Selain Komitmen, Memelihara Anak Anjing Perlu Cara Yang Perlu Diketahui

Jika Anda salah satu calon pemilih yang masih ragu untuk memelihara peliharaan, keputusan ini mungkin berasalan cukup tepat karena cara merawat anjing peliharaan yang diadopsi atau membeli anjing di pet shop, tidak berhenti sampai disini saja. Anda butuh komitmen dan mengetahui cara merawat anjing peliharaan tersebut.


Adopter yang berharap mempunyai kucing atau anjing, dengan mengambil memutuskan tersebut secara matang, tidak langsung mendapatkan sosok cerdas seperti yang dibayangkan. Mereka dapat menjadi cerdas dan pintar merespon seperti Lassie, Buddy, atau setia seperti Hachiko yang melegenda di film.

Banyak kisah inspiratif yang bercerita tentang anjing dengan majikan mereka. Mungkin, Anda salah satu pemilik yang menginginkan anjing peliharaan pintar dan berperilaku baik. Anda wajar saja berharap demikian, memperoleh anak anjing dan dirawat sejak kecil, sebagian besar ingin peliharaan setelah besar menurut dan menjadi teman untuk anggota keluarga di rumah.

Anak anjing yang diadopsi dari seorang teman - kenalan ataupun dengan cara membeli anjing di peternak yang dapat dipertanggungjawabkan, langkah selanjutnya adalah mencari tahu informasi yang dibutuhkan mereka. Anak anjing yang berumur muda akan berbeda cara merawatnya dibandingkan usia dewasa atau yang berumur tua.

Tip Dasar Merawat Anak Anjing


Keputusan untuk memiliki anjing menjadi hewan peliharaan, berarti Anda perlu komitmen menyediakan waktu untuk mereka. Mereka perlu dijaga kesehatannya, misalnya membawa anjing Anda ke dokter hewan jika sakit.

Siap bermain dengan anjing sewaktu-waktu


Membeli anjing di tempat yang dipercaya dan diakui masyarakat berpengalaman merawat hewan, salah satu kriteria yang perlu diperhatikan calon majikan. Setelah anak anjing tinggal di rumah Anda, mengizinkan anjing masuk ruangan dalam rumah, akan memudahkan mereka nyaman tinggal.

Selain itu, sediakan waktu untuk bermain dengan anjing untuk memastikan energi yang tersimpan dapat tersalur dengan baik setiap hari.

Cari tahu tujuan merawat anak anjing


Tips dasar merawat anjing supaya menyenangkan adalah mencari tahu tujuan memelihara anjing tersebut. Ras anjing punya ciri khas dan karakter yang tidak selalu sama seperti yang terbayang di pikiran. Ras Golden Retriever, cenderung memerlukan waktu yang lebih banyak di luar rumah dibanding anjing toy. Jika menginginkan ras anjing pendamping atau pekerja, mereka bisa masuk pilihan.

Sedangkan ras anjing lain ada yang sekedar teman hiburan saja. Mereka tidak cocok di ajak keluar rumah untuk olahraga jogging maupun bersepeda. Ras anjing peliharaan tersebut, biasanya memiliki tubuh kecil seperti French Bulldog,Corgi, Pomeranian atau minipom.

Membawa anjing Anda ke dokter hewan


cara merawat anjing peliharaan tak cukup sayang dan komitmen saja, selain menyediakan makanan sebagai nutrisi mereka, bermain seperti halnya bersama teman, perlu dilakukan untuk hewan peliharaan. Pada waktu tertentu, bawa anjing Anda ke luar rumah untuk pemeriksaan kesehatan di dokter hewan.

Banyak layanan yang bisa Anda dapatkan selain pemeriksaan kesehatan. Misalnya vaccines, tips grooming, check ups, spraying or neutering, heartworm, medicines dan informasi tentang training.

Menghitung biaya pengeluaran pada situasi mendadak


Cara merawat anjing peliharaan sering bermasalah dengan kebiasaan majikan yang sibuk dan sering bepergian ke luar kota untuk waktu lama, masih bisa terbantu oleh anggota keluarga yang lain. Sedangkan pemilik yang masih single dan tidak mempunyai orang dipercaya merawat anjing tersebut, mau tak mau harus siap dengan biaya tambahan yang mungkin keluar, jika sewaktu-waktu ke luar kota.

Salah satu upaya persiapan tersebut, Anda bisa mencari tempat pet shop terdekat atau layanan penitipan anjing yang dipercaya mampu mengurus anjing Anda.

