Apakah Hidung Kucing dan Anjing Mimisan Normal, Kenali Penyebab dan Cara Menghentikan

Mimisan atau darah keluar dari lubang hidung dikenal dengan sebutan "epistaksis". Hewan ketika mengalami kejadian tersebut, jelas memberi petunjuk sesuatu yang tidak normal sedang dialami dalam tubuh mereka.Kucing dan anjing mimisan perlu mendapat pemeriksaan lanjutan dari dokter hewan untuk menghentikan peristiwa tersebut jika sering terjadi berulang-ulang.
kucing dan anjing mimisan tidak normal untuk kesehatan mereka
(Sumber rukatrewa1.blogspot.com)

Kucing dan anjing dapat mimisan secara tiba-tiba, biasanya ada tanda lain yang menyertai dan perlu diwaspadai.

Penyebab anjing mimisan


Ketika kucing dan anjing mimisan, Anda perlu melihat lebih jelas, apakah pendarahan hidung mereka hanya satu lubang (unilateral) atau terjadi pada kedua hidung mereka (bilateral). Masing-masing tanda dan gejala yang muncul tersebut, dapat memudahkan dokter membantu hewan dalam mendiagnosis kemungkinan masalah mereka.

Beberapa sebab hidung kucing dan anjing mimisan jika terjadi pada satu lubang hidung, misalnya kemungkinan kanker,tumor atau kemasukan benda asing. Sedangkan pendarahan yang terjadi pada kedua lubang hidung mereka, dimungkinkan karena fungsi tubuh yang tidak normal dalam aliran darahnya dan pengaruh trombosit dan kelainan proses pembekuan yang terhambat.

Secara keseluruhan mimisan pada hidung dapat terjadi terhadap hewan. Sebagian besar yang mudah terpengaruhi pada masalah tersebut, cenderung pada ras trah murni seperti Rottweiler terkait trombositopenia, ras hidung panjang Wolfhound, German Shepherds dan Doberman.

Namun Anda tidak perlu terburu-buru memvonis hewan yang mimisan selalu berkaitan dengan infeksi dan penyakit. Pendarahan lubang hidung anjing dimungkinkan timbul akibat faktor lainnya, seperti kekurangan Vitamin C, kurang minum air putih sehingga dehidrasi, dan perubahan suhu lingkungan secara cepat, dari panas ke dingin maupun sebaliknya.

Penyebab alasan terjadinya Mimisan

Cari penyebab anjing mimisan untuk mencegah terulang kembali

  • Mengalami trauma
  • Fungsi dan pengaruh tubuh yang tidak stabil yang cenderung ada pada trombosit
  • Kemungkinan polip
  • Mengalami masalah infeksi jamur, kutu, bakteri atau parasit
  • Pengaruh benda asing seperti alergi
  • Pengaruh suhu dan cuaca yang berubah tidak stabil


Kenali Sumber Mimisan

Menyediakan sarana pendukung di rumah sebagai pencegahan saat pendarahan hidung terjadi
(Sumber hewandankita.blogspot.com)

Mimisan yang mengeluarkan darah dari lubang hidung hewan dapat membuat majikan dan pemilik was-was karena khawatir pada kesehatan hewan. Walau mimisan cenderung muncul karena trauma dan infeksi saluran pernapasan atas, beberapa cara berikut dapat Anda lakukan sebagai pertolongan pertama sebelum membawa mereka ke dokter hewan.

Pertolongan pertama sebagai pencegahan awal

  1. Menjaga suasana hati hewan tetap tenang, dorongan terjadi mimisan cepat mengalir jika mereka tidak bisa santai
  2. Untuk memperlambat mimisan, gunakan es untuk kompres di bagian yang bermasalah. Misalnya ras bermoncong panjang, kompres di pangkal hidung sekitar atas moncong mereka. Sementara ras kecil, memperhatikan kenyamanan mereka untuk bernapas agar tidak tertutup kantong kompres.
     Kenali Penyebab dan Cara Menghentikan
  3. Pemberian obat yang tidak mendapat saran dan rekomendasi dokter hewan sebaik tidak dilakukan, kecuali diperbolehkan oleh ahli hewan
  4. Pencegahan kompres sebagai pertolongan pertama jika tidak mampu menghentikan mimisan, segera bawa mereka ke Puskeswan, Rumah Sakit Hewan terdekat.


Catatan:

Anjing mimisan dapat menjilati pendarahan sehingga dapat mendorong poop berwarna kehitaman. Pada beberapa ras tertentu, mereka bisa muntah.

Penyebab anjing mimisan bisa dipengaruhi banyak faktor yang mungkin belum disampaikan dalam tulisan ini. Cara terbaik pencegahan dan pengobatan hewan peliharaan yang sering mengalami epistaksis adalah memeriksakan mereka ke dokter hewan untuk menemukan sumber utamanya.



LihatTutupKomentar