Kuning telur untuk anjing, boleh?

Telur salah satu sumber protein yang sangat digemari karena mudah dikonsumsi. Memulai sarapan pagi dengan telur, ditambah minuman sehat lain dapat menjaga kesehatan tubuh manusia. Sementara itu, pemilik hewan peliharaan khusus anjing sebagian masih ragu ketika ingin berbagi kuning telur.


Telur untuk anjing memiliki manfaat baik pada keseluruhan. Anda bisa memberi mereka kuning telur, putih telur hingga cangkangnya yang dikelola dengan tepat. Seluruh bagian dari makanan ini merupakan sumber nutrisi yang diperlukan tubuhnya.

Biotin yang terdapat dalam telur baik untuk menjaga kesehatan kulit dan mantel bulu anjing. Jika peliharaan Anda mengalami bulu rontok sehingga terlihat botak, salah satunya pengaruh vitamin yang terdapat dalam kuning telur yang mengandung biotin. Jenis vitamin ini sering dikenal Vitamin H atau B7.

Putih-kuning telur untuk anjing

Telur untuk anjing alergi-sakit


Pada umumnya anjing yang mendapatkan pakan bersumber dari merek tertentu, sebagian besar diformulasi khusus dan seimbang dengan jenis vitamin. Oleh karenanya, sangat jarang menemukan anjing ras memiliki masalah kekurangan vitamin dan nutrisi. Anjing sehat yang tidak memiliki riwayat alergi, telur bisa menjadi makanan secara terjadwal karena menjadi sumber protein tinggi, sekaligus sumber asam linoleat serta vitamin A, zat kalsium dan magnesium.

Untuk beberapa jenis anjing ras yang memiliki riwayat alergi, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter hewan untuk menemukan zat utama yang menyebabkan peliharaan alergi.

Telur untuk anjing sehat


Anjing yang sehat bisa mendapat jatah telur dengan memperhatikan usia, aktivitas dan catatan kesehatan terhadap alergi makanan tertentu. Mereka dimungkinkan mengkonsumsi kulit- cangkang telur dengan cara di tumbuh halus.

Beberapa saran tentang telur saat diberikan kepada anjing ada 2 pendapat, sebagian menilai hewan peliharaan ini ini bisa saja makan telur mentah maupun pendapat lain menjelaskan telur sebaiknya dimasak matang lebih dulu.

Menurut saran yang menyajikan telur keadaan masak, salah satunya jika Anda merasa khawatir tentang Salmonella.

Salmonella adalah jenis bakteri enterobacteria gram negatif berbentuk seperti tongkat, dapat menyebabkan typhoid paratyphoid dan penyakit foodborne. Pengelompokan bakteri jenis salmonella ini selain dapat memicu tifus juga bisa membuat makanan menjadi beracun dan berbahaya dikonsumsi.

Infeksi bakteri salmonella umumnya tidak berbahaya jika ayam yang menghasilkan telur, sudah vaksinasi bakteri salmonella. Jika Anda masih ragu dengan kebersihan telur tersebut, saran terbaik memasaknya dengan matang.

Cara Memasak Telur untuk Anjing


Menyajikan menu makanan jenis telur sebagai makanan anjing dalam kondisi mentah lebih cepat dan menghemat waktu, Anda cukup memecahkan telur dan meletakkan di tempat makanan yang sudah bersih dan higienis.

Sedangkan telur yang dimasak terlebih dulu dengan pertimbangan kesehatan hewan peliharaan, disarankan telur dimasak dengan cara merebusnya. Kulit telur yang dimasak disarankan tidak di konsumsi lagi untuk peliharaan. Sementara daging telur di kupas dan aduk merata dan sajikan jika suhunya sudah hangat.

Alasan kulit telur yang direbus sebaiknya dibuang saja, karena kurang bermanfaat lagi untuk anjing. Waktu Anda merebus telur dalam air mendidih, sebagian besar kandungan nutrisi yang ada di kulit sebagian besar larut ke air.

Jika Anda memberikan telur dalam kondisi mentah untuk anjing. Pastikan telah dicuci bersih dari kotoran yang menempel di permukaan telur secara perlahan agar tidak pecah atau retak. Gunakan sabun cuci yang ramah lingkungan dan tidak mengandung bahan terlalu keras untuk hewan.

Berdasarkan pengalaman pribadi penulis, telur mentah bisa diterima pencernaan anjing untuk usia dewasa dan menjadi variasi menu makanan mereka untuk 1 x dalam 1 minggu.

Cara Mengolah Telur Mentah untuk Anjing


Cara mengolah telur mentah untuk anjing adalah mengeluarkan isi telur ke dalam mangkok. kulit-cangkang telur harus digiling, ditumbuk agar menjadi halus kemudian dicampur ke ke makanan mereka.

Menghaluskan kulit telur mentah yang dibersihkan sangat penting untuk kesehatan pencernaan anjing.

Dari 2 cara pemberian telur untuk anjing, tidak bisa disebutkan mana yang terbaik untuk ras yang berbeda. Anda dapat menanyakan langsung kepada dokter hewan untuk memastikan mana yang lebih cocok bagi hewan peliharaan Anda.

Jumlah Telur Maksimal Dimakan Anjing


Secara umum, anjing kecil dan jenisnya bisa diberikan minimal 1 dan maksimal 2 telur setiap minggu. Dalam satu butir telur diperkirakan ada 54 kalori saat dimakan hewan peliharaan.

Sedangkan untuk hewan bertubuh lebih besar, telur dapat diberikan lebih banyak antara 2 sampai 3 butir setiap minggunya.

Cara paling mudah mengukur kalori, vitamin dan mineral yang dibutuhkan dengan mempertimbangkan usia, tingkat aktivitas mereka dan standar berat badan ideal rata-rata yang direkomendasikan ahli gizi.



Related Posts

Subscribe Our Newsletter