Mengenal Kucing Persia Sebelum Anda Memelihara

Kucing Persia adalah jenis hewan peliharaan cukup banyak diminati masyarakat menjadi teman. Wataknya pendiam, tenang dan lucu, penyebab lain ia disukai adalah perilaku yang tidak terlalu rewel dan kebiasaan lebih banyak di dalam rumah.


Kepribadian kucing Persia yang paling berbeda dibandingkan ras hewan sejenisnya, salah satunya sifatnya terkesan pemalas karena sedikit bergerak. Dari sebagian cara mereka selalu tenang dan pendiam, ras ini bisa juga memiliki sifat berlainan sepanjang kalori yang dimiliki sangat tinggi. Mereka bisa menjadi lincah untuk kelompok lebih kecil.

Mengenal Kucing Persia Sebelum Anda Memelihara


1. Kepribadian Kucing Persia

Hewan berkaki 4 Persia dikenal dengan kepribadian pendiam sebagai sosok hewan penangkap tikus. Aktivitas harian mereka yang cenderung pasif akibat tubuhnya yang lebih gemuk, ia memiliki beberapa kendala melakukan keterampilan yang sering kerjakan kucing lain, seperti memanjat dan melompat dari tempat yang cukup tinggi.

Oleh karenanya, hewan peliharaan ini sering mendapat pola makanan yang lebih teratur, agar kondisi berat badan mereka dapat ideal dan terhindar dari jenis penyakit akibat kegemukan.

2. Pola hidup Kucing Persia

Pola hidup Kucing Persia

Indonesia mempunyai dua musim sepanjang tahun. Perbedaan musim tersebut bagi kucing Persia memiliki pengaruh pada penampilan dan masa bulu rontok. Bulu kucing yang hidup di kawasan 4 musim, terlihat indah sempurna saat musim semi dan musim dingin. Ke-2 musim tersebut, keadaan mantel bulu satwa dalam kondisi puncak yang prima untuk beradaptasi dengan suhu dingin sekitar lingkungan.

Perubahan pola hidup hewan peliharaan tersebut menjadi sebaliknya dan sebagian mantel bulu mulai rontok di musim panas dan musim gugur.

Kondisi tersebut disikapi peternak dan pemilik saat tinggal di suhu tropis dengan beberapa cara, misalnya menciptakan sirkulasi udara yang baik untuk menurunkan suhu yang panas, sehingga peliharaan mereka selalu nyaman.

Merawat kucing Persia asli dengan perbedaan musim, sebagian besar bukan masalah yang terlalu serius untuk peliharaan, tidak sedikit pemilik yang menyiapkan pendingin udara seperti AC yang sengaja-gaja dihembuskan untuk tempat favorit mereka sehari-hari.

Pola kehidupan Persia memiliki kemiripan seperti kucing lain dalam kebersihan. Ras yang dikenal mandiri dan terbiasa membersihkan tubuh dari kotoran pasca bermain, khusus di luar lingkungan.

Cara pemilik kucing memperlakukan hewan peliharaan memiliki pengaruh besar pada kenyamanan mereka tinggal di dalam rumah. Kandang kucing yang selalu dibersihkan setiap hari, perlengkapan lain seperti kotak pakan, kotak minuman perlu dipisahkan dari kotak untuk buang kotoran.

Pengaturan lokasi yang berbeda antara tempat bersih dan kotor untuk hewan peliharaan, selain memudahkan proses pembersihan, juga mencegah kemungkinan tercampur.

Pakan yang sudah disiapkan dan tidak habis dimakan pada hari yang sama, disarankan agar dibuang sekaligus mengganti kotak minuman dengan air yang baru, sekitar 2 kali dalam sehari.

3. Jenis Kucing Persia

Jenis kucing Persia mempunyai beberapa perbedaan pola dan variasi. Masyarakat umum mengenal hewan peliharaan ini, sebagian besar hanya mencirikan pada mantel bulunya yang panjang dan halus. Selain bentuk wajah mereka lucu, terdapat beberapa hal lain membedakan mereka dari kelompok yang sama.

