Peliharaan Kecil dan Lucu, Ternyata Anjing Pug Perlu Cara Merawat Khusus

Hewan peliharaan yang kecil dan memiliki ciri wajah lucu menjadi salah satu favorit diinginkan calon majikan. Dari beberapa ras bertubuh kecil, anjing pug mempunyai keunikan lain yang membedakannya dengan trah lainnya. Mereka terkenal pada wajahnya yang tampak pesek, selain kepribadiannya lucu, ia sering bertingkah seperti mempunyai badan besar, seperti tidak menyadari, ia jenis kecil.

Cara merawat anjing


Pug salah satu ras hewan peliharaan yang memiliki keramahan dan mudah berinteraksi dengan seluruh makhluk, dengan kucing pun, ia bisa berteman baik. Keputusan memilihnya menjadi alasan yang tepat jika Anda mencari jenis hewan yang suka digendong. Mereka termasuk juga jenis anjing yang tidak memerlukan pelatihan dengan ketat, dan mengisi kegiatan harian dengan tidur dan menempati satu tempat yang difavoritkan.

Cara merawat mereka dapat memberi pengalaman baru untuk Anda, khususnya yang belum pernah memeliharanya. Ras ini salah satu jenis hewan yang perlu perawatan khusus, seperti berkunjung ke layanan profesional.

Sebagian masyarakat sering keliru menilai mereka ras yang mudah dirawat, jika menilai dari mantel bulu yang pendek. Umumnya, pug butuh perawatan yang lebih sering dibandingkan rata-rata dengan hewan bulu pendek lain. Ia dianggap anjing yang cukup banyak mengalami kerontokan bulu, sehingga perlu grooming dengan bantuan pet shop atau sosok yang bisa mengerjakan tugas membersihkan mantel bulu tersebut.

Pug membutuhkan perawatan rutin, misalnya bagian mantel bulu agar tidak mudah rontok, Anda harus membiasakan menyisir dan menyikat mantel bulu pergi dari tubuhnya. Tidak sedikit bulu anjing tersebut menempel di baju tertentu jika membiarkan kerontokan tanpa melakukan grooming.

Secara umum pug memiliki lapisan ganda, bagian dalamnya akan terasa lebih lembut dibandingkan bagian luar cenderung kasar.

Cara merawat kesehatan yang lainnya adalah pada wajahnya. Mereka memiliki keunikan di wajah yang terlihat berlipat seperti kerutan besar.Faktor kebersihan menjadi penting dengan menjaga dan menghilangkan kotoran yang mungkin tertinggal disana. Pengaruh suhu dan cuaca yang lembab saat kotoran masih menempel dalam lipatan kerutannya, mudah memicu penyakit dan infeksi.

Setelah membersihkan kotoran yang terdapat pada lipatan wajah mereka dengan bahan yang direkomendasi dokter hewan, jangan lupa untuk membasuh dengan kering menggunakan kain bersih dan lembut. Kebersihan lipatan wajah pug, minimal sekitar 1-2 kali dalam seminggu dibersihkan.

Cara memberi makan anjing


Cara memberi makan untuk mereka bisa menjadi tantangan tersendiri untuk majikan merawat mereka. Hewan peliharaan ini perlu mendapatkan nutrisi, vitamin dan gizi secara seimbang dan teratur.

Anda perlu menyiapkan jadwal makan dengan baik, pug ketika mendapat porsi pakan makanan dalam jumlah banyak, cenderung dihabiskan olehnya saat itu juga. Jika program diet mengontrol berat badannya tidak terjaga, pug rentan mengalami kegemukan.

Anjing pug yang kegemukan dan memiliki berat badan di atas rata-rata, cenderung mengundang masalah baru untuk kesehatannya. Beberapa ras anjing yang mempunyai berat tidak seimbang akan memperburuk cara pernapasannya dan memancing beberapa penyakit yang lebih serius lainnya.

Majikan dan anggota keluarga masih dimungkinkan memberi camilan sehat untuknya, jika camilan yang diberikan secara berlebihan kepadanya, selain membuatnya malas mengonsumsi pakan pokok, pug jenis anakan dan dewasa akan memerlukan olahraga yang lebih sering.

Gunakan jadwal untuk mengatur makanan untuknya supaya berat badan mereka tidak semakin melar dan gemuk.

Rata-rata anak usia 8 minggu-3 bulan harus mendapatkan pakan dengan pola 4 kali dalam sehari dan terbagi beberapa porsi. Pilih tempat makan yang bersih dan pastikan sabun cuci terpakai, ramah kepada hewan peliharaan.

