Anjing Siberian Husky, Ras Anggun Bermata Biru Yang Cerdas

Siberian Husky, Ras Anggun Bermata Biru Yang Cerdas

Anjing Siberian Husky ras hewan peliharaan yang anggun dengan mantel bulunya yang halus ditambah warna mata kebiruan. sorotan matanya yang tajam dan dingin memandang lingkungan sekitarnya, membuat mereka menjadi salah satu trah populer di rawat manusia. Mereka jenis anjing cerdas yang sangat aktif bergerak. Di lingkungan dingin dan bersalju, habitat mereka tinggal awal mulanya dapat berjalan bermil-mil. Oleh karenanya, Siberian Husky lebih condong cocok di suhu dingin dibanding tinggal di tempat suhu hangat atau panas.

Profil Anjing Husky

profil anjing husky

Profil Siberian sangat mengagumkan, hewan yang termasuk kategori pekerja ini memiliki watak menyenangkan sebagai peliharaan. Majikan yang memiliki hobi olahraga seperti berlari akan cocok ditemaninya, karena mereka memiliki energi yang baik untuk berlari dan bermain pada waktu yang panjang.

Sesuatu yang paling menarik dalam Siberian Husky ketika memandang wajahnya dengan pesona mata biru yang membuat meleleh hati. Ia hewan tampan dan cantik dari sekian banyak trah yang mendapat karunia mata indah.

Kesenangan yang menjadi hobi mereka, sebagian besar adalah bekerja menyalurkan energi yang dimiliki dengan perilaku baik. Husky hewan yang senang dengan lingkungan alam bebas dan berlari dan bermain adalah kebiasaannya yang sulit dihentikan. Memelihara Husky dengan cara dikekang secara terbatas setiap harinya, dapat mengundang kebosanan sehingga Husky memikirkan cara untuk keluar mengeksplorasi lingkungannya. Perlakuan yang kurang tepat yang diterimanya akan semakin mendorong keinginan melarikan diri dan mengembara menempuh perjalanan jauh.

Anjing Husky berasal dari Siberia Timur, Rusia. Ras yang masuk kelompok anjing Spiltz ini sangat mudah dikenali pada beberapa cirinya, seperti bentuk telinga, tinggi badan dan warna mantel bulu. Hal yang mengagumkan selama hidup di alam bebas, Siberian Husky hewan yang ramah dan tidak agresif karena memiliki kepercayaan tinggi pada orang asing. Dari wataknya ini, mereka kurang cocok menjadi hewan penjaga.

Ada banyak cerita hebat tentang anjing Siberian Husky dalam aksi penyelamatan manusia, khususnya sedang bermasalah ditengah salju. Salah satu nilai positif yang pernah dilakukannya, menyelamatkan ribuan anak menembus dinginnya salju karena transportasi kendaraan tidak bisa menjangkau kota.

Tahun 1925, sebuah desa bernama Nome terjadi wabah Difteri yang menyebar meluas hampir ke seluruh rumah. Obat-obatan yang dikirim melalui kereta tidak bisa melanjutkan perjalanan sejauh sekitar 1000 mil menuju tujuan. Tidak disebutkan siapa yang memberikan ide, cara melanjutkan pengiriman obat yang dibutuhkan tersebut melalui Husky. Jarak 1000 mil atau sekitar 1609,34 km akhirnya dipercayakan kepada para husky setempat.

Rombongan akhirnya bisa membawa obat yang dibutuhkan dalam kondisi menggigil dan menjadi pahlawan bagi desa tersebut.

Kekuatan Husky memiliki kemiripan dengan genetik serigala, ia lebih sulit dilatih dalam lingkungan terbatas dan mudah belajar dari latihan di luar rumah.

Perilaku Harian Anjing Siberian Husky

Perilaku, watak Anjing Siberian Husky
(Sumber 107dog.wordpress.com)

Husky kurang cocok hidup di lingkungan kecil seperti apartemen, selain itu faktor suhu berpengaruh langsung untuk kesehatannya. Mereka sangat baik tinggal di tempat berhawa dingin, seperti daerah pegunungan dengan udara yang sejuk. Beberapa kelengkapan genetik yang dimilikinya, pada awal kehidupan terbiasa dalam cuaca dingin. Cara mengatasi suhu hangat tersebut, beberapa dari majikan sering menyalakan AC di rumah agar suhu ruangan sesuai untuk mereka.