Jenis mereka rata-rata tampil dengan ciri mata membulat besar dengan pupil lebih terbuka melebar. Tanda lain pada bagian mata mereka, selain warnanya cerah, sorot pandangan yang ditunjukkan bersikap waspada dan tajam.

Cara mengetahui warna mata hewan peliharaan ini dapat melihat pada warna mantel bulunya, hewan ini sebagian besar meneruskan warna yang sama sesuai dengan warna mantel bulu.

4. Ras Kucing Persia dengan ciri warna mata

Ras kucing persia dari ciri mata

Kucing Persia chinchila dominan terdapat warna mata hijau. Selain itu bisa juga ada pada warna spesifik seperti perak dan keemasan.

Ras dengan warna mata biru, dominan terdapat dari persilangan colorpoint.
Ras dengan warna mata yang berbeda-beda, cenderung ditemukan dari persilangan hewan berbulu putih.

Jenis mata hewan tersebut rata-rata memiliki warna keemasan dan perak jika tidak terdapat seperti spesifikasi diatas.

Ciri-ciri ras asli mempunyai beberapa tanda yang mudah terlihat di bagian tubuhnya. Seperti:

  • bentuk hidung pendek dan pesek dengan tampilan mendongak ke bagian atas
  • jika Anda memperhatikan lebih dekat di area hidung mereka, ada garis yang memperjelas bentuk hidung hingga ke kumis
  • struktur telinga mereka tidak menjuntai namun tidak tegak lurus
  • tampilan rahang dan dagu tampak kokoh dan membesar dengan ukuran leher cenderung pendek
  • ciri ekor mereka lebih pendek dari kucing rata-rata dengan mantel bulu lebih tebal
  • Ekor yang bagus terlihat saat berlipat mengarah kedepan, ujung ekor akan sampai ke tengah perut atau separuh dari ukuran badannya.

Cara Memilih Nama Kucing Persia


Cara memilih nama kucing Persia bisa membuat pemilik bingung menemukan satu dari sekian nama untuk peliharaan. Beda pemberian nama untuk mereka hanya asal-asalan atau memakai sebutan yang biasa dipakai masyarakat menyebutkan kucing. Misalnya dinamakan meong, kitty, putri atau nama lain yang sering dipakai banyak kucing.

Jika ingin memberi nama yang bagus dan unik untuk hewan peliharaan Anda, berikut tips cara memilih nama kucing Persia yang bagus dan unik.

Sebelum memberi nama untuk peliharaan, coba Anda membayangkan sesuatu yang unik dari ras peliharaan ini. Mungkin sebagian pemilik membayangkan seekor kucing Persia ini punya mantel bulu putih atau warna lain.

Dari penelusuran situs web tentang nama kucing Persia yang bisa mencapai 78.000 nama dengan sebutan yang unik, minimal ada 10 nama yang bagus dan unik untuk hewan peliharaan Anda.

Jika jenis kelamin jantan Persia, misalnya Gizmo, Smokey, Max, Sebastian, Oscar, Simba, Oliver, Charlie, Shadow atau Sam.

Jika jenis kelamin betina, nama yang bagus seperti Princess, Precious, Chioe, Sassy, Angel Misty, Sophie, Sasha atau Jasmine.

Merasa nama kucing Persia yang kami sebutkan kurang cocok? Tak masalah, masih ada cara lain memilih nama dari beberapa inspirasi ini.

1. Nama dari tokoh kartun

Film kartun adalah tontonan paling banyak disukai dari berbagai kalangan. Film kartun populer memiliki pengemar dari berbagai usia anak hingga orang tua. Contoh nama untuk kucing Anda bisa dinamakan Emon jika tubuhnya agak gemuk yang berasal dari Doraemon.
Contoh pemberian nama untuk kucing Persia yang lain adalah tokoh dari film kartun Tom dan Jerry. Nama ini sangat bagus untuk peliharaan yang aktif dan suka usil.

