Jenis Anjing Herder Yang Perlu Anda Tahu

Jenis anjing herder memiliki ciri spesifik yang membedakan mereka sebagai hewan peliharaan dibandingkan pada trah kelompok lain. Kehadiran ras baru dalam menjadi kelompok yang lebih spesifik, secara umum diklasifikasikan oleh Federation Cynologique Internationale (FCI), American Kennel Club (AKC) dan asosiasi hewan lain yang memiliki tupoksi dalam bidang yang sama.

FCI yang resmi sebagai otoritas Kinologi Internasional berdiri tahun 1911 berkantor di Thuin, Belga, membagi kelompok anjing berdasarkan fungsi sosial dalam kehidupan masyarakat dengan ciri khusus yang berbeda berdasarkan ras, sedangkan American Kennel Club (AKC) lebih cenderung mengelompokan anjing kepada sifat secara umum.

Jenis Anjing Herder

Ras anjing shepherd dog

Jenis anjing herder umum didefinisikan sebagai shepherd dog yang mempunyai kelebihan dalam menjaga, melindungi dan menggiring ternak dalam kehidupan masyarakat. Masyarakat umum lebih mengenal ras German Shepherd sebagai sebutan populer untuk jenis herder.

Jenis anjing gembala (Shepherd dog) di dunia, ternyata memiliki ragam yang berlainan disesuaikan penyebutan pada masing-masing wilayah yang memiliki ciri khas khusus membedakan mereka antara satu dengan yang lain.

Ada sekitar 28 jenis anjing herder yang cukup populer dari sekian banyaknya trah penjaga ternak, beberapa diantaranya:

  1. Anjing Gembala Amerika Tundra
  2. Anjing Gembala Amerika Putih
  3. Anjing Gembala Australia
  4. Anjing Gembala Anatolia
  5. Anjing Gembala Belgia
  6. Anjing Malinois Belgian
  7. Anjing Tervuren Belgia
  8. Anjing Laekenois Belgia
  9. Bearded Collie
  10. Beauceron
  11. Briard
  12. Gembala Bohemia
  13. Bucovina
  14. Chow-Chow
  15. Collie
  16. Anjing Gembala Belanda
  17. Gembala Eropa Timur
  18. Anjing gembala Jerman
  19. Groenendael
  20. Anjing Domba Islandia
  21. King Shepherd dog
  22. Anjing Gembala Pakistan
  23. Panda Shepherd dog
  24. Pembroke Welsh corgi
  25. Polish Lowland
  26. Pudel
  27. Anjing Gembala Shiloh
  28. Anjing Domba Shetland


Kesamaan Umum Karakteristik Shepherd Dog

Anjing Bearded Collie menggiring ternak kembali masuk kawanan
Ilustrasi: Bearded Collie menggiring ternak yang keluar dari kawanan agar kembali masuk

Pengelompokan ras anjing penjaga, pelindung dan penggiring ternak pada anjing herder secara umum mempunyai kesamaan karakteristik yang mirip. Sifat hewan peliharaan tersebut memiliki kecerdasan yang tinggi sehingga mudah dilatih untuk beberapa tugas umum dan khusus.

Anjing herder terkenal sifat mereka yang setia pada majikan dan banyak menjadi sahabat yang baik, jika dilatih sesuai standar profesional dan bersosialisasi dengan baik pada usia kecil. Ras anjing herder tidak cocok untuk majikan yang kurang memperhatikan interaksi, olahraga secara teratur dan pelatihan konsisten, karena mereka bisa bertumbuh menjadi keras kepala dan sulit diatur, sehingga dapat merepotkan.

Calon majikan yang baik yang berkeinginan memelihara anjing herder sebagai hewan peliharaan, perlu berinteraksi membangun ikatan perasaan yang baik dengan mereka. Sebab rata-rata usia dewasa mereka bisa mencapai tinggi 55-68 cm dengan energi yang besar melebihi ras anjing umumnya. Mereka perlu belajar dan dilatih kepatuhan memahami instruksi agar berperilaku baik, dan semakin menjadi baik dengan waktu yang disediakan majikan ketika bermain dan berolahraga bersama.

Cara Meningkatkan Kemampuan Anjing Herder Dalam Belajar


Jenis anjing herder selain memerlukan latihan secara konsisten di waktu yang tepat, majikan yang merawat anjing herder dapat meningkatkan kemampuan anjingnya dengan cara belajar lain. Misalnya ikut aktif dalam kegiatan bertema ras anjing, khususnya dalam bidang kompetisi, perlombaan dan edukasi pengenalan hewan. Acara sejenisnya sangat bermanfaat untuk Anda bertukar informasi dengan sesama pemilik, cara merawat, melatih dan bermain saat di lingkungan rumah.



LihatTutupKomentar