Merawat dan memelihara Husky membutuhkan perhatian yang lebih tinggi dibanding ras anjing lain. Husky adalah anjing yang mempunyai sifat mandiri dan senang mengeksplorasi lingkungan di rumah. Anda memerlukan halaman yang cukup luas dan memiliki pagar yang dibuat cekung seperti sendok untuk mengantisipasi loncatannya yang tinggi. Hal terpenting cara merawat anjing ini adalah memberi latihan kepatuhan dan membiasakan mereka terhadap tali kekang. Keluar bermain tanpa pembatas atau sekedar bermain membiarkan mereka bebas tanpa tali tidak disarankan. Perilaku mereka jarang menggonggong selama majikan disampingnya, ia akan melolong jika mendapatkan sesuatu hal yang asing untuk memberitahu tuannya.

Kehidupan anjing Siberian Husky sudah banyak terlihat dalam film, misalnya Eight Below, Iron Snow Dogs, Balto Due South dan White Fang 2.

Kelebihan Anjing Siberian Husky

  • Ras yang ramah dan menyenangkan sehingga bisa berteman dengan siapapun
  • Sikapnya tenang, anggun dan tidak agresif
  • Senang mendapat perhatian banyak orang
  • Menyukai kegiatan di luar lingkungan, seperti olahraga lagi, naik gunung dan aktivitas menyalurkan energi lainnya
  • Mempunyai kecerdasan yang baik sehingga mudah dilatih
  • Tidak menyukai perilaku mendominasi pada hewan lain


Kekurangan Anjing Siberian Husky

  • Memerlukan perhatian lebih agar tidak lari dengan pagar yang baik
  • Senang mengali tanah
  • Bisa bersikap keras kepala jika cara perawatan tidak tepat
  • Melolong jika merasa bosan
  • Makanan yang dibutuhkan spesifik

Cara merawat mantel bulu

cara merawat mantel bulu Anjing Siberian Husky

Cara merawat mantel bulu Husky membutuhkan beberapa peralatan tambahan jika memungkinkan. Ia salah satu ras anjing yang mudah mengalami bulu rontok. Tingkat kerontokan bulunya dalam setahun sekitar dua kali, yakni pada musim semi dan musim gugur.

Pengaruh suhu hangat ditempat mereka tinggal dapat membuat kesehatan bulunya terlihat kusam atau kusut. Husky memiliki mantel bulu ganda sebagai kelompok rambut panjang. Mereka perlu perawatan bulu dengan menyisir dan menyikat sekitar seminggu sekali dalam kondisi normal. Saat memasuki musim semi dan gugur, ia hampir bisa dikatakan perlu perawatan setiap hari untuk merapikan bulu yang rontok agar tidak tertinggal di kulit.

Jenis Husky yang hidup di lingkungan dingin akan mendapat manfaat lebih untuk kesehatan bulunya. Mereka lebih sedikit mengalami bulu rontok dibandingkan sejenisnya di lingkungan hangat atau iklim panas. Beberapa cara perawatan lainnya yang dibutuhkannya, adalah pemeriksaan kuku, telinga dari kotoran, kebersihan gigi.

Cara memberi makanan Anjing Siberian Husky


Secara keseluruhan Husky tidak terlalu rakus memakan banyak makanan. Ia hanya memerlukan perhatian pada jenis makanan yang seimbang terhadap gizi dan nutrisi yang dibutuhkan. Umumnya Husky akan menjadi lebih sehat jika komposisi makanan mengandung protein hewani, lemak dan vitamin seimbang dengan takaran karbohidrat rendah. Bahan makanan jenis daging segar sangat direkomendasikan untuk mereka.

Beberapa jenis Siberian Husky yang tidak mendapatkan asupan seimbang, cenderung bermasalah pada zat seng, mintalah saran yang direkomendasikan dokter hewan untuk beberapa makanan tambahan yang diperbolehkan, misalnya suplemen atau vitamin tertentu.

Penyakit Umum Siberian Husky


Cara perawatan anjing yang baik sebagian besar akan memberikan manfaat yang baik untuk mereka. Sementara beberapa ras yang kurang terawat dan faktor genetik, dimungkinkan bermasalah mengalami gangguan kesehatan pada beberapa bagian.

Salah satu penyakit yang perlu diwaspadai adalah katarak, Husky rentan terhadap katarak, bahkan usia muda bisa mengalami hal yang sama.



Related Posts

Subscribe Our Newsletter