2. Nama dari ciri khas suatu daerah

Beberapa daerah dan wilayah di Indonesia, nama kucing sering memakai ciri khas tertentu. Misalnya di Bantul, kucing punya nama unik seperti : Cemeng, Telon, Ireng, Iteng, Oren hingga Jangkrik.

Mengutip situs web mojok, kucing bernama Telon biasanya dipakai untuk kucing yang memiliki warna bulu 3 jenis yang berasal dari kembang telon (3 warna).

Penyebutan nama kucing dengan Oren, biasanya memiliki karakter aktif dan sering keluyuran ke luar rumah. Beda definisi kucing oren yang populer saat ini, kepribadian dari kucing oren di Bantul tidak sama seperti yang Anda kenal.


3. Nama dari negara lain

Ide pemberian nama untuk kucing bisa memakai dari negara lain. Misalnya di Korea Selatan, kucing punya nama bagus dan unik seperti: SunWon, Min, Hye, Inna, Hanbyul, SungKyung, MinJi hingga DalGeon. Di Jepang beberapa nama kucing yang keren dan bagus seperti: Chibi, Akemi, Toshi, Emi hingga Ichika. Nama kucing Persia yang populer di Turki seperti Minnos, Karamel, Hera,Leo, Marinems, hingga Felix.

Panduan Lengkap Cara Merawat Kucing Persia

Kredit foto: piqsels

Terkenal dengan bulu yang indah, ras Persia butuh perhatian ekstra majikan dalam menjaga kilau mantel bulu mereka. Cara merawat kucing Persia sebagai informasi dasar, perlu memahami cara menyikat dan merawat bulu mereka.

Hewan berkaki 4 yang Anda miliki sejak usia masih kecil, sangat baik jika mereka diperkenalkan kebiasaan perawatan sejak dini. Perawatan mantel bulu umur yang baru beberapa bulan setelah mereka dapat mandiri, akan menambah pengalaman baru bagi mereka. 

Jika mereka terlanjur dibiarkan tidak terawat secara teratur, dimungkinkan menjadi merasa aneh ketika mendapat perlakuan tak biasa. Kematangan usia hewan peliharaan kucing yang terbentuk tak terawat, kemungkinan tidak menyukai upaya majikan ketika menyikat bulu.

Tips mudah untuk merawat Persia pada bulunya jika peliharaan Anda merasa tidak nyaman diperlakukan, mulailah melakukan cara merawat kucing ini sebelum makan.

Skema yang diberikan secara teratur tersebut, dapat diaplikasikan mereka berikutnya adalah makan atau hadiah. Proses perilaku stimulasi tindakan seperti menyisir dan menyikat bulu yang dilanjutkan hadiah atau makan, persentase akan berhasil.

Alat pendukung Merawat Kucing Persia

Merapikan bulu kucing Persia tidak sama seperti merapikan rambut manusia. Oleh karenanya, Anda membutuhkan alat pendukung mempermudah menyisir dan menyikat mantel bulunya. Media alat yang penting adalah sisir khusus untuk kucing.

Sisir kucing dapat Anda peroleh dengan membelinya di toko online maupun mengunjungi petshop terdekat.

Desain sisir kucing memiliki beberapa variasi, pilih yang paling nyaman untuk Anda gunakan. Sementara itu bahan dasar sisir kucing juga beragam, mulai dari karet, plastik hingga logam. 

Menurut pendapat saya rata-rata fungsinya hampir sama, jika Anda menginginkan sisir kucing yang bagus dan awet, pilih yang berbahan logam supaya tidak mudah rusak.

Jenis sisir kucing terbagi 2 jenis yang sebagian besar memiliki fungsi yang berbeda.

