Cara Mengetahui Umur Anjing Menurut Usia Manusia

Umur anjing ternyata memiliki perbedaan dengan usia manusia secara keseluruhan. Jika Anda berumur 3 tahun dibanding dengan mereka yang berusia 3 tahun juga, secara rata-rata akan lebih dewasa dan tua untuk jenis anjing tersebut. Namun belum adanya cara pasti mengetahui umur hewan peliharaan tersebut, sebagian pecinta hewan sering memprediksi tanpa tahu, apakah hitungan mereka akurat seperti umur yang dimiliki manusia.
Kredit synevo-vet.blogspot.com

Baru-baru ini ada penelitian yang diungkapkan untuk mencocokan secara akurat berdasarkan umur untuk anjing. Uniknya hewan tersebut ternyata lebih tua jika memakai tahun yang sama menentukan umur manusia berdasarkan tahun.

Menggunakan beberapa sumber penelitian yang dianggap bisa mewakili, para peneliti mengungkapkan cara baru didasarkan perubahan kimiawi DNA anjing. Mereka dikelompokkan sepanjang kehidupannya mulai dari kelahiran, masa puber, tua dan lain-lainnya. Namun tidak dijelaskan lebih jauh, apakah cara ini dapat digunakan juga pada hewan mamalia jenis lain dengan penilaian yang sama, yakni awal kelahiran, puber, dan lainnya.

Para peneliti mengungkapkan, metilasi DNA dari kelompok tiga hidrogen dan satu karbon (kelompok metil) ke bagian-bagian molekul DNA. Hal ini menjadi tanda tentang proses penuaan sedang berlangsung.

Sama halnya yang terjadi dengan manusia, laju metilasi DNA akan mengalami kecenderungan meningkat jika umur makin dewasa dan tua. Sebelum melakukan penelitian ini, para ilmuwan sempat mengungkapkan umur seseorang dengan memeriksa dan membandingkan metilasi dalam DNA usia yang menyumbangkan darah.

Untuk mengetahui umur anjing menggunakan tahun yang sama dipakai manusia, beberapa sampel darah dari sekitar 100 anjing ras Labrador retriever telah diperiksa. Beberapa kriteria yang diungkapkan dari peliharaan, misalnya sudah berumur lebih 1 bulan-16 tahun.

Dari sampel yang digunakan dengan pengamatan metilasi DNA, diperoleh beberapa kemiripan ketika umur anjing yang berumur 8 minggu memiliki hal yang sama, terjadi pada manusia saat usia 9 bulan. Dalam usia tersebut, masing-masing spesies mengalami pertumbuhan gigi kecil.

Para peneliti mengungkapkan, rata-rata umur anjing masa Labrador retriever diperkirakan hidup antara range 12 tahun, mirip dengan usia harapan hidup manusia di dunia, yakni sekitar 70 tahun.

Uniknya diungkapkan juga, masa remaja dan dewasa seekor anjing lebih cepat dialami jika menggunakan tahun yang sama untuk manusia, sementara menjelang masa tua, manusia cenderung lebih cepat menua.

Untuk menentukan usia anjing jika menghitung dengan tahun yang sama seperti umur manusia, peneliti merumuskan usia tahun anjing dikalikan dengan angka 16 dan menambahkan 31 untuk mengetahui umur seekor anjing,



LihatTutupKomentar