Anjing Menjulurkan Lidah Setelah Berlari Karena Alasan Ini

Hewan memiliki beberapa perbedaan digolongkan jenis dan kelompoknya, seperti jenis hewan berdarah dingin atau panas. Jenis hewan berdarah dingin, memiliki kebiasaan mengatur suhu tubuh mereka, agar sesuai dengan lingkungan untuk beradaptasi.

Anjing Menjulurkan Lidah Setelah Berlari Karena Alasan Ini

Misalnya beberapa contoh jenis hewan tersebut, reptil, amfibi, serangga, ikan dan jenis lainnya akan berjemur di bawah sinar matahari agar suhu tubuh mereka meningkat. Umumnya jenis hewan berdarah dingin memilih tempat teduh sambil membuka mulut dengan lebar, seperti yang dilakukan satwa reptil.

Berbeda dengan hewan berdarah panas, mereka mempunyai perilaku sebaliknya untuk mengatur suhu tubuh yang dianggap melebihi batas normal karena terlalu panas. Umumnya kelompok hewan berdarah panas terdapat pada satwa mamalia, aves dan ikan paus.

cara hewan mengatur suhu tubuh mereka

Anjing Menjulurkan Lidah Setelah Berlari Karena Alasan Ini


Anjing termasuk satu dari beberapa kelompok berdarah panas, sehingga cara mereka beradaptasi saat suhu badan meningkat lebih dari 36-39 derajat celcius, akan mengaturnya dengan cara menjulurkan lidah. Hal ini dapat terlihat setelah anjing beraktivitas berlari sehingga suhu tubuh menjadi meningkat.

Anjing menjulurkan lidah merupakan salah satu caranya mempercepat proses metabolisme tubuh melepas kalor, sehingga keadaan suhu tubuhnya kembali normal seperti semula.

Penyebab lain anjing menjulurkan lidah selain usai berlari

cara hewan mengatur suhu tubuh mereka

Tanda umum makhluk hidup yang kelelahan sering terlihat bernapas lebih cepat dari biasanya. Cara tersebut salah satunya untuk mempercepat penguapan air dari lidahnya. Misalnya, anjing menjulurkan lidah setelah berlari dilakukan karena bagian dalam mulutnya tersambung saluran pernapasan bagian atas, sehingga metabolisme penguapan air membantu kemampuan anjing untuk mengatur suhu tubuhnya.

Perbedaan anjing dengan makhluk lain dalam mengatur suhu tubuh, salah satunya kondisi bersifat genetik pada beberapa ras dengan wajah “smooshed”. Mereka sebagian besar mempunyai rongga mulut yang terlalu kecil untuk mengakomodasi lidah.

Berbeda cara manusia mengatur suhu tubuh yang meningkat, umumnya tubuh bekerja otomatis mendorong keluarnya keringat dari kulit untuk membuat suhu menjadi normal kembali. Tanda yang terjadi, manusia menggunakan pori-pori pada kulit, sehingga keringat keluar untuk mendinginkan keadaan.

Jenis hewan berdarah panas seperti anjing memiliki cara berbeda. Anjing sebagian besar terdapat mantel bulu tebal dan keringat lebih lama kering. Selain itu, anjing sedikit atau tidak memiliki kelenjar keringat pada kulit mereka.

Selain untuk menurunkan suhu tubuh yang panas, anjing menjulurkan lidah tidak selalu selesai berlari, ketika suhu tidak normal maka anjing menjulurkan lidahnya. Situasi lainnya, dimungkinkan mereka menjulurkan lidah jika mengalami penyakit.

Beberapa penyakit yang terkait kebiasaan tersebut, misalnya kanker mulut, penyakit gigi skala sedang hingga tinggi.

Keadaan anjing terbiasa mengeluarkan lidah dapat dipengaruhi hal lain, misalnya genetik dan bentuk bagian wajah tidak normal.

Umumnya dapat timbul karena tulang rahang yang tidak normal sehingga tidak dapat menopang lidah atau sebab lain seperti gigi yang hilang membuat celah lidah bisa tergelincir.

Beberapa jenis penyakit membuat anjing menjulurkan lidah:


  • Kanker Mulut
  • Kutil
  • Peradangan benjolan kecil
  • Penyakit Gigi Parah
  • Peradangan lidah (glossitis)
  • Masalah jaringan mulut lunak (stomatitis) Radang gusi (gingivitis)
  • Radang bibir (cheilitis)
  • Dugaan makan tanaman beracun atau bahan kimia, Infeksi bakteri atau virus yang menurunkan kekebalan metabolik
  • Kekurangan gizi


Secara keseluruhan, anjing menjulurkan lidah adalah respon normal jika tidak memiliki masalah kesehatan dan penyakit. Jika Anda ragu kondisi kesehatan mereka, cara memastikan dengan memeriksa mulut anjing ke dokter hewan.

Related Posts

Subscribe Our Newsletter