Yang pertama sisir dengan bagian ujung kecil yang sering digunakan pemilik kucing setelah mantel bulu tidak kusut,

Jenis sisir kedua dengan model longgar. Sisir tipe longgar dan berjarak lebih jauh dari yang pertama, digunakan untuk meluruskan bulu kucing yang kusut.

Majikan perlu menghindari kesalahan menggunakan sisir yang tidak tepat saat melakukan cara merawat kucing Persia. Pengalaman menyisir dan menyikat yang tidak nyaman, selain membuat mereka takut juga beresiko mengambil bulu semakin rontok.

Setelah mengetahui fungsi sisir untuk kucing. Panduan cara merawat kucing Persia dibagian bulu adalah bagaimana menyisir yang benar.

Kurangnya informasi majikan yang mengakibatkan tidak tahu, berdampak pada hasil yang tidak maksimal. Beberapa tips menyisir bulu mereka, salah satunya proses penyisiran tidak dilakukan sampai ke ujung bulu.

Supaya Anda mudah memahami perawatan bulu kucing, yakni melakukan sama persis pada rambut Anda.

Seberapa sering menyisir bulu kucing Persia ?

Cara merawat bulu kucing Persia selalu sehat, indah dan berkilau dapat Anda lakukan setiap hari untuk menjaga resiko kusut. Tekstur bulu kucing yang mudah lengket dari pengaruh aktivitas harian mereka, mengundang kotoran menempel dan membuat kusut menggumpal.

Mantel bulu kucing setelah kusut dan menggumpal, selain membuat mereka tidak nyaman juga resiko lainnya terasa menarik kulit. Jika bulu kucing tidak diperbaiki seperti semula, dampak lainnya adalah luka dan infeksi kulit.

Banyak alasan yang bisa membuat bulu kucing cepat kusut dan mengumpal. Jika Anda konsisten menyisir dan menyikat secara terjadwal namun masih kusut juga, umumnya ada beberapa alasan lain yang mungkin saja menjadi penyebabnya.

Hewan peliharaan yang memiliki berat badan berlebihan cenderung lebih mudah membuat bulu kusut dan mengumpal. Faktor lain yang mungkin menjadi penyebab bulu kucing cepat kusut adalah faktor umur yang sudah tua sehingga mereka mengalami penurunan untuk merawat diri sendiri secara efektif.

Sedangkan kemungkinan lainnya adalah masalah kesehatan. Jika Anda menduga masalah mantel bulu kucing terkait penyakit, kunjungi dokter hewan terdekat untuk mendapat pemeriksaan medis.

Solusi mengatasi bulu kucing Persia yang kusut dan mengumpal untuk Anda yang belum memiliki pengalaman mengatasinya, bawa mereka ke pet shop, klinik hewan atau Rumah Sakit. Pertimbangan resiko terburuk jika mantel bulu mengumpal sulit di urai, biasanya tindakan yang bisa disarankan adalah mencukur bagian yang kusut.

Pemilik kucing tidak perlu merasa khawatir, dokter hewan atau petugas terkait secara umum akan memberikan vitamin ramah kucing untuk mempercepat pertumbuhan bulu mereka.

Kucing Persia adalah makhluk hidup sama seperti manusia. Mereka dimungkinkan menjadi sakit sehingga memerlukan perawatan dan perhatian ekstra. Beberapa ras Persia dimungkinkan memiliki genetika yang berbeda dengan kucing umum.

Gangguan kesehatan bagian hidung

Kucing Persia yang termasuk kelompok pedigree memiliki kecenderungan pada hidung yang lebih pendek daripada kucing umum. Dikenal dengan sebutan brachycephalic, tidak mampu hidung hewan untuk menyaring udara secara normal, kelompok ini biasanya punya perilaku bersin berlebihan atau tampak mudah ingusan.

Seandainya jenis kucing yang Anda miliki memiliki masalah brachycephalic, usahakan menjaga kebersihan ruangan dan bagian area muka. 

