Punya Loyalitas Tinggi, Anjing Chow Chow Hewan Cerdas Saat Dilatih

Cerita tentang loyalitas hewan peliharaan untuk majikan sangat mudah Anda temukan di era teknologi saat ini. Dari kisah nyata yang sudah populer dari Jepang, Hachikō yang menunggu kepulangan majikannya di stasiun kereta api Shibuya, Tokyo hingga akhir hidupnya. Hachi tidak memahami bahwa tuannya telah meninggal dunia karena serangan jantung saat mengajar di Universitas Tokyo, tahun 1925. Hachiko tetap menunggu sekitar 9 tahun kembalinya Ueno sampai tahun 1935.
(Sumber karimaima.blogspot.com)


Solidaritas dan loyalitas yang dimiliki hewan kepada majikannya, banyak menceritakan kisah haru dan inspiratif lainnya. Mereka bisa berjuang menghalau dan mengusir binatang buas saat majikan terancam bahaya. Kehebatan lain yang dapat ditunjukan mereka, yakni menyelamatkan tuannya dari tenggelam.

Kisah nyata loyalitas anjing kepada majikan

Anjing Chow chow, Salah Satu Ras Melambangkan Loyalitas

anjing chow chow, salah satu ras yang melambangkan loyalitas
(Sumber campursari-90.blogspot.com)

Cerita inspiratif hewan peliharaan seolah takkan pernah habisnya. Kehadiran ras anjing ditengah masyarakat yang memeliharanya, menghadirkan cerita unik yang mungkin tidak pernah Anda bayangkan sebelumnya. Anjing Chow salah satunya yang dapat membuat pemiliknya merasa bangga, jika bicara loyalitas.

Sekilas tampilan anjing chows mirip seperti boneka beruang lucu. Mereka jenis anjing yang berbeda karena memiliki sifat mandiri dan trah yang tidak terlalu menuntut perhatian yang besar terhadap kasih sayang. Watak hewan peliharaan ini terkenal tinggi loyalitasnya pada satu majikan. Mereka mungkin mendapat perawatan hariannya dari banyak tangan anggota keluarga, namun sifat bawaan alamiahnya, cenderung memilih 1 orang saja dalam pengabdian.

Mengetahui sifat anjing chow yang waspada dan tidak percaya terhadap orang asing, bahkan kurang ramah dengan hewan lain, karena ia termasuk kelompok anjing penjaga. Mereka termasuk ras anjing tertua yang masih ada di dunia, mereka berasal dari Tiongkok dan memiliki tinggi badan 46-60 cm. Tubuh mereka terlihat gempal karena harus menopang berat badan antara 20-35 kg usia dewasa. Ciri yang paling mudah terlihat pada mereka, yakni mandiri, penyendiri, pendiam dan setia.

Calon majikan yang ingin merawat anjing Chow chow, kemungkinan besar tidak mengalami kesulitan besar saat melatihnya. Mereka hewan cerdas untuk belajar pengalaman baru dan meningkatkan keterampilan. Tantangan yang tersulit bagi pemula yang ingin melatihnya, yakni sifat mereka terkadang suka keras kepala.

Cara melatih anjing mereka disarankan dengan hadiah makanan kesukaannya. Anda bisa memberikan camilan kecil ketika ia berhasil melakukan instruksi yang diajarkan. Hewan peliharaan tidak boleh dilatih dengan cara keras, perlakukan dengan teknik penguatan positif selain memberi makanan. Metode pelatihan termudah dengan mereka saat sedang bermain sambil menyelipkan latihan keterampilan. Kemampuan belajarnya akan semakin baik jika mendapatkan pujian. Memulai cara melatih mereka, Anda perlu mempelajari trik baru agar tidak membosankan mereka.

Waktu yang cocok melatih chow chow

waktu yang cocok melatih anjing chow chow
(Sumber kamusanjing.blogspot.com)

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal melatih chow chow, peliharaan ini dapat memulai latihan ringan di usia ke 6 bulan. Kelambatan memberi latihan sejak dini, bisa membuat mereka keras kepala dan berperilaku buruk.Beberapa layanan profesional pelatihan anjing akan menghasilkan hewan yang tak pernah Anda bayangkan.

Mereka disarankan belajar mengenal lingkungan untuk bersosialisasi di usia minggu ke 10-12, mereka perlu interaksi pemahaman awal sesuatu di sekitarnya.

Tip merawat anjing chow chow

tips merawat anjing chow chow
(Sumber 107dog.wordpress.com)

Pengetahuan cara merawat chow chow penting untuk diketahui calon majikan. Anjing ini memiliki mantel ganda dengan lapisan luar cenderung kasar dan lapisan dalam lebih halus. Ciri khas mereka adalah mantel bulu yang mudah panjang, sehingga memerlukan perawatan yang lebih banyak dibandingkan ras anjing bulu pendek.

Mantel bulu mereka di bagian dalam, minimal disisir seminggu sekali dan bagian luar sekitar 2 hari sekali dirapikan. Jika mantel bulunya tidak terlalu panjang, mereka jarang dimandikan jika tidak terlalu perlu. Untuk mengatasi pertumbuhan mantel bulu agar rapi dan sehat, lakukan grooming dengan memotong berdasarkan kepanjangan bulu yang diinginkan.

Perawatan harian lain yang dibutuhkan adalah potong kuku sekitar sebulan sekali dan sikat gigi sesering mungkin yang dapat Anda lakukan. Jika Anda memiliki waktu senggang yang cukup panjang, periksa dan membersihkan telinga mereka secara hati-hati, sekitar 2 minggu sekali.

Cara menjaga kesehatan anjing chow chow


Cara menjaga kesehatan anjing chows agar tetap baik adalah waktu mereka bermain bersama Anda. Pilih aktivitas yang banyak berlari seperti permainan ketangkasan lempar bola atau sejenisnya. Mereka memiliki energi besar yang perlu disalurkan dengan baik. Majikan yang hobi olahraga, dapat mengajarnya berlari dengan tali pengaman. Olahraga jenis berjalan santai, kurang disukai mereka karena mungkin dinilai sangat lambat dalam pikiran mereka.



LihatTutupKomentar