Ciri dan Tanda Kucing akan Melahirkan Ini Perlu Anda Tahu

Ciri dan tanda kucing lahiran - Merawat dan memelihara hewan peliharaan betina perlu perhatian tambahan bagi majikan. Jika Anda belum ingin mendapat anggota keluarga baru atau tidak ingin memperolehnya karena keterbatasan tempat, waktu dan biaya yang perlu dikeluarkan, sering memperoleh saran melakukan sterilisasi pada dokter hewan atau dinas hewan di wilayah sekitar.
(Sumber aboutkucing.blogspot.com)

Berbeda majikan yang menunggu kucing betina melahirkan anak kucing, pada masa mereka sedang naik dan bercampur dengan jantan, kemungkinan mendapatkan isi sangat besar. Anda bisa melihat perubahan fisik kucing sedang mengandung anak kucing antara waktu awal hingga 60 atau 67 hari masa kehamilan.

Ciri dan Tanda Kucing Hamil

Beberapa ciri kucing akan lahiran
(Sumber kesihatankucing.blogspot.com)

Gejala umum yang menandakan kucing sedang hamil, dapat terlihat pada tubuh mereka yang berubah. Tidak hanya itu saja, majikan bisa melihat beberapa perubahan lain pada perilaku induk kucing sebagai ciri dan tanda kucing lahiran.

Beberapa tanda lain yang bisa Anda gunakan untuk mengetahui kucing hamil, seperti:

Masa kucing sedang naik berhenti mendadak

Masa kucing yang sedang naik rata-rata terjadi minimal 10 hari hingga dua minggu. Beberapa ras kucing dimungkinkan berbeda karena alasan kesehatan dan pengaruh lain. Pada masa umum tersebut, mereka memperlihatkan perilaku alamiah secara tetap, ketika terjadi perubahan, Anda perlu memperhatikan hal tersebut sebagai dugaan kucing akan melahirkan dalam beberapa minggu lagi.

Perubahan warna dan bengkak

Untuk memastikan kucing hamil, tanda lain bisa Anda lihat pada bagian susu berubah warna. Beberapa perubahan lain pada tempat ini akan terlihat membengkak.

Selera makan kucing meningkat

Ciri dan tanda kucing lahiran adalah Induk kucing hamil menjadi sering makan. Mereka mulai mempersiapkan nutrisi, gizi dan zat penting lainnya untuk diri sendiri dan janin. Ini membuat mereka mudah lapar dan senang makan.

Berat badan meningkat

Induk kucing hamil membawa tambahan dalam janin yang dikandungnya. Mereka akan semakin gemuk dan berat badan secara alami meningkat pesar. Kebiasaan lain yang mungkin terjadi pada induk kucing adalah muntah.

Perubahan Perilaku Induk Kucing Hamil

Mengetahui induk kucing yang hamil bisa dilihat pada bentuk fisik mereka. Namun majikan dan mereka yang merawat kucing perlu tahu perilaku kucing akan berubah juga. Salah satu watak kucing yang terlihat saat hamil, mereka makin manja dan berusaha dekat dengan Anda dalam berbagai waktu.

Perilaku kucing akan melahirkan dapat berubah, diantaranya:

  1. Kebiasaan tidur kucing makin panjang dibanding kondisi normal
  2. Kucing mulai mencari tempat dan lokasi yang dianggap layak untuk lahiran. Mereka berusaha menemukan tempat yang tenang, tidak banyak dilalui manusia, tidak berisik dan tidak terganggu hewan lain.

Ciri dan Tanda Kucing akan Lahiran

Mengenali tanda kucing akan lahiran
(Sumber Pixabay.com)

Ciri dan tanda kucing lahiran makin terlihat dari waktu terus berjalan dan berganti hari, tanpa terasa melewati beberapa minggu sampai minggu ke-9. Anda perlu mencatat setiap minggu sejak kucing hamil, agar dapat mempersiapkan kebutuhan kucing sebelum dan sesudah melahirkan anak kucing.

Induk kucing hamil yang akan melahirkan mulai gelisah dan berusaha mencari tempat yang sudah di survei sebelumnya. Mereka memastikan lokasi tersebut masih tenang, nyaman dan tidak berisik untuk ditinggali.

Kucing hamil yang akan melahirkan, umumnya mulai bergerak mencari pada hari ke dua sebelum masa persalinan dan dimungkinkan memilih waktu cukup mepet hanya beberapa jam sebelum waktunya tiba.

Gejala dan tanda kucing akan lahiran terlihat pada kebiasaan tampak gelisah pada waktu 24 0 48 jam sebelum persalinan. Perilakunya sering terlihat mondar mandir seperti kebingungan keluar masuk tempat yang dipilihnya. Pada waktu tertentu, induk kucing dapat mengeong dan menangis berlebihan.

Ciri dan tanda kucing lahiran, ketika masa makin dekat kurang dari 24 jam sebelum persalinan, suhu tubuh kucing dapat menurun kurang dari 100 F. Kucing normal rata-rata memiliki suhu antara 100 hingga 102 F.

Tanda lain masa persalinan makin dekat, kucing mulai kehilangan selera makan. Pada waktu tertentu, mereka bisa menjilati bagian tubuh tersebut membersihkan kotoran yang menempel sehingga kebersihan tetap terjaga.

Apa yang bisa Anda Lakukan Membantu Kucing akan Melahirkan?

Hal yang bisa Anda lakukan menolong kucing akan lahiran
(Sumber unsplash.com)

Ini pertanyaan yang cukup banyak ditanyakan pemilik kucing selain mengenali ciri dan tanda kucing lahiran. Informasi cara persiapan kucing memasuki persalinan kurang diketahui dengan lengkap. Jangan khawatir, tulisan ini dapat membantu Anda meringankan pekerjaan kucing yang hamil hingga persalinan berjalan lancar.

Hal yang perlu Anda siapkan untuk kucing hamil hingga masa persalinan adalah membuat lingkungan di rumah nyaman untuk mereka.

Kucing yang masuk masa persalinan sebentar lagi dimungkinkan keluar mencari tempat yang diinginkan.

Anda bisa membantunya membawa tempat tinggal yang nyaman untuk mereka.

Buat kotak ukuran sedang dan jangan terlalu kecil dengan bagian pintu masuk mudah diakses kucing. Pintu masuk yang di desain sesuai ukuran kucing, dapat ditambahkan kain, koran atau penutup sejenisnya sebagai penghalang terlihat dari luar sehingga privasi kucing terjaga.

Kriteria mencari lokasi yang baik sebagai tempat persalinan kucing adalah sudut rumah yang tidak berisik, suhu stabil, sirkulasi udara berputar sedang dan saran lain yang direkomendasikan pecinta kucing.

Mereka perlu dikenalkan dengan rumah baru tersebut agar terbiasa dengan lingkungan dan menjadi nyaman.

Pada masa persalinan yang sudah dekat, tanda yang terlihat pada kucing tersebut adalah pola makan akan berhenti sekitar 24 jam sebelum kelahiran dan suhu tubuhnya menurun dibawah rata-rata.

Semoga artikel ini bisa membantu Anda menolong kucing akan lahiran setelah mengetahui tanda dan gejala awal hingga proses kelahiran berjalan lancar.



LihatTutupKomentar