Cara Menurunkan Berat Badan Kucing Kegemukan Secara Sehat

Kegemukan yang terjadi makhluk hidup, dianggap sebagian manusia hal yang menggemaskan dan lucu, sehingga tidak hanya bayi - balita diusahakan gemuk, kucing serta hewan peliharaan lain diperlakukan sama seperti yang diinginkan majikan. Berjalannya waktu, berat badan kucing yang terus gemuk dan obesitas, perlahan membuat peliharaan menjadi malas bergerak karena menahan bobot tubuh secara berlebihan.
Penyakit pada Kucing Kegemukan

Cara Menurunkan Berat Badan Kucing Kegemukan Secara Sehat


Berat badan kucing kegemukan tak hanya berefek pada penurunan aktivitas harian mereka, bahaya lain seperti penyakit mulai dialami mereka. Beberapa penyakit yang bisa terjadi pada hewan peliharaan Anda, diantaranya:

Penyakit pada Kucing Kegemukan


Kulit kucing bersisik dan kering

Obesitas atau kegemukan yang terjadi pada kucing Anda, tidak hanya membuat mereka menjadi malas untuk bergerak seperti keadaan normal. Berat badan berlebihan akan membebani organ tubuh, khususnya bagian kaki dan sendi. Di sisi lain, kucing gemuk juga membuat kulit mereka lebih mudah mengalami masalah seperti kulit kering, muncul jerawat dan tampak bersisik. Salah satu penyebab gangguan kesehatan tersebut, kucing mulai kesulitan untuk membersihkan dirinya sendiri secara mandiri.

Resiko gagal jantung lebih tinggi

Kegemukan yang dialami kucing berarti adanya penimbunan lemak di dalam tubuhnya melebihi standar rata-rata ideal. Beberapa tempat yang semestinya kosong digunakan jalur saluran peredaran darah, menumpuk sehingga menghambat kelancaran aliran dan kemampuan mensuplai oksigen juga berkurang secara otomatis. Fungsi kerja jantung akhirnya mengalami perlambatan untuk memompa darah ke seluruh tubuh.

Resiko batu ginjal

Keseimbangan gizi yang didapatkan kucing sangat penting dalam menjaga kesehatan mereka. Kucing yang kegemukan dapat menimbulkan infeksi saluran kemih sehingga mengumpal menjadi batu ginjal.

Majikan yang menyadari bahaya kucing kegemukan, sebagian dari pecinta hewan tersebut berusaha menurunkan berat badan hewan peliharaannya secara sehat dan alami.

Jangan panik, sebelum Anda menemukan cara menurunkan berat badan kucing kegemukan secara sehat, ada baiknya majikan berkonsultasi dengan dokter hewan terdekat, mempertimbangakan solusi yang akan diberikan. Berat badan kucing tersebut jelas membutuhkan cara yang tepat dan tidak boleh dilakukan sembarangan.

Cara Mengatasi Obesitas Kucing Secara Stabil

Cara Mengatasi Obesitas Kucing Secara Stabil

Keinginan majikan yang merawat kucing gemuk dan menurunkan berat badan mereka adalah mempertimbangkan kesehatan hati hewan. Kucing yang menjalankan pola diet makanan secara sengaja, juga perlu perhatian pada kesehatan tubuhnya.

Ketika berat badan kucing diturunkan dengan cara cepat, mereka rentan dengan penyakit hati berlemak. Penyakit hati berlemak dikenal dengan sebutan lipidosis hati yang mendorong timbulnya masalah yang lebih fatal.

Cara yang ideal menurunkan berat badan kucing yang baik dengan pola bertahap dan mungkin terasa lambat menurut penilaian beberapa orang. Manfaat yang didapatkan hewan peliharaan Anda yang melakukan diet sehat secara pasti, tentang kesehatan organ tubuh yang tetap sehat.

Cara menghitung penurunan berat badan yang baik untuk kucing Anda dengan menggunakan 3-4 persen dari total berat badan mereka saat ini.

Majikan dimungkinkan memberi makanan spesifik untuk kucing mereka dengan tambahan suplemen L-carnitine dikombinasikan dengan makanan rendah kalori. Penelitian yang dilakukan tahun 2002 menjelaskan, L-carnitine tak sekedar melindungi kucing dari penyakit hati berlemak, manfaat lainnya dapat meningkatkan produksi massa otot selama proses penurunan berat badan.

Cara menurunkan berat badan kucing dengan jadwal sehat

Cara menurunkan berat badan kucing dengan jadwal sehat

Sementara itu, cara lain untuk menurunkan berat badan kucing obesitas secara sehat adalah memulai jadwal latihan, makanan dan aktivitas tidur mereka.

Kebiasaan hewan peliharaan tersebut telah terbentuk sejak lama dan dikuatkan dengan jadwal harian yang Anda berikan selama ini. Majikan dapat memulai waktu bermain dengan kucing mereka. Beberapa cara efektif mengurangi penumpukkan lemak dalam tubuh mereka, mengajak mereka bermain sebelum waktu memberi makan.

Jika pemilik hewan peliharaan kesulitan mencari waktu yang tepat untuk bermain, siapkan 10-15 menit sebelum acara makan dimulai kucing. Pilih jenis permainan yang banyak menggunakan gerakan seperti mengejar, menangkap dan mencari dalam arena permainan.

Cara lain untuk membuat kucing Anda bergerak jika terlihat malas berolahraga, menggunakan strategi lama yaitu membawa tempat makanan yang berisi makanan favorit mereka.

Jika kucing mengikuti pergerakan Anda selama membawa kotak makanan mereka, mulailah untuk mendorong hewan bergerak tanpa disadari sekitar 10 menit agar terus mengikuti. Cara ini bisa Anda praktekkan sebelum memberi makanan pada waktunya.

Cara Menurunkan Berat Badan Kucing dengan Mengurangi Jatah Makan


Pemikiran untuk mengurangi jatah makanan yang dikonsumsi kucing, dapat membantu mencegah kalori yang diterima. Cara menurunkan obesitas dengan metode ini bukan langkah yang paling efektif jika tidak dikombinasikan dengan cara lainnya.

Beberapa makanan yang sering dikonsumsi kucing, cenderung lebih tinggi kadar karbohidratnya sehingga melebihi kebutuhan mereka sendiri. Hal yang lain dapat Anda lakukan adalah mengubah jenis makanan yang mereka konsumsi, dari basah menjadi kering.

Ketika penurunan berat badan kucing prioritas utama Anda, makanan mentah cukup efektif digunakan pada hewan peliharaan. Kucing umumnya merespons baik diet rendah karbohidrat yang penuh protein. Sebagian besar kucing bisa beralih dengan mudah ke makanan mentah jika diberi cukup waktu menyesuaikan diri.



Related Posts

Subscribe Our Newsletter