Ciri-ciri kucing mixdome

Kucing mixdome adalah jenis hewan yang paling banyak dan mudah ditemukan. Diperkirakan populasinya bisa mencapai 80-90% dibandingkan ras kucing murni yang masih belum tercampur genetiknya. Namun informasi ciri-ciri kucing mixdome masih sedikit diketahui pecinta hewan, khususnya kucing.

Ciri-ciri kucing mixdome


Ketika Anda memelihara kucing sebagai hewan peliharaan di rumah, kadang-kadang sulit mengenali ciri khusus yang terdapat pada mereka.

Berbeda dengan kucing ras murni, biasanya punya tanda khas yang menjadi identitas, selain itu ada juga dokumen pendukung yang menyatakan keaslian ras kucing tersebut melalui asosiasi atau lembaga yang mengurus identitas untuk kucing.

Secara umum, tanda yang menjadi ciri-ciri kucing mixdome adalah sama dan memiliki kemiripan seperti ras murni. Cara merawat kucing mixdome juga bisa menyenangkan majikannya dengan tingkah lakunya yang menghibur dan penyayang.

Mereka bisa manja berinteraksi hingga memilih duduk di pangkuan Anda. Hewan peliharaan mixdome cenderung memiliki usia yang lebih panjang, umur mereka rata-rata 14-20 tahun dengan pola mantel bulu bervariasi.

Warna bulu kucing mixdome sangat bervariasi mengikuti genetik induk mereka, seperti hitam, putih, keabuan, dan kombinasi campuran lainnya.

Untuk menemukan peliharaan jenis ini sangat mudah. Anda dapat mencari mereka di tempat penampung hewan terlantar atau mengadopsinya dari rekan yang memiliki induk kucing.

Sebagian dari pecinta kucing jenis mixdome adalah wajar jika sering kerepotan merawat anggota baru yang lahir, jika induknya belum disterilisasi ke dokter hewan.

Cara Merawat kucing mixdome


Cara merawat kucing mixdome bisa dikatakan lebih mudah dibandingkan kucing ras spesifik. Hal dasar yang perlu diperhatikan dalam perawatan mereka adalah memperhatikan mantel bulunya, apakah termasuk jenis pendek, medium atau panjang.

Untuk bulu kucing pendek hanya perlu disikat setiap minggu untuk meminimalkan bulu mereka rontok didalam rumah, sedangkan kucing bulu sedang hingga panjang perlu lebih sering disikat menggunakan sisir khusus hewan agar kondisi bulunya tidak kusam, selalu sehat dan mencegah menjadi kusut.

Sebagian hewan seperti kucing mampu mandiri melakukan perawatan kebersihan dengan baik. Mereka sangat jarang untuk dimandikan dan hanya dalam situasi tertentu saja dimandikan.

Ketika memandikan kucing mixdome adalah hal penting agar jangan lupa untuk memeriksakan telinga, minimal 1 bulan sekali untuk menghilangkan penumpukan zat lilin yang berlebihan. Beberapa cara merawat kucing mixdome lainnya adalah memperhatikan kesehatan mereka terhadap tanda infeksi dan tungau.

Perawatan untuk kuku dapat dijadwalkan sebulan sekali menggunakan alat potong kuku khusus untuk hewan.

Umumnya kucing yang dirawat manusia dalam komplek perumahan dan lebih sering di dalam ruangan paling aman dari resiko penyakit dan hal lainnya. Namun mereka dapat bosan dan berat badan meningkat jika aktivitasnya terbatas, Anda mungkin perlu memikirkan cara lain agar berat badannya tidak naik dengan membeli mainan khusus kucing.

Banyak jenis mainan yang bisa Anda pilih untuk berinteraksi sekaligus mengajaknya bergerak. Misalnya jenis permainan melatih mental, mengejar sinar laser pointer yang diarahkan ke tembok, atau memilih mainan berbentuk hewan pengerat seperti tikus yang dioperasikan dengan baterai.

Jenis mainan lain yang bisa Anda siapkan untuk kucing mixdome adalah jenis puzzle makanan, sampai ke tiang penggaruk.

Kucing Ras atau Mixdome?

Merawat dan memelihara kucing tanpa membedakan-bedakan jenis kucing salah satu cara termudah untuk mendapatkan teman di rumah Anda. Kucing ras murni atau lokal memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing yang mungkin syarat utama yang diinginkan pecinta kucing ketika memilih mereka. Diluar dari pilihan tersebut, hal yang paling terpenting dalam merawat mereka adalah tanggung jawab dan sikap konsisten menjaga kesehatannya. Misalnya rajin memberi vaksinasi secara teratur dan melakukan sterilisasi jika umurnya sudah cukup.




LihatTutupKomentar