Mengajarkan anjing berperilaku baik

Majikan yang merawat hewan peliharaan di rumah, sebagian besar menginginkan rumah yang nyaman dan menyenangkan. Cari tahu informasi yang diperlukan untuk anjing supaya baik dan tidak membuat kekacauan. Anda dapat memulai melatih anjing sejak usia anakan. Ketika Majikan terbiasa untuk mengajarkan hal yang baik berulang-ulang, anjing adalah hewan cerdas yang dapat belajar dan mengerti dengan baik.

Pencegahan lain yang perlu Anda siapkan adalah memindahkan perabotan dan alat pecah belah yang mungkin bisa pecah karena tersenggol, batasi ruangan rumah jika mereka tidak diperbolehkan memasukinya, misalnya tempat tidur, dsb.

Cari tahu sifat, karakter anjing di rumah

Anjing perlu tempat tinggal yang baik dan sesuai dengan rekomendasi kesehatan yang baik. Selain memikirkan tempat bermain yang perlu disiapkan, cari tahu apakah ras anjing tersebut jenis besar atau kecil. Jika anjing tersebut kategori sedang atau besar dan memiliki kecenderungan menggonggong tinggi, cara merawat anjing peliharaan kurang disarankan tinggal dalam apartemen. Suara gonggongan anjing kecil dan anjing besar, efeknya pada ruangan memiliki pengaruh yang berbeda. .


Lingkungan anjing perlu sirkulasi udara


Penempatan anjing sebagai hewan di luar rumah atau dalam rumah perlu mempertimbangkan faktor suhu, udara dan kelembaban lingkungan. Pada waktu tertentu, mengizinkan anjing masuk dalam rumah karena kehujanan atau paparan sinar matahari sangat panas, bisa terjadi kapan saja. Anda mungkin perlu tahu bahwa anak anjing tidak memiliki pori-pori. Saat suhu panas, sebagian hewan menggunakan lidah untuk mengontrol suhu tubuh tetap stabil. Kebiasaan ini juga umum dilakukan anjing dengan menjulurkan lidah.

Melatih anjing

Melatih anjing sejak usia kecil perlu dipersiapkan dengan baik ketika ingin merawat anjing sebagai peliharaan. Anjing perlu latihan dan melatih mereka dengan perintah dasar, selain mengajarkan terbiasa poop dan buang air kecil di tempat yang diinginkan, tentunya tidak membuat Anda kerepotan.

Anjing perlu sosialisasi

Anjing sebagai peliharaan memerlukan sosialisasi dengan baik pada anggota keluarga. Anda tidak bisa terus mengawasi anjing sepanjang waktu, dan mengajarkan hewan bersikap baik adalah penting. Anda juga bisa membagi informasi tentang anjing peliharaan, sehingga diperlukan dengan baik untuk mencegah kemungkinan tergigit karena kasar saat bermain.

Anjing yang belum akrab dengan anggota keluarga atau diperlakukan buruk, dapat memicu takut dan membuat keadaan mereka tidak baik, dalam titik tertentu dan tertekan, anjing akan menjadi agresif dan menyerang dengan cara menggigit.

Memastikan makanan yang boleh dimakan dan memindahkan zat berbahaya untuk anjing

Anak anjing yang dipelihara sering punya rasa ingin tahu yang besar, selain itu makanan yang dikonsumsi juga perlu diingat apakah boleh dimakan atau dapat membahayakan kesehatan mereka. Misalnya beberapa makanan yang tidak boleh dimakan dan zat berbahaya rumah tangga yang perlu disimpan, deterjen untuk membersihkan baju, alpukat, anggur, cokelat, bawang, dan takaran yang sebaiknya maksimal dimakan mereka agar tidak menjadi gemuk dan obesitas.

Banyak produk dan zat yang sering tercecer dan disepelekan dibuang sembarangan di rumah atau halaman. Jika Anda merawat anak anjing, mulailah melakukan pemeriksaan dan menjauhkan dari jangkauan anjing.

Anda bisa menyimpan di lemari atau tempat yang tidak dapat diakses oleh anjing seperti pembersih rumah tangga, insektisida, pupuk, dan bahan yang mengandung racun untuk kucing jika terjilat secara tidak sengaja.

C ara merawat anjing peliharaan salah satunya membuat anak anjing nyaman/ Anda dapat merancang ruang khusus untuk mereka. Pikirkan ruangan apa saja yang boleh didatangi anjing, serta ruangan apa yang tidak boleh. Aturan seperti ini harus ditetapkan sejak awal agar anjing Anda tidak merasa bingung dan mengizinkan anjing bebas keluar masuk jika ruang tersebut boleh digunakan mereka. Melatih anjing mengetahui ruangan sejak kecil, akan memudahkan Anda saat bermain, mengajarkan berlatih mengenal batas luar ruangan.




LihatTutupKomentar