10 Contoh PHBS (Pola Hidup Bersih dan Sehat)


Pola hidup  bersih dan sehat atau yang disingkat dengan PHBS adalah semua perilaku kesehatan yang dilakukan karena kesadaran pribadi sehingga seluruh anggota keluarga mampu menolong diri sendiri dalam kesehatan juga mampu berperan aktif dalam masyarakat.

PHBS bertujuan menjadikan sebanyak mungkin anggota masyarakat menjadi agen perubahan dalam meningkatkan kualitas hidup bersih dan sehat. Dengan rekayasa sosial semacam ini diharapkan terciptanya  masyarakat  yang sadar akan kesehatan dan memiliki bekal pengetahuan berperilaku hidup yang menjaga kebersihan dan memenuhi standar kesehatan.
Berikut contoh pola hidup bersih dan sehat :
1. Mencuci tangan dengan sabun

2. Menggunakan air bersih


3. Menggosok gigi

4. Menggunakan jamban  yang bersih dan sehat


5. Tidak merokok sembarangan

6. Mengkonsumsi buah dan sayur

7. Berolahraga secara teratur
8. Memberantas jentik nyamuk
9. Membuang sampah pada tempatnya
10. Melakukan kerja bakti di lingkungan masyarakat

Dengan melakukan pola hidup bersih dan sehat dalam setiap tatanan akan mencegah titik penularan atau sumber penyakit dalam tingkat komunitas tersebut. Menjalankan contoh-contoh berperilaku hidup bersih dan sehat dalam setiap tatanan akan menjadi sebuah gerakan untuk memasyarakatkan perilaku hidup bersih dan sehat dimanapun dan juga kapanpun.

Ingat, mulailah kebiasaan hidup sehat dari diri sendiri. Kesadaran pribadi akan mengedukasi lingkungan sehingga seluruh komunitas terhindar dari penyakit. PHBS adalah faktor utama kesehatan dan pencegahan penyakit

LihatTutupKomentar