Kelebihan dan Kekurangan Jenis Makanan Untuk Anjing yang Perlu Anda Tahu

Kebutuhan dasar merawat hewan peliharaan adalah memenuhi keperluan kalori, gizi dan nutrisi dengan tepat tanpa berlebihan, apalagi sampai kekurangan. Sebagian besar pemilik yang cenderung sibuk sehingga tidak sempat meluangkan waktu membeli dan memilih bahan makanan anjing, prioritas mencari di petshop, toko online yang menjual kebutuhan pakan menjadi solusi paling mudah. Sedangkan pilihan lainnya yang sering dilakukan pecinta anjing, dengan membuat sendiri di rumah.

Mengenal Kelebihan dan Kekurangan Jenis Makanan Anjing


Makanan untuk anjing tidak bisa diberikan secara sembarangan. Apalagi jika Anda mengadopsi atau membeli di petshop dan tempat-tempat tertentu yang dipercaya mampu merawat mereka sebelumnya. Konsumsi tanpa mempertimbangkan faktor kesehatan dan keseimbangan nutrisi, selain membuat ia mudah sakit jika kekurangan zat yang diperlukan, berlebihan memberi makanan juga beresiko menyebabkan mereka gemuk dan meningkatkan penyakit.

Sebagian pecinta hewan yang merawat anjing sebagian besar telah mengenal jenis makanan yang bisa dikonsumsi hewannya. Selain membeli produk dan merek makanan anjing yang dijual dengan berbagai pilihan spesifik, alternatif lain dengan membuatnya sendiri.

Dari kedua cara yang akan dilakukan, Anda perlu tahu kelebihan dan kekurangan yang mungkin dapat menjadi pertimbangan lain.

1. Kelebihan Membeli Dog Food


Praktis, salah satu memangkas waktu yang terbuang percuma, membeli dog food menjadi sarana yang paling tepat. Harga yang bervariasi dengan kejelian tambahan melihat promo tertentu, Anda bisa mendapatkan makanan anjing berkualitas tinggi tanpa perlu repot membeli di pasar dengan memasak terlebih dahulu. Kelebihan lain yang diperoleh jika membeli dog food adalah masa pakai yang cenderung lebih panjang sehingga bisa disimpan di tempat yang sesuai rekomendasi label kemasan.

Komposisi Takaran Nutrisi, membeli pakan makanan anjing berarti Anda jeli menggunakan hasil penelitian ahli hewan untuk diterapkan secara langsung bagi kesehatan hewan. Peliharaan Anda sebagian besar memperoleh manfaat tidak menjadi repot untuk mengetahui komposisi takaran nutrisi yang tepat. Hewan peliharaan jenis ras yang lebih spesifik, kurang disarankan mendapat makanan secara sembarangan karena dapat mempengaruhi kesehatan fisiknya hingga masalah alergi. Sebagian besar pakan merek dan produk terkenal, banyak menerapkan standarisasi dengan formulasi khusus untuk ras anjing tertentu.

Cocok untuk Berbagai Usia, selain pilihan harga yang dapat disesuaikan dengan kantong, bagi pemilik hewan peliharaan sering kerepotan jika merawat anjing lebih dari 1 ekor. Semakin banyak jumlah hewan peliharaan di rumah yang memiliki variasi umur, maka bahan makanan yang harus dibeli dalam kondisi mentah belum dimasak akan bertambah banyak. Untuk mengatasi problem ini, banyak merek dan produk makanan anjing bisa disesuaikan sesuai umur mereka. Pilihan bisa diperoleh tanpa banyak masalah untuk anak anjing, dewasa, umur tua dan kemungkinan lain jika mereka memiliki alergi tertentu.

2. Kekurangan Membeli Dog Food


Harga, selain kelebihan yang ditawarkan membeli makanan anjing adalah variasi kemasan yang tersedia terdapat kriteria minimal. Misalnya, rata-rata bentuk dog food sebagian besar dijual dikemas dalam ukuran 500 Gram - 50 Kilogram. Pemilik anjing yang memilih ukuran kecil secara otomatis akan memperoleh harga lebih mahal jika membeli dalam kuantitas lebih banyak. Umumnya majikan membeli pakan dalam kemasan kecil, sebagian besar masih mencari jenis makanan yang cocok untuk ras peliharaan atau untuk mengimbangi pengeluaran lain.

Kemungkinan Bahan Tambahan, salah satu cara menjaga kualitas makanan tidak mudah rusak, pemakaian bahan tambahan dimungkinkan agar gizi, vitamin dan nutrisi dog food selalu baik. Sementara jenis anjing tertentu, khususnya bermasalah dengan zat tertentu lebih rentan mendapat respon alergi jika campuran yang diberikan tidak tepat takaran.

Cara lain untuk menghindarinya, bisa memilih secara spesifik pada merek dan produk makanan anjing dibuat khusus untuk hewan alergi.

3. Kelebihan Membuat Makanan di Rumah

Kebebasan memilih bahan makan dasar, kelebihan diperoleh jika Anda membuat di rumah adalah variasi bahan makanan yang digunakan dapat dikombinasikan menurut keinginan dan spesifikasi yang lebih lengkap. Selain memilih kriteria yang akan dibeli lebih banyak, pada umumnya kadar nutrisi yang terdapat didalam, memiliki kandungan yang lebih sehat karena proses memasak sudah dipastikan tanpa menggunakan bahan yang bisa membahayakan.

4. Kekurangan Membuat makanan di Rumah
Merepotkan, untuk menyajikan makanan secara mandiri di rumah cukup merepotkan pemiliknya untuk rutin belanja dan memilih jenis makanan yang akan diolah. Selain itu beberapa pemilik hewan peliharaan kemungkinan akan mengalami kesulitan jika ada penggantian makanan dari jenis basah ke dog food kering. Sebagian anjing sangat sulit menerima makanan kering jika terbiasa mendapat makanan yang dibuat di rumah karena pengaruhi rasa, tekstur dan bentuknya.

Masa pemakaian harus tepat, jenis makanan yang dikelola dengan cara dibuat sebagian besar memiliki pengaruh pada konsumsi hewan. Membuat makanan anjing di rumah tanpa memperhatikan waktu habis dimakan dengan membuat dalam jumlah banyak, sebagian besar akan terbuang percuma karena mudah rusak.

Kelebihan dan kekurangan menggunakan makanan anjing sulit dipastikan mana yang terbaik. Selain membutuhkan hitungan yang matang pada kemungkinan alergi dan penyakit yang bisa dialami, pertimbangan lainnya adalah menilai usia hewan peliharaan sebanding dengan aktivitasnya agar vitamin, lemak dan protein hingga kalori tepat sasaran. Untuk mendapatkan jenis makanan yang paling baik, menghubungi dokter hewan juga perlu untuk mendapatkan informasi tepat terhadap ras hewan yang dipelihara.



LihatTutupKomentar