Hidung saat mengalami ingusan hingga mengering, beresiko menyumbat saluran pernapasan. Cara membersihkannya, gunakan kain basah yang dibasuh air hangat untuk dibersihkan minimal satu kali dalam sehari.

Vaksinasi

Sistem kekebalan tubuh kucing Persia agak berbeda dengan kucing umum. Mereka rentan mendapat masalah pernapasan sehingga perlu dilengkapi vaksinasi secara teratur dan terjadwal. Faktor utama yang diduga membuat mereka bermasalah di bagian pernapasan karena bentuk hidungnya lebih gemuk dari kucing biasa.

Kucing mixdome atau kucing yang biasa Anda temukan dilingkungan masyarakat, rata-rata punya perlindungan ekstra pada bagian hidung sehingga mencegah mereka mudah terinfeksi bakteri.

Gejala awal yang mungkin terlihat pada ras kucing Persia terinfeksi atau bermasalah di pernapasan, ketika mereka menunjukkan bersin yang berlebihan sampai ke tanda gejala kesulitan bernapas. Kondisi tersebut, segera membawa mereka ke dokter hewan untuk penanganan dan perawatan.

Gangguan kesehatan bagian mata

Mata kucing Persia terlihat eksotis dan lucu. Namun Anda perlu mengetahui beberapa ras kucing ini bisa juga mengalami masalah pada mata akibat bentuk wajahnya. Ciri khas Persia yang memiliki wajah bulat, hidung pesek hingga bentuk mata yang membesar, dimungkinkan terdapat masalah karena genetik.

Misalnya area mata kucing umum, sebagian besar memiliki cairan air mata untuk membasahi bola matanya sehingga menjadi kering. Respon munculnya air mata dari kucing umum tersebut sekaligus menjaga mata tetap lembab dan sehat.

Menjaga kesehatan mata kucing Persia

Memiliki keterbatasan dan berbeda dengan kucing lokal atau mixdome, Persia sebagai hewan peliharaan perlu perhatian lebih. Salah satu cara menjaga kesehatan mereka, yakni konsisten membersihkan wilayah muka.

Ketika kucing Persia terlihat air matanya mengalir. Usahakan membersihkan agar tidak mengering dan menempel. Cara membersihkannya cukup memakai kain lembut  secara hati-hati, minimal 1 kali setiap harinya. Hindari membersihkan bagian mata karena bisa membuat luka.

Panduan cara merawat kucing Persia lewat Permainan

Bermain adalah ekspresi kebebasan berinteraksi dengan makhluk lain tanpa paksaan. Sebagian besar makhluk hidup menyukai permainan karena bisa menghilangkan kebosanan dan menyalurkan energi menjadi positif.

Panduan cara merawat kucing Persia lewat permainan salah satu bagian yang tak terpisahkan jika Anda ingin memelihara mereka. Dengan memilih permainan yang tepat bersama kucing di rumah, dapat menghibur Anda dan anggota keluarga serta mempererat ikatan emosi.

Pemilik kucing bisa menemukan banyak permainan yang cocok untuk hewan tersebut. Salah satunya membeli di toko online atau langsung mengunjungi pet shop dan tempat yang menjual aksesori untuk hewan.

Jika Anda sudah memesan permainan yang tepat untuk dimainkan bersama kucing, sambil menunggu produk pesanan datang, ada juga jenis permainan yang bisa dilakukan segera.

Beberapa permainan yang bisa Anda coba untuk berinteraksi dengan kucing, diantaranya:
  • menggunakan alat bantu bola sejenis pingpong
  • membentuk kertas tidak terpakai menjadi gumpalan 
  • memakai benang yang diikat benda kecil untuk dikejar
  • Demikian jenis permainan yang bisa Anda gunakan untuk bermain. Ada banyak permainan lain yang aman bisa Anda pilih sebagai cara bersosialisasi dengan kucing. 





Related Posts

Subscribe Our Newsletter