Cara Membuat Makanan Kucing Anggora

Cara membuat makanan kucing anggora menjadi satu solusi yang sering dipakai pemilik, ketika ingin mendorong keseimbangan nutrisi dan gizi tercukupi. Hewan peliharaan ras kucing yang dipelihara dalam jumlah yang banyak, dapat menjadi alasan lainnya mengapa bahan dasar buatan rumahan yang sehat muncul sebagai alternatif agar pengeluaran bulanan tidak terlalu mahal. 




Cara merawat kucing yang memiliki ras spesifik, tentu memberi tantangan berbeda dengan merawat hewan lokal dan mixdome. Sebagian besar ras murni akan memerlukan perhatian yang lebih banyak karena beberapa kebiasaan mereka sedikit rewel dibanding ras domestik. 

Kucing ras murni cenderung membutuhkan waktu yang lebih panjang untuk menjaga kesehatannya. Selain mengurus dari hal yang rutin seperti kebersihan kandang, menjadwalkan waktu bermain, dan yang paling mendasar tentang makanan yang spesifik untuk hewan anggora.

Tahukah kamu sumber pakan kucing seperti apa yang baik untuk kucing ini? Memilih makanan yang sehat dan bergizi dapat berpengaruh pada kelincahan, keindahan bulu dan juga kesehatan matanya.

Cara Memilih Makanan Sehat Kucing Anggora

cara memilih jenis makanan yang cocok untuk kucing anggora

Karakter hewan anggora dikenal dengan aktivitas yang lincah dan penuh energi. Pakan yang Anda berikan saat sudah tepat dikonsumsi, dapat mendukung kegiatan hariannya yang energik.

Umumnya, kitten anggora sekitar usia minggu 3-4, baru mengenal jenis sumber asupan lain selain air susu ibunya. Cara memilih jenis konsumsi sehat untuk anak mereka tidak boleh secara mendadak dan memerlukan waktu perkenalan secara bertahap. 

Kriteria pemilihan hidangan yang sesuai untuk anak kitten, disarankan jenis pakan basah. Pemberian santapan jenis kering kurang sesuai karena beberapa organ pencernaan anak kitten masih belum sempurna sehingga bisa membuat masalah baru pada pencernaan.

Berbeda dengan usia hewan peliharaan yang sudah dewasa yang telah memasuki 1 tahun lebih, makanan kombinasi dimungkinkan untuk mereka konsumsi. Pemenuhan gizi dan nutrisi seimbang untuk anggora dewasa menjadi penting karena kalori yang mereka gunakan dalam kegiatan harian menjadi lebih banyak dibanding anak kucing. 

Cara mengetahui kebutuhan kalori mereka dapat menggunakan hitungan sederhana, yakni sekitar 4% dari berat badan yang dimilikinya saat ini. Menghitung angka kalori yang paling baik, disarankan memakai berat badan ideal. 

Jenis Makanan Sehat Kucing Anggora

jenis makanan sehat untuk kucing anggora

Pemilik yang merawat hewan peliharaan dalam jumlah yang sedikit dan kesibukan bekerja dan aktivitas luar lainnya, sebagian lebih memilih memberi hidangan sehat untuk hewan peliharaan mereka menggunakan merek tertentu. Produk khusus untuk pakan makanan kucing anggora tersedia dalam berbagai variasi yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan spesifik mereka.

Cara menemukan makanan yang cocok untuk mereka dengan merek tertentu jika Anda sibuk dengan hal lain, dapat mengunjungi pet shop, supplier khusus hewan seperti toko online, sampai supermarket hewan.

Sebelum menggunakan produk santapan yang Anda pilih, disarankan mencari informasi yang lebih lengkap atau berkonsultasi dengan dokter hewan agar kandungan pakan tepat dan cocok untuk kucing Anda. 

Beberapa hal yang menjadi pertimbangan dalam memilih hidangan sehat untuk mereka, terbagi pada faktor usia, aktivitas, riwayat penyakit dan perawatan kesehatan yang spesifik, seperti makanan yang berfungsi menyehatkan mantel bulu, dan sebagainya.

Perkenalkan santapan yang Anda beli tersebut kepada hewan peliharaan dengan perlahan, caranya dengan kombinasi campuran awal 3 takaran makanan awal + 1 pakan baru, setelah 1 minggu tidak bermasalah, ganti menjadi 1/2 menu awal + 1/2 makanan khusus, minggu ke 2 jika bisa diterima, barulah memberikan hidangan tersebut pada takaran penuh.

Kucing anggora yang tidak cocok terhadap santapan tertentu dapat merespon buruk menjadi diare, mencret dan kemungkinan menolak untuk makan. Jika perilaku mereka berubah demikian, disarankan untuk menarik hidangan tersebut, karena hewan peliharaan tersebut masih asing dengan bentuk, tekstur, rasa yang diterimanya. 

Cara membuat makanan kucing anggora di rumah


Cara membuat hidangan untuk hewan peliharaan di rumah tidak terlalu merepotkan jika Anda memiliki banyak waktu. Untuk membuat pakan spesifik kepada hewan peliharaan tersebut hanya memerlukan kejelian memilih bahan makanan yang sesuai dikonsumsi hewan. Beberapa jenis bahan asupan yang bisa diterima kucing, seperti:
  • Tempe
  • daging ayam, sapi, dan lainnya
  • Ikan
  • Minyak ikan
  • Vitamin
  • Nasi


Kriteria membuat makanan untuk kucing anggora

kriteria membuat makanan untuk kucing anggora

Pastikan bahan utama yang Anda pilih sudah dimasak sempurna dengan kriteria tidak terlalu matang sehingga menjadi lembek. Waktu memasak yang terlalu lama selain membuat bahan menjadi berbeda tekstur, rasa, juga merugikan karena banyak nutrisi dan gizi yang hilang. Untuk mengolah bahan tersebut, cara yang paling sehat dengan merebusnya.

Beberapa jenis bahan yang lain dapat dikelola dengan cara disuwir menjadi irisan tipis, misalnya ikan, daging, dan bahan yang lainnya. 

Aduk jenis hidangan yang sudah matang dalam wadah makanan bersih supaya merata.

Cara merawat peliharaan anggora adalah memperhatikan konsumsi santapan yang diterimanya supaya lengkap dan seimbang. Jenis hidangan ini mudah ditemukan dalam merek makanan khusus hewan dengan produk yang spesifik. 

Manfaat yang Anda peroleh dari makanan yang di formulasi khusus untuk anak peliharaan hingga usia dewasa, yakni takaran nutrisi, gizi dan kalori yang telah diperhitungkan dengan baik. Kelebihan yang Anda dapatkan ketika membuat pakan hewan di rumah, adalah jenis hidangan yang ingin diberikan lebih spesifik, biaya pengeluaran lebih murah dan hasilnya akan lebih banyak didapatkan.

Dari berbagai pilihan makanan kucing anggora, baik membeli merek khusus ataupun membuatnya sendiri di rumah, mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing yang dapat dipertimbangkan pemilik hewan peliharaan untuk memilihnya.


LihatTutupKomentar