Cara memilih anjing kampung yang bagus

Anjing kampung yang cukup banyak di sekitaran lingkungan manusia, memiliki ciri-ciri yang khas dan mudah dibedakan dari anjing ras secara umum. Populasi mereka yang lebih banyak bandingkan ras hewan peliharaan murni, namun masih sedikit pecinta hewan berminat memberi perhatian kepadanya dibanding jenis anjing ras murni yang lebih lucu dan bulu halus.

Anjing kampung adalah hewan yang tak kalah hebatnya dengan beberapa jenis peliharaan unggulan sejenis. Jika mereka dilatih dengan tepat dan cara merawat anjing sesuai dengan rekomendasi ahli hewan, keunggulan dan kelebihan mereka bisa lebih bagus karena memiliki beberapa kemampuan yang jarang terdapat pada anjing ras murni.

Anjing kampung pada umumnya dikenali sebagai anjing lokal maupun jenis campuran yang silsilah asal usul keturunan mereka sangat kusut seperti gumpalan benang. Jenis hewan ini biasanya dikenal dengan sebutan lainnya, seperti anjing mix, mixdom atau mix dome, salah satu kelebihan mereka unggul membantu masyarakat sekitar untuk menjaga kebun dan peternakan, serta menjadi hewan penjaga rumah atau anjing pemburu dengan latihan keterampilan khusus.
mengenal karakter anjing kampung

Cara memilih anjing kampung yang bagus


Secara umum definisi anjing kampung yang berhasil dikumpulkan menerangkan, ras tersebut muncul dari persilangan campuran ras yang sulit untuk diketahui nenek moyangnya.

Sebagian tulisan hewan peliharaan jenis kampung menduga ras ini berasal hewan yang terlantar dan tak dirawat lagi pemilik karena alasan tertentu, pada akhir ceritanya hidup bebas mandiri di lingkungan masyarakat.

Keengganan calon adopter merawat anjing kampung dimungkinkan karena beberapa alasan, misalnya mantel bulu mereka tidak sehalus anjing ras murni, badannya cenderung standar sehingga terlihat kurang kokoh. Namun jika calon majikan tahu cara memilih ras hewan peliharaan tersebut dengan spesifikasi yang jelas, ada banyak kelebihan yang dimiliki mereka.

Cara memilih anjing kampung yang bagus jika menemukan kriteria yang cocok, ras hewan peliharan tersebut bisa lebih unggul dan membuat bangga majikannya. Karena banyak jenis anjing kampung tidak kalah hebatnya dengan ras anjing murni.

Hal yang terpenting ketika telah mengetahui cara memilih anjing kampung yang bagus, mereka perlu juga perawatan,pemeliharaan dan pelatihan yang benar, sehingga bisa menjelma dengan kelebihan yang terkadang tidak pernah diduga sebagian besar masyarakat umum.


Beberapa ciri memilih hewan peliharaan jenis anjing kampung yang bagus seperti:



jenis anjing kampung
Kredit hewankesayangan99.blogspot.com

1. bentuk telinga tegak ke atas

Kelebihannya, hewan anjing yang punya telinga tegak mampu mendengar suara dan gerakan lebih peka dibanding anjing telinga menjuntai.

2. Perilakunya senang mendahului majikan saat berjalan. 

Jenis anjing kampung berkepribadian seperti ini, umumnya punya sifat dasar untuk melindungi pemilik atau anggota keluarga sekaligus pembuka jalan saat dibawa berjalan dengan tali kekang.

3. Karakter fisik memiliki tampilan tulang, otot dan bentuk tubuh ideal. 

Sebagian besar jenis anjing kampung, campuran, mixdome masih kurang kokoh dibanding dengan ras anjing penjaga dan pengawas, yang memiliki keturunan nenek moyang bersifat sama.

Namun hal ini tidak berarti anjing campuran, lokal jenis kampung, bukan berarti sama sekali tidak memperoleh genetik unggul yang diwariskan induk sebelumnya.

Beberapa jenis anjing kampung, mixdome atau lokal yang dirawat dengan baik, dapat mendorong perkembangan sifat alami yang diwariskan dari induk mereka sebelumnya.

Salah satunya, banyak hewan peliharaan tersebut memiliki bentuk tubuh yang ideal seperti anjing ras penjaga dan pengawas. Umumnya, mereka akan dilatih untuk belajar jenis keterampilan spesifik yang diharapkan pemilik.

Kelebihan anjing kampung, campuran dan mixdome

kelebihan anjing kampung
Kredit ngandanginanjing.blogspot.com

Selain memiliki kekurangan, anjing kampung punya kelebihan yang jarang dipunyai oleh anjing ras murni. Beberapa kelebihan hewan peliharaan tersebut. diantaranya:


  • harga yang dikeluarkan sebagai biaya adopsi sangat murah
  • daya tahan tubuh yang baik secara rata-rata dari anjing murni karena pola hidupnya terbiasa di alam terbuka dan liar
  • daya juangnya lebih tinggi dibanding anjing ras murni secara keseluruhan
  • cara merawat mereka lebih simpel dan sederhana dengan pengeluaran lebih sedikit


Meski anjing campuran dan jenis mixdome masih kurang diminati untuk dipelihara pencinta hewan, namun dengan pelatihan dan dukungan lain pada harga adopsi lebih murah, banyak kelebihan lainnya terdapat pada mereka. Misalnya mereka lebih mudah beradaptasi dengan lingkungan dan cara merawatnya juga tidak serumit anjing murni.



Related Posts

Subscribe Our Newsletter