Kucing Menkun - Watak, Ciri dan Cara Merawatnya

Kucing Menkun cukup populer di tengah pecinta kucing karena tubuh yang tidak biasa dibanding ras kucing lain. Ia masuk kategori ras kucing besar yang berat badannya bisa mencapai 6-9 kg untuk jenis jantan dewasa, sedangkan jenis betina berkisar 4-6 kg.

Watak Kucing Menkun


Dikutip mainecoon.org menerangkan, kucing Menkun adalah panggilan singkat ras Maine Coon digunakan sebagian komunitas kucing di Indonesia. Mereka memiliki panggilan lain yang berbeda tiap tempat dan populer dengan sebutan 'gentle giants' dan 'dog of the cat world'.

Penggunaan nama ras Maine Coon berciri badan besar sangat umum setelah melihat langsung tubuh mereka berbeda dengan ras kucing kebanyakan.

Watak kucing Menkun terkenal tenang dan ramah dengan makhluk lain. Mereka dapat bersosialisasi dengan baik pada hewan dan anggota keluarga di rumah. Menkun adalah kucing berbadan besar yang cerdas dan memiliki perilaku menyenangkan majikan. Wataknya yang penasaran dan ingin tahu pada semua hal, sering menghibur banyak orang, saat mereka melakukan aksi untuk mengeksplorasi rasa penasarannya.

Salah satu kebiasaan kucing Menkun yang jarang diketahui orang adalah kemampuan mereka sangat hebat mencari hewan pengerat. Biasanya hewan sejenis tikus tersebut akan dikejar sampai dapat karena genetik bawaan nenek moyang mereka.

Ras Maine Coon menjadi bagian dalam hidup masyarakat sejak lama dan memiliki banyak penggemar khusus. Beberapa hal yang membuat Menkun demikian populer, seperti watak yang menyenangkan, keindahan mantel bulu, sampai ke badan mereka yang berbeda.

Majikan yang merawat kucing Menkun mungkin menyadari kebiasaan mereka yang senang bicara untuk mengobrol pemiliknya. Seolah-olah mereka bercerita hari yang menyenangkan yang dikerjakannya hari ini.

Karakter lain yang dimiliki mereka, Menkun sering disamakan kepintarannya dengan anjing. Ia mudah dilatih dan dapat menyerap latihan yang diberikan tanpa masalah besar. Penyebutan kucing Menkun seperti hewan peliharaan anjing, karena sifatnya yang setia dan loyalitas pada 1 orang yang disayangi. Mereka dapat menyayangi beberapa anggota keluarga jika mendapat perlakuan yang baik.

Ciri Umum Kucing Menkun


  • Ramah kepada hewan lain
  • Cara perawatannya mudah
  • Kesehatan bulu sangat baik dan tidak mudah rontok
  • Senang bermain dan bersosialisasi dengan manusia
  • Kurang cocok ditempatkan di luar rumah
  • Ukuran badan dan tinggi lebih dari rata-rata kucing standar
  • Berasal dari Maine, Amerika Serikat


Kucing ras Maine Coon memiliki badan besar dengan mantel bulu halus. Spesifikasi dasar yang menjadi ciri khas adalah postur tubuh yang proporsional, bertulang kokoh dan memiliki otot yang baik.

Beberapa pola warna mantel bulu kucing Menkun cenderung solid dominan putih, biru, kemerahan dan variasi warna lainnya.

Cara Merawat Kucing Menkun


Kucing Menkun bagian dari ras kucing yang berbulu panjang dan lebat. Namun kehebatannya adalah jarang rontok dab kusam jika menerima perawatan harian yang tepat. Beberapa cara menjaga kesehatan mantel bulu mereka, membiasakan menyisir 2 kali dalam seminggu untuk menghilangkan kemungkinan bulu yang sudah rontok dan tertinggal di kulit.

Jadwal menyisir bulu kucing Menkun disarankan memakai sisir untuk hewan yang bisa Anda peroleh di pet shop, supermarket khusus hewan dan toko yang menjual kebutuhan hewan peliharaan.

Cara merawat kucing Maine Coon yang lain adalah memperhatikan kebersihan gigi mereka. Minimal 1 minggu sekali atau setiap hari jika memungkinkan, gigi perlu disikat dengan sikat khusus.

Cara menjaga kenyamanan kucing menkun


Banyak kegiatan menyenangkan yang dapat Anda lakukan bersama kucing Menkun, selain pemberian makanan seimbang, menyisir mantel bulu dan sikat gigi teratur, beberapa hal penting lainnya adalah memotong kuku yang panjang dan runcing.

Kuku kucing Maine Coon biasanya sudah makin tajam dan panjang setelah minggu ke 2 - 4. Cari alat yang aman untuk melakukannya, yakni dengan gunting kuku hewan.

Beberapa cara lain di luar perawatan mereka, perhatian terhadap kebersihan kandang sangat penting. Anda bisa menjadwalkan membersihkan tempat tinggal, wadah makanan, wadah minuman, kotak kotoran dan memandikan pada waktu yang tepat.



LihatTutupKomentar