Apa Perbedaan Anjing Pengawas dengan Jenis Anjing Penjaga

Anjing penjaga merupakan keterampilan yang dimiliki hewan peliharaan ketika mereka dilatih dengan baik. Watak, bentuk tubuh dan genetik yang dimiliki oleh anjing, sering dipakai untuk membantu manusia melakukan beberapa tugas khusus. Munculnya kemampuan trah anjing dalam beberapa keterampilan yang baik, sebagian dipercaya menjaga hingga memantau orang asing, mendeteksi aroma khusus dan tugas sosial.

Perbedaan Keterampilan Anjing Pengawas dengan Jenis Anjing Penjaga


Jenis anjing penjaga, misalnya bagian yang dimiliki mereka secara turun temurun. Hewan peliharaan ras penjaga yang baik, biasanya mempunyai beberapa sifat dan watak yang sedikit berlainan dengan anjing pengawas.

Beberapa penilaian masyarakat tentang jenis anjing penjaga dengan pengawasan, sering tercampur aduk sehingga menimbulkan pengertian yang kurang sesuai. Tugas anjing pengawas (Watchdog) adalah kemampuan mereka dalam deteksi awal terhadap hal mencurigakan sangat baik, respon pertama yang ditunjukkan peliharaan ini memberi peringatan kepada majikan terhadap suatu yang asing sedang mencoba menyusup teritorial pengawasan anjing tersebut. Sebagian besar dari anjing pengawas tidak harus berbadan besar, pemberani dan mempunyai keterampilan kecepatan dan kekuatan untuk menghadang.

Kemampuan Anjing Pengawasan Lebih Unggul Memperingati Majikan dan Orang Asing

Kemampuan Anjing Pengawasan Lebih Unggul Memperingati Majikan dan Orang Asing

Berbeda dengan anjing penjaga (guard dog), yang dinilai sering menggonggong pada sesuatu yang asing, ternyata tidak seluruhnya demikian. Karakter hewan peliharaan anjing penjaga yang baik dapat tenang namun kewaspadaan mereka kepada situasi asing sangat baik. Sebagian besar ras penjaga dipercaya mengawasi teritorial secara mandiri atau bersama dengan majikan dalam bentuk patroli. Jenis anjing penjaga ini banyak terdapat dalam lingkungan semi dan full privasi untuk umum di waktu tertentu. Misalnya, komplek ruko (rumah toko), pertokoan dalam gedung setelah jam kedatangan atau kunjungan untuk umum telah di tutup.

Ciri-ciri anjing penjaga yang baik adalah kemampuan menyerang dan bertahan mereka sama baiknya. Watak mereka sebelum menyerang penyusup cenderung memberi peringatan untuk mengusir kedatangan orang asing. Kelompok ras tersebut dimungkinkan lebih unggul pada sifat ketahanan yang kuat dari bentuk tubuh dan hal lainnya atau sebaliknya dominan agresif karena didukung kecepatan dan akselerasi berlari mereka yang dinamis.

Jenis Anjing Pengawasan

jenis anjing pengawas

Beberapa dari hewan peliharaan yang sering menjadi pengawasan, seperti: Rottweiler, German Shepherd, Scottish Terrier, West Highland White Terrier, Miniature Schnauzer, Yorkshire Terrier, Cairn Terrier, Chihuahua, Airedale Terrier, Poodle (standard/miniature), Boston Terrier, Shih Tzu, Dachshund, Silky Terrier, Smooth Fox Terrier, Wire Fox Terrier dan ras jenis anjing lainnya. Trah ini mempunyai kemampuan deteksi yang baik untuk mengawasi hal asing dalam lingkungan.

Jenis Anjing Penjaga Dominan Melindungi Properti dan Manusia yang dianggap Keluarga

Jenis Anjing Penjaga Dominan Melindungi Properti dan Manusia yang dianggap Keluarga

Kemampuan lainnya yang dimiliki hewan peliharaan anjing adalah penjaga kawasan dan teritorial yang dipercayakan kepadanya. Jenis anjing penjaga ini seperti terdapat dalam ras Bullmastiff, Doberman Pinscher, Rottweiler, Komondor, Puli, Giant Schnauzer, German Shepherd, Rhodesian Ridgeback, Kuvasz, American Staffordshire Terrier, Chow Chow, Mastiff, Belgian Sheepdog, Belgian Malinois, Belgian Tervuren dan ras anjing lain yang memiliki sifat dan karakter terkait dengan nenek moyang mereka sebelumnya.

Sedangkan hewan peliharaan anjing yang mempunyai kemampuan seimbang, yakni pengawas dan penjaga, biasanya terdapat pada trah Bloodhound, Newfoundland, Saint Bernard, Basset Hound, Bulldog, Old English Sheepdog, Clumber Spaniel, Irish Wolfhound, Scottish Deerhound, Pug, Siberian Husky, Alaskan Malamute dan jenis anjing penjaga lainnya.



Related Posts

Subscribe Our Newsletter