Takaran makanan untuk anak umur 6 bulan, jatah makanan mereka menjadi berkurang 3 kali dalam seharinya. Setelah berusia dewasa, bagi takaran yang Anda siapkan menjadi 2 kali dalam sehari. Pemilik peliharaan pug, sebagian lagi memberi 1 porsi jika pug terlihat gemuk.

Selain menyediakan pakan makanan dengan kualitas tinggi, majikan perlu memperhatikan akses minum mereka agar mudah dijangkau. Mereka butuh lebih banyak air dibanding ras anjing sejenis berbadan kecil.

Cara menghitung kebutuhan kalori


Untuk menghitung kebutuhan kalori yang diperlukan, Anda bisa mengukurnya dengan perkiraan rata-rata berikut:

Pug usia sedang rata-rata memerlukan kalori lebih banyak dibanding umur kecil dan yang sudah tua. Pug muda minimal perlu 50 kalori setiap kg, dan dewasa sekitar 40 kalori setiap kg.

Selain itu, komposisi makanan perlu menyediakan kebutuhan lain seperti lemak baik, vitamin, protein dan lainnya. Biasanya lebih khususkan untuk majikan yang membuat makanan sendiri untuk peliharaan pug mereka. Untuk pakan makanan pug dengan merek dan produk tertentu, pada umumnya telah diformulasi sesuai kebutuhan dasar mereka, sehingga tidak begitu merepotkan Anda memberi makanan. Pastikan Anda juga membaca label petunjuk yang terdapat dalam kemasan untuk kalori yang sesuai berdasarkan umur, kegiatan dan kebutuhan spesifik lainnya.

Cara melatih anjing


Saat melatih hewan peliharaan ini, selalu ingat bahwa kesabaran adalah kunci utama untuk membuatnya belajar dan memahami instruksi dan trik baru. Mereka memiliki temperamen yang bisa keras kepala jika penerapannya kurang tepat/ Secara keseluruhan, mereka salah satu jenis anjing yang beruntung bagi majikannya, karena tidak sulit untuk melatih mereka.

Jika Anda membawa hadiah untuk penguatan perilaku positif yang dilakukan. Ia akan melakukan apa saja untuk memperoleh hadiah camilan tersebut. Seperti halnya beberapa ras toy, hewan peliharaan ini butuh sosialisasi dan pelatihan awal pada usia kecil, sehingga memasuki umur dewasa hingga tua, telah memiliki pengetahuan luas berbagai trik yang pernah diajarkan. Anda hanya perlu mengingat, metode penguatan positif saat pelatihan semakin baik dengan waktu berkualitas, makanan berkualitas, dan pelatihan berkualitas.

Perilaku harian

Pug adalah peliharaan rumahan, senang berada di dalam ruangan dan sering terlihat tidur. Jangan berharap mereka menjadi penjaga atau pengawas rumah Anda. Kehidupan harian mereka ramah dengan anak kecil dan hewan lain, terutama jika disosialisasikan pada usia muda. Mereka bisa menjadi hewan peliharaan yang hebat. Kemampuan adaptasinya kurang begitu baik, lingkungan yang memiliki suhu terlalu panas atau terlalu dingin, dapat membuat mereka sakit karena genetiknya bukan diperuntukan di luar.

Rata-rata mereka sangat ramah anak-anak. Ukurannya yang kecil dan aktivitas yang relatif sedikit membuatnya sempurna untuk kehidupan apartemen. Pugs jenis anjing yang lincah dan menyenangkan, kebiasaan lainnya, mereka suka menempelkan diri ke sisi keluarga mereka untuk mendapatkan perhatian dan kasih sayang manusia.

komunitas anjing pug

Majikan yang memiliki mereka, sangat disarankan bergabung dengan komunitas anjing pug untuk mendapat informasi dan perkembangan terbaru yang mungkin diperlukan. Anda dapat mencarinya dalam beberapa media sosial untuk informasi penting lainnya, seperti kopdar, kompetisi lomba khusus mereka, kegiatan vaksinasi dan sterilisasi.

Harga anjing pug 2019

Jika Anda menginginkan mereka, harga anjing pug 2019 sebagai biaya adopsi di peternak sekitar $600-$1.5000. Harga ini jenis standar, sementara ras unggulan yang masuk kategori terbaik memerlukan sekitar $1.900-6.000



Related Posts

Subscribe Our Newsletter