Perawatan Anjing Kintamani, Dari Makanan Hingga Latihan

Nama anjing Kintamani (AKB) mulai meningkat dan diminati masyarakat Indonesia setelah mendapat pengakuan dunia internasional. AKB awalnya sudah dipelihara oleh masyarakat Bali sebagai hewan penjaga di rumah dan lingkungan sekitar, ternyata cara perawatan untuk mereka tidak terlalu sulit dibandingkan ras anjing murni karena perlu spesifikasi makanan standar menjaga kesehatan yang dibutuhkan.
cara perawatan Anjing Kintamani dari makanan hingga latihan

Profil
Ras AKB jenis anjing yang banyak ditemukan di kawasan pegunungan Kintamani, desa Sukawana, Bali. Beberapa dokumen bersejarah yang menuliskan cerita hewan peliharaan dalam versi tradisional misalnya Lontar Bali yang dinilai berkaitan dengan hewan dalam masyarakat kuno.

Dikenal dengan wataknya yang pemberani selain bentuk tubuh mereka ideal hingga mudah dikenali habitatnya ditengah masyarakat. Dari standar umum yang dicatat mengungkapkan, mereka memiliki spesifikasi tinggi badan, pigmentasi kulit, bentuk kaki, ekor, mata hidung dan kepala yang sama persis dijadikan pedoman dasar untuk membedakannya.
Ciri-ciri umum
Dikutip dalam spesifikasi Federation Cynologique Internationale (FCI) yang menuliskan ciri tentang mereka menjelaskan, hewan peliharaan tersebut masuk golongan anjing pekerja yang bertubuh sedang. Tampilan warna mantel bulu AKB yang bervariasi dengan cokelat, hitam dan putih, dalam perjalanan mereka dilingkungan peternak ras murni, sebagian besar lebih memilih standarisasi putih menjadi warna favorit.

Hewan peliharaan AKB mempunyai ciri umum sebagai anjing pekerja karena bentuk tubuhnya seimbang yang didukung otot dan tulang yang kuat. Ia memiliki beberapa kesamaan dengan ras anjing lain seperti Chow-chow, basenji, dan Samoyed sehingga masuk kriteria anjing spitz tipe primitif (group V) oleh FCI.

Informasi anjing Kintamani

  • Asal Bali, Indonesia
  • atas kepala lebar
  • pipi dan dahi rata
  • bermoncong panjang
  • bentuk gigi berpola menggunting
  • warna bibir cenderung hitam atau cokelat
  • telinga tegak melebar dengan pola "V" berjarak cukup lebar
  • bentuk mata mirip almond kecokelatan
  • alis mata putih
  • warna mantel bulu putih, cokelat dan hitam
  • tinggi rata-rata 40-55 cm
  • Umur rata-rata 12-15 tahun
  • Karakter umum waspada, mandiri, ramah dengan anggota keluarga, gesit, setia, kurang ramah dengan anjing asing jika masuk teritorial yang dijaga, senang menggaruk tanah, tubuh lentur.

Cara merawat anjing Kintamani

cara merawat Anjing Kintamani sehat
Kredit balipost.com

AKB termasuk ras anjing yang memiliki pola hidup mandiri dan terbiasa tinggal di kawasan tinggi seperti pegunungan, tempat asal mereka kawasan Sukawana, Bali. Dalam kehidupan harian hewan peliharaan tersebut, cara merawat anjing kintamani agak berbeda dengan ras murni yang cenderung tenang di dalam rumah.

Sebagian besar ras anjing murni rumahan yang tidak mempunyai karakter di alam bebas, Cara merawat anjing umumnya interaksi dilakukan melalui olahraga dan bermain dengannya. AKB sebagian besar memiliki pola di luar rumah, seperti halaman sehingga kurang baik jika di aktivitas harian mereka pasif tidak bergerak. Seekor anjing yang sering dikurung dalam kandang lebih dari 3-12 jam, dapat mendorong mereka menjadi stres, hiperaktif, agresif atau penakut dan beberapa kemungkinan sensitif untuk menggigit jika terusik.

Perawatan umum


Jenis anjing yang memiliki keunggulan lebih karena cara merawat mereka lebih sederhana dan kebutuhan dalam makanan jarang merespon alergi karena sifat genetik alami mereka terbiasa hidup mandiri. Misalnya, jenis pakan yang diperlukan untuk perawatan harian mereka, hewan peliharaan ini tidak memerlukan spek makanan khusus sehingga dapat mengonsumsi variasi yang direkomendasikan.

