Harga dan Cara Merawat Kucing British Shorthair

Ras British hewan telah terkenal di Inggris dan menjadi satu dari trah kucing difavoritkan untuk dirawat. Selain di tempat asalnya, popularitas mereka memiliki pecinta hewan cukup besar di kawasan Eropa hingga Asia.

Kucing British Shorthair mulai dikenal sebagai hewan peliharaan sekitar tahun 2007 dan terus meningkat dengan komunitas dan group khusus mendiskusikan semua yang terkait dengan dirinya.
british shorthair

Harga


Harga kucing british shorthair termasuk kelompok menengah jika Anda berminat membeli mereka di petshop, atau di peternak terpercaya memelihara kesejahteraan mereka. Jenis kucing murni tanpa memakai sertifikat kelahiran dan silsilah keturunan induknya, sekitar Rp. 3 juta- 5 jutaan dan mungkin bisa lebih murah jika Anda pandai menawarnya.

Mengutip dari beberapa sumber yang mencantumkan harga hewan peliharaan british shorthair, Anda bisa membedakan hewan yang dikelompokan pada kriteria ini.


  • tanpa sertifikat kelahiran dan dokumen lain rata-rata Rp. 5.000.000
  • memiliki sertifikat dari asosiasi hewan rata-rata Rp. 15.000.000
  • sertifikat dengan kualitas breed rata-rata Rp.40.000.000
  • sertifikat dan top kriteria, rata-rata Rp.60.000.000

Cara merawat

kucing british shorthair

Cara merawat kucing british shorthair perlu kehati-hatian karena peliharaan tersebut cukup mahal harganya bagi sebagian pecinta kucing. Pemiliknya perlu memperhatikan kebutuhan dasarnya, mulai dari pakan makanan berkualitas tinggi, kebersihan agar mantel bulu tidak kusam dan mudah rontok, juga memperhatikan faktor lainnya seperti perawatan kulit, kuku dan berat badan ideal.

Mereka jenis kucing bertipe bulu pendek dan cara merawat hewan peliharaan ini lebih mudah menjaga mantel bulu tetap sehat karena kebutuhan vitamin, gizi dan nutrisi tidak terlalu besar.

Misalnya, persiapan mandi dengan shampo kucing minimal 1-2 minggu sekali atau menyesuaikan kondisinya. Sebelum dan sesudah memandikannya, menyikat dan menyisir bulu agar tetap rapi, juga mencegah kusut dan terjadinya simpul yang bisa menarik kulit dan beresiko menyakitkan dirinya.

Cara merawat kucing british shorthair pada kebersihan gigi, kuku kaki juga mendapat perhatian agar mereka selalu nyaman mengonsumsi makanan dan bermain tanpa mengalami masalah.

Kepribadian


Peliharaan jenis british shorthair memiliki kepribadian menyenangkan saat menjadi hewan peliharaan Anda. Mereka satu dari beberapa ras kucing yang memiliki karakter tenang, sabar dan ramah dengan anak kecil.

Mereka memiliki kecenderungan lebih sedikit mengeong hanya untuk menarik perhatian majikan dan memiliki berdiam diri jika tuannya sedang sibuk di rumah. Oleh karenanya, tidak sedikit dari mereka sering terlihat gemuk hingga obesitas, jika jarang bermain permainan ketangkasan atau sedikit bergerak menyalurkan energi yang didapat dari makanan.

Ciri-ciri umum

  • mantel bulu dapat terlihat dengan warna blues, hitam, tabby, putih dan lilac
  • tampilan wajah dengan mata besar membulat
  • berat badan rata-rata 6-18 kg
  • usia hidup rata-rata 12-18 tahun


Memilih makanan yang cocok

cara merawat kucing

Makanan untuk ras british shorthair disarankan tidak menggunakan bahan dasar sembarangan dan memperhatikan keseimbangan nutrisi yang dibutuhkan setiap harinya.

Jenis kucing shorthair sebagian besar jarang memiliki bentuk badan kurus akibat kekurangan vitamin, kalori, protein dan zat penting lainnya, mereka lebih banyak mengalami gemuk hingga obesitas, khusus untuk majikan yang jarang memberlakukan pola diet sehat.

Hewan peliharaan tersebut saat gemuk dan obesitas akan mengundang penyakit yang berhubungan dengan ginjal, hati, jantung dan beberapa masalah kesehatan lainnya yang terkait kaki yang makin berat menopang tubuhnya.

Standar kebutuhan minimal cara merawat kucing british shorthair terhadap makanan yang dikonsumsinya, rata-rata protein 35%, lemak omega-3 10%, dan nutrisi lain yang direkomendasikan dokter hewan.

Kebutuhan dasar
cara merawat kucing

Kucing british shorthair mempunyai kebutuhan dasar yang sebagian besar dibutuhkan untuk kenyamanannya setelah di rawat Anda. Meski tidak ada keharusan menyediakan semuanya lengkap, jika kebutuhan dasar untuk hewan peliharaan ini disediakan dapat membuat mereka tidak mudah stres, bosan dan timbul perilaku buruk lainnya.

Beberapa kebutuhan dasar yang diperlukan cara merawat ras hewan peliharaan shorthair, misalnya:

  • kotak litter box Rp. 15.000-25.000
  • pasir khusus penampung kotoran Rp. 25.000-80.000
  • shampo shorthair Rp. 20.000-60.000
  • pakan kucing berkualitas tinggi Rp. 25.000-250.000
  • kandang kucing Rp. 100.000-500.000
  • mainan Rp. 10.000-100.000
  • sisir Rp. 5.000-120.000
  • Kotak mandi Rp. 30.000-80.000


Harga yang dikumpulkan dari beberapa sumber toko online dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu. Jika satu kriteria alat yang diperlukan hewan peliharaan memiliki range termurah hingga termahal, biasanya terdapat perbedaan pada ukuran kemasan, kualitas dan beberapa pertimbangan lainnya.

Sejarah

Kucing British Shorthair ras asli dari Inggris yang menjadi teman sejak ratusan tahun. Ia menjadi ras kucing pertama yang diakui resmi oleh asosiasi hewan.

Tahun 1800-an, hewan peliharaan ini mulai mendapat perhatian masyarakat sekitar dari pengenalan Harrison Weir(1871). Asal mula mereka bisa ada ada di Inggris, karena dibawa tentara Romawi ke Inggris untuk menjaga lumbung makanan dari tikus pada masa tersebut.

Semenjak Romawi pergi meninggalkan daerah jajahan, kucing tersebut akhirnya terkenal bernama Kucing British Shorthair.

Tahun 1918 an peternak ras kucing terus mencari variasi bibit unggulan dari persilangan mereka. Sebagian besar pasangan mereka banyak dikawinkan dengan ras Persia bulu panjang atau pendek.



Related Posts

Subscribe Our Newsletter