit tidak tidak sakit akibat jamur dan lainnya
  • Memiliki berat badan yang ideal lebih dari 1 kg

Alasan kucing perlu melengkapi syawat umum sebelum vaksinasi

Usia kucing sudah cukup umur


Umur kucing berusia kurang dari 6 minggu belum diperbolehkan mendapatkan vaksinasi karena beberapa pertimbangan kesehatan. Pemilik peliharaan kadang-kadang mulai menjadwalkan vaksin pada umur 8 mingguan karena proposional tubuhnya sudah makin sempurna dan sehat. Beberapa kucing yang belum cukup umurnya ketika dipaksakan menerima vaksin, dapat menyebabkan demam, kejang hingga masalah yang lebih serius.


Kondisi kesehatan kucing dalam keadaan sehat


Syarat dasar kesehatan kucing sebelum menerima vaksinasi harus sehat cukup beralasan. Vaksinasi adalah memasukan virus bakteri yang dilemahkan ke dalam peliharaan. Kondisi kucing yang sehat saat menerima vaksin tersebut, membuat sistem kekebalan tubuhnya semakin kuat terbentuk dengan baik.


Bebas dari penyakit cacing


Memastikan kondisi kesehatan kucing dalam keadaan baik tidak hanya dilihat dari luar. Beberapa syarat dasar yang dibutuhkan kucing sebelum vaksin, salah satunya mengharuskan bebas dari cacing. Umumnya proses menghilangkan cacing dari tubuh kucing menggunakan obat yang direkomendasikan dokter hewan, memerlukan waktu antara 2 minggu disesuaikan sebelum mengikuti vaksinasi.

Tidak memiliki masalah dengan kutu kucing


Kucing yang sehat sebagian besar bisa lolos untuk menerima vaksinasi. Beberapa ras hewan yang memiliki kutu, kemungkinan peluangnya lebih sulit karena peliharaan setelah diberi vaksin, disarankan tidak dimandikan dalam beberapa lama. Jika kucing berkutu diberikan vaksinasi, beresiko menyebabkan masalah yang mungkin bisa terjadi.

Selera makan kucing normal


Kucing yang memperoleh vaksinasi diharuskan memiliki selera makan yang baik sebelum di vaksin. Jika peliharaan dalam minggu-minggu terakhir bermasalah dengan selera makan, ada kemungkinan bermasalah dengan nutrisi dan gizi yang dibutuhkan.


Faktor tubuh kucing baik pada kulit tidak tidak sakit akibat jamur dan lainnya


Selain kutu, syarat lainnya untuk kucing menjalani vaksinasi adalah bebas dari jamur dan jenis penyakit kulit lainnya.

Memiliki berat badan yang ideal lebih dari 1 kg


Pertimbangan berat badan kucing yang ideal sebelum memperoleh vaksinasi, biasanya lebih dari 1 kg keatas pada usia 6 minggu. Kucing tidak memiliki berat badan yang cukup, dimungkinkan memiliki masalah karena kekurangan nutrisi dan gizi.

Menjadwalkan vaksinasi kucing pada usia yang tepat dapat mencegah dan mengurangi resiko penyakit yang bisa terjadi pada mereka. Namun sebelum memberi vaksin untuk mereka, kucing perlu dipersiapkan dengan baik agar bisa divaksin sesuai syarat yang diperlukan dokter hewan.



LihatTutupKomentar