Misalnya jenis bahan makanan seperti nasi, ketela mudah dicerna mereka dengan menambahkan bahan tambahan seperti potongan daging, vitamin, protein dan nutrisi sebagai suplemen penyeimbang.

Sepanjang akses makanan dan minuman yang bersih dan sehat tersedia untuk mereka, AKB jarang sakit dan rewel memilih pakan secara khusus.

Syarat memelihara anjing kintamani yang mendasar adalah mencukupkan kebutuhan seperti makanan, minuman, kebersihan kadang, dan interaksi sosial yang terjadwal baik. Namun sebagai anjing dengan bulu yang panjang dan sehat, mereka perlu berpantang mengonsumsi jenis makanan yang rentan menghilangkan kilau bulu dan yang bisa menyebabkan bulu rontok, seperti pemberian makanan bercampur ikan laut dan pakan campuran mengandung kadar garam berlebihan.

Latihan yang dibutuhkan

cara melatih anjing kintamani pintar
Kredit nurdayat.wordpress.com

Cara merawat ras anjing kintamani yang Anda beli di peternak ataupun yang diperoleh dari adopsi membutuhkan latihan dasar untuk memudahkan Anda merawat mereka. Hewan peliharaan ini perlu diajarkan menjaga kebersihan secara mandiri dengan pelatihan spesifik seperti buang kotoran dan urin di tempat yang diinginkan pemilik.

Usia yang cocok melatih anjing kintamani sangat dianjurkan pada usia dini sebelum mereka beranjak dewasa agar daya ingatnya dapat belajar trik lain, jika diinginkan majikan.

Mengajarkan trik dan latihan lanjutan untuk dirinya, pada umumnya dilakukan sebagian peternak murni untuk kontes dan perlombaan hewan. Hasil juara yang diperoleh dalam kompetisi tersebut, selain meningkatkan nilai kepercayaan masyarakat umum kemampuan peternak mendidik dan melatih ras, sehingga tidak dikenal sebagai penjual saja.

Nilai tambah lainnya ketika AKB tersebut masuk kategori pemenang, nilai indukan mereka cenderung meningkat yang berjalan selaras pada harga nominal.

Standar umum kontes 

  • standar dasar sesuai dengan kriteria ras kintamani
  • bentuk gigi rata tidak boleh zigzag tak beraturan
  • telinga tegak
  • warna bulu cenderung putih
  • mantel bulu leher lebar jenis badong atau kumba
  • bagian kaki berpola bulu godeg yang lebar
  • ekor membentuk lengkungan 45 derajat
  • dan beberapa kriteria tambahan yang bisa ditambah oleh dewan juri.


Mengenali kebiasaan AKB 

Jika Anda ingin merawat AKB, mengenal lebih dekat kebiasaan mereka cukup penting supaya tidak kaget ketika membeli di peternak atau mengadopsi mereka.

Menjadi salah satu ras hewan penjaga yang populer dengan sifatnya pemberani, tangkas dan waspada terhadap hal asing. Memberi latihan secara tepat dan melakukan sosialisasi kepada anggota keluarga dan lingkungan sangat disarankan.

Cara merawat anjing Kintamani adalah mengenali karakter hewan peliharaan ini, ia berkarakter loyal terhadap majikannya dan ras yang ramah dan mudah dirawat. Selain memiliki warna mantel bulu putih, jenis warna lain seperti hitam dan cokelat juga bagus jika dirawat dengan benar. Kesehatan yang terjaga baik akan membuat warna bulunya mengkilap saat di tempat yang banyak cahaya.

Jika telah merawat jenis Kintamani dewasa dan ingin menambah ras anjing lain, mereka tidak bisa dicampur tanpa pengawasan. AKB sebagai anjing penjaga memiliki karakter bertanggung jawab pada teritorial yang dimilikinya, sehingga bisa terjadi pertengkaran jika tidak dikenalkan pada minggu-minggu pertama hingga 1 bulan.

Keunikan lain dari kebiasaan AKB adalah cara mereka menjelang kelahiran anaknya. Hewan peliharaan ini biasanya akan menggaruk tanah untuk dibuat tempat perlindungan.




Related Posts

Subscribe